17 Manfaat Bawang Merah Untuk Bayi dan Balita

Bawang merah, siapa yang tidak kenal dengan jenis bawang yang satu ini, bawang merah tentu menjadi bawang yang terkenal karena bawang ini merupakan bawang yang sangat kerap digunakan sebagai bumbu dapur, selain bawang putih yang juga kaya akan manfaat, bawang merah pun memiliki manfaat yang sangat berlimpah, tidak hanya bermanfaat untuk orang dewasa saja, namun bawang merah ini juga bermanfaat untuk kesehatan bayi. bawang merah yang kerap dijadikan bumbu dapur ini tidak lain tidak bukan juga memiliki manfaat yang efektif apaabila dijadikan obat dan sumber kesehatan. Maka dari itu mari kita simak apa saja yang menjadi manfaat dari bawang  merah, terutama manfaat bawang merah untuk bayi. Namun sebelum mengetahi manfaat bawang merah untuk bayi, ketahui pulalah kandungan yang ada pada bawang merah.

Kandungan Bawang Merah

  • Kalsium
  • Sulfur
  • Vitamin A
  • Sativin
  • Zat Besi
  • Fosfor
  • Vitamin B
  • Vitamin C
  • Protein

Manfaat Bawang Merah Untuk Bayi

1. Menyembuhkan Penyakit Flu

Bayi memang rentan terhadap penyakit, karena kekabalan tubuh yang dimiliki oleh bayi belum dapat bekerja dengan maksimal. Oleh karena itu, bayi membutuhkan kekebalan tubuh yang baik serta obat-obat herbal yang harus disertakan dalam perawatan bayi. Hal ini bertujuan agar bayi tidak mudah terserang penyakit. Begitu pula dengan penyakit flu, bawang merah yang mengandung banyak manfaat ini pun memiliki manfaat untuk menjaga kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Selain menggunakan bawang merah untuk mengatasi flu, anda juga dapat menggunakan manfaat jahe, manfaat kapulaga dan manfaat enervon C

2. Mengatasi Penyakit Batuk

Tidak hanya mengatasi flu saja, tetapi ia pun mampu mengatasi batuk, batuk terkadang terjadi karena adanya virus atau bakteri yang menyerang kerongkongan. Oleh karena itu anda dapat meracik bawang merah sebagai berikut agar dapat digunakan untuk obat herbal bagi bayi. Caranya sangat mudah, cukup siapkan 1 sampai 2 siung bawang merah kemudian irislah tipis kasar, setelah itu tumbuk bawang merah tersebut. Setelah dirasa cukup, bawang merah dapat dibalurkan pada punggung bayi dan balita, kaki dan tangan bayi dan balita. Sebelum membalurnya anda dapat menambangkan minyak telon agar wangi dan hangaat bercampur jadi satu. Hingga dapat membuat bayi menjad lebih rileks.

baca juga : manfaat kencursolusi batukmanfaat obat ambrokol

3. Mengatasi Demam pada Bayi

Bawang merah juga berkhasiat untuk mengatasi demam dan menurunkan demam pada anak, bawang merah mengandung berbagai kandungan yang dapat digunakan untuk membasmi bakteri penyabab demam sehingga demampun minggat.


4. Mengatasi Perut Kembung

Bayi memang sering sekali merasa kembung, apalagi bagi mereka yang lagi senang-senangnya minum asi, maka dari itu ketika bayi kembung atau terlalu kekanyakan karena terlalu banyak mengkonsumsi asi, maka anda dapat mengolekan bawang merah pada perutnya.

5. Mengatasi Masuk Angin pada Bayi

Salah satu gejala masuk angin pada bayi biasanya adalah perut yang cukup kembung, hal ini bisa terjadi bila perut bayi yang kosong dan sering terkana angin, shingga bayi merasa kembung. Oleh karena itu ketika bayi masuk angin anda dapat mengaplikasikan bawang merah ke punggung dan perut bayi agar urut sedikit dan perlahan maka masuk angin pada bayi akan dapat hilang.

baca juga :

6. Untuk Kerokan Balita

Meski tidak cocok untuk bayi, tetapi manfaat ini cocok untuk meraka yang sudah balita, ketika mereka sakit dan tidak suka akan obat, anda dapat menggunakna bawang merah sebagai obat agar mereka segera sembuh dari penyakitnya, caranya adalah mengeroki anak, dan kerokan ini dapat memanfaatkan bawang merah sebagai pengganti minyak, selian baunya yang enak kandungan nya pun sangat baik untuk kerokan.

7. Mengatasi Bisul

Bisul pada bayi tentu akan merepotkan bayi, karena tangan bayi yang belum bisa mengkontrol geraknya, mereka cederung memegang apa yang dirasa gatal. Olah krena itu bisul pada bayi harus segera diobati. Anda dapat mengobatinya dengan cara yang sanga mudah yaitu dengan mengoleskan bawang merah pada bagian bisul yang diiderita.

8. Memperlancar Air Seni

Ada kalanya bayi merasa kesulitan untuk mengeluarkan air seni, entah itu karena penyakit atau hal lainnya, oleh karena itu anda membuatuhakan bawang merah untuk melancarkan air seni pada bayi. Karena air seni harus segera dikeluarkan.

baca juga :

9. Sebagai Minyak Urut Untuk Bayi

Selain menggunakan minyak telon. bawang merah ini pun baik digunakan sebagai campuran minyak telon untuk mengurut bayi. Urutan bayi yang menggunakan minyak telon dengan campuran bawang merah akan memberikan khasiat yang lebih ampuh.

10. Menghindari Bayi dari Gigitan Nyamuk

Bayi sering sangat terkena gigitan nyamuk, tentu hal ini dikarenakan kulit bayi yang masih empuk dan orang bilang karena darah bayi yang masih segar, sehingga sangat baik apabila nyamuk mengkonsumsi darah bayi ini. Tetapi jangan salah para bunda, karena ternyata bagi orang dewasa nyamuk ini memiliki manfaat, manfaat digigit nyamuk diantranya adalah dapat menganggakat sedikit darah kotor yang dimiliki orang dewasa. Tetapi bagi bayi yang memang rentan digigit nyamuk dan akan menyebabkan penyakit, maka bunda dapat menggunakan manfaat kelambu untuk menjaga bayi agar tidak digigit nyamuk.


Selain dari manfaat yang diuraikan diatas, ternyata bumbu-bumbuan bawang merah ini mengandung banyak manfaat lainnya.

Manfaat Bawang Merah Lainnya

11. Membantu Mengatasi Luka pada Bayi

12. Sebagai Aroma therapi

13. Menjaga Kulit Bayi

14. Mencegah dari Penyakit Mata

15. Sebagai Pelindungan dari berbagai macam Penyakit

16. Memberi Kekuatan pada tulang

17. Baik Untuk Pertumbuhan Gigi

Itulah Manfaat Bawang Merah untuk bayi dan balita yang dapat kamu ketahui dan bahkan wajib kamu ketahui, karena dengan demikian ketika anda mengetahui manfaat apa saja yang baik untuk kesehatan bayi sama halnya anda mengetahui dan menghantisipasi hal buruk akan terjadi, sehingga jika bayi mengalami serangan penyakit seperti luka, demam, masuk angin, flu, batuk dan lainnya anda dapat segera mengambil tindakan pengobatan dengan bawang merah ini, karena kita ketahui bawang merah sangat mudah dicari di pasaran dan selalu sering ada di dapur para ibu. Hal ini tentu memudahkan jika hendak menggunakan bawang merah sebagai obat herbal anak.

baca juga :

, ,
Oleh :
Kategori : Herbal