9 Manfaat Daun Nangka Kuning Untuk Penyembuhan Alami

Daun nangka kuning kuning adalah salah satu jenis tanaman hias yang biasanya sering digunakan sebagai hiasan pagar rumah. Banyak orang yang beranggapan jika tanaman ini sama seperti tanaman buah nangka pada umumnya yang memiliki batang besar dan bisa menghasilkan buah dengan aroma khas dan memiliki rasa nikmat. Nangka kuning sebenarnya merupakan jenis tanaman semak yang tumbuh secara merambat. Selain umum digunakan sebagai tanaman hias, ada beberapa kegunaan dan manfaat daun nangka kuning lain yang bisa digunakan oleh manusia seperti ulasan kami berikut ini.

  1. Menyembuhkan Luka

Daun nangka kuning bisa digunakan untuk membantu proses penyembuhan luka atau borok lebih cepat sekaligus mengganti jaringan sel kulit yang sudah rusak dan infeksi karena luka tersebut. Daun nangka kuning ini bisa dilumatkan atau diremas remas dengan sedikit air dan ditempelkan pada luka yang diganti secara berkala.

  1. Menurunkan Panas Demam

Kegunaan lain dari daun nangka kuning bisa digunakan untuk menurunkan panas demam dan beberapa gejala yang menyertai seperti sakit kepala. Dalam daun nangka kuning ini mengandung senyawa yang bisa menyerap panas tubuh secara cepat dan bisa digunakan baik oleh anak anak atau orang dewasa. Untuk menggunakan daun ini bisa dilumatkan atau diremas remas dengan sedikit air dan diaplikasikan pada kening hingga panas tubuh bisa turun.

  1. Mengobati Bisul

Ada kegunaan lain dari daun nangka kuning untuk kulit yakni bisa mengobati bisul secara alami. Daun nangka kuning ini menjadi salah satu pengobatan luar yang sangat efektif untuk menyembuhkan bisul hanya dengan mengaplikasikan daun tersebut pada bisul secara teratur hingga bisul bisa kempes.

  1. Mencegah Diabetes

Daun nangka kuning juga bisa digunakan sebagai pencegahan dan pengobatan alternatif diabetes. Senyawa yang ada dalam daun nangka kuning ini sangat membantu untuk menjaga keseimbangan kadar gula darah sehingga bisa mencegah diabetes sekaligus menghindari kambuhnya diabetes tersebut.

  1. Anti Tumor

Manfaat lain yang bisa digunakan dari daun nangka kuning untuk penyakit berat lain adalah sebagai anti tumor. Daun ini bisa mencegah terjadinya tumor pada tubuh sekaligus meringankan gejala yang terjadi.

  1. Pencegahan Kanker

Daun nangka kuning bahkan dikatakan juga bisa digunakan untuk mencegah salah satu jenis penyakit berbahaya sekaligus mematikan yakni solusi kanker. Daun nangka kuning ini akan bekerja dengan cara menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab utama dari kanker.

  1. Melancarkan Peredaran Darah

Salah satu kegunaan lain yang sangat bermanfaat dari daun nangka kuning adalah untuk melancarkan peredaran darah dalam tubuh dengan cara menurunkan kadar kolesterol tinggi penyebab penyumbatan aliran darah. Dengan semakin lancarnya aliran dalam dalam tubuh, maka berbagai jenis penyakit dari mulai ringan hingga berbahaya juga bisa dicegah.


  1. Mencegah Hipertensi

Tekanan darah tinggi atau disebut juga dengan hipertensi adalah jenis penyakit berbahaya karena bisa menyebabkan komplikasi seperti serangan jantung, stroke dan beberapa jenis penyakit lainnya. Mengkonsumsi air daun nangka kuning ini menjadi solusi alami untuk mengatasi tekanan darah tinggi sehingga kondisi tekanan darah bisa tetap dalam keadaan stabil yakni tidak rendah dan tidak terlalu tinggi.

  1. Menyembuhkan Sakit Gigi

Daun nangka kuning juga bisa dijadikan solusi alami dan cepat untuk menyembuhkan sakit gigi. Kandungan dalam daun nangka kuning ini akan mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan dari gigi berlubang yang terasa ngilu dan sangat menyakitkan. Anda bisa melumatkan daun ini kemudian ditempelkan pada bagian gigi yang sakit hingga rasa sakit bisa berkurang.

Selain menjadi tanaman hias pada pagar, manfaat daun nangka kuning ini ternyata juga berguna untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit. Untuk mengkonsumsi daun ini bisa dilakukan dengan cara merebus dan minum air rebusan tersebut dan juga bisa diremas remas terlebih dahulu hingga air berubah menjadi kuning agak kehijauan yang jernih dan baru direbus hingga matang.

, , ,
Oleh :
Kategori : Tumbuhan