5 Manfaat Daun Beluntas untuk Kesuburan Pria dan Wanita

Menjadi orangtua adalah sebuah anugerah yang tidak bisa dihitung dengan angka dan harta namun beberapa pasangan suami istri harus menerima bahwa memiliki keturunan bisa menjadi sangat sulit dan hal ini disebabkan karena masalah kesuburan. Stigma yang banyak melekat di masyarakat ketika berbicara soal masalah kesuburan adalah selalu dihubungkan dengan si wanita yang sulit hamil padahal bisa saja ketiadaan keturuan juga bisa disebabkan karena si pria yang memiliki masalah kesuburan.

Pemicu Munculnya Masalah Kesuburan

Mungkin beberapa dari Anda mulai bertanya-tanya mengapa masalah kesuburan baru muncul di era modern sementara para orang tua dulu sepertinya sama sekali tidak mengenal masalah ini yang dapat dilihat dari banyaknya jumlah anak yang biasa dilahirkan oleh para ibu jaman dulu. Well, jaman dulu dan jaman sekarang jelas berbeda dan salah satu sisi negatifnya ada hal-hal di era modern ini yang memang bisa menjadi pemicu masalah kesuburan seseorang.

  • Gaya hidup masyarakat modern yang tidak jauh dari kebiasaan merokok, begadang dan minum minuman beralkohol juga ternyata juga bisa menjadi salah satu penyebab masalah kesuburan pada pria.
  • Penggunaan obat-obatan tertentu seperti pada wanita obat diet atau pada pria obat-obatan untuk membentuk otot juga ternyata bisa menggangu sistem hormonal pada tubuh sehingga bisa menyebabkan masalah kesuburan.
  • Di era modern ini tanpa kita sadari frekuensi seseorang terterpa radiasi sangatlah besar mulai dari radiasi telpon seluler, komputer dan masih banyak lagi. Radiasi ternyata memiliki efek yang sangat buruk bagi kesehatan terutama masalah kesuburan.

Manfaat Daun Beluntas untuk Kesuburan

Apa itu daun beluntas? Beluntas merupakan salah satu jenis tumbuhan semak yang sangat mudah ditemukan di daerah-daerah tropis terutama di Indonesia. Tanaman yang memiliki nama latin Plucheacea folium ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan salah satunya adalah untuk mengatasi masalah kesuburan.

  1. Mengandung Anti Bakteri

Salah satu kandungan utama dari daun beluntas adalah kandungan anti bakterinya. Tidak banya orang yang tahu bahwa bakteri juga dapat menjadi salah satu pemicu masalah kesuburan karena bakteri merupakan tanda pasti bahwa seseorang kurang dalam menjaga kebersihan organ vitalnya. Infeksi bakteri pada organ vital tidak hanya mengganggu aktifitas seksual tapi juga berpengaruh erat terhadap kesehatan secara seksual. Solusi terbaik untuk mengatasi infeksi diakibatkan oleh bakteri adalah dengan antibiotik namun tentunya Anda sudah paham apa saja efek dari antibiotik bagi kesehatan oleh karena itu penggunaan daun beluntas jauh lebih dianjurkan.

  1. Dapat Membantu Mengatasi Keputihan

Bagi kebanyakan wanita masalah keputihan dianggap sebagai masalah yang biasa karena memang keputihan sudah menjadi bagian masalah kewanitaan. Namun tahukah Anda bahwa keputihan tidak normal yang tidak tertangani dengan baik justru dapat menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan dan salah satunya dapat menganggu kesuburan. Membersihkan organ kewanitaan dengan menggunakan daun beluntas secara teratur dapat membantu mengatasi masalah keputihan dan meningkatkan kesuburan.

  1. Menjaga Kesehatan Rahim

Masalah kesuburan bisa sangat kompleks karena hal ini tidak hanya berhubungan dengan bagaimana seseorang menjaga kebersihan organ intimnya saja tapi juga bagaimana kondisi kesehatan rahim sampai masalah hormonal. Namun tidak ada salahnya untuk memastikan semua aspek baik-baik saja termasuk memastikan kesehatan rahim. Daun beluntas tidak hanya dipercaya tapi juga sudah dibuktikan mampu membantu menjaga kesehatan rahim hal ini karena kandungan-kandungan alaminya yang sangat baik untuk kesehatan kewanitaan baik organ intim sampai kondisi rahim.

  1. Mengandung Anti Kanker

Sebagai salah satu tanaman herbal yang kaya kandungan antioksidan tentunya daun beluntas juga berfungsi sebagai salah satu solusi anti kanker. Jika berhubungan dengan masalah kesuburan, kanker serviks bisa menjadi momok bagi kebanyakan wanita dewasa. Oleh karena itu penting sekali bagi setiap wanita untuk memastikan bahwa tidak ada faktor yang akan memicu timbulnya kanker serviks. Daun beluntas mengandung senyawa anti kanker yang juga dapat ikut membantu menurunkan risiko.

  1. Meningkatkan Vitalitas

Kesuburan seseorang juga bisa dilihat dari vitalitasnya. Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi kesuburan seseorang, misalnya saja kekurangan stamina dapat mengurangi vitalitas seksual seseorang. Daun beluntas bisa dijadikan obat herbal yang mampu meningkatkan vitalitas seseorang dan secara otomatis dapat membantu meningkatkan gairah seks.

Banyak sekali manfaat daun beluntas untuk kesehatan dan kelima poin di atas merupakan beberapa manfaat langsung yang bisa Anda manfaatkan dari daun beluntas. Selain itu bau khas daun beluntas ternyata juga memiliki manfaat lain yaitu jika dikonsumsi juga dapat meningkatkan nafsu makan dan baik untuk kesehatan pencernaan terutama bagi Anda yang memang susah makan. Selain itu aromanya yang menyegarkan sehingga juga dapat membantu mengatasi bau mulut dan bau badan. Menurut penelitian ternyata tak hanya daunnya saja yang berkhasiat bagi kesehatan tapi juga akar dari tumbuhan beluntas.