9 Manfaat Kecap Ikan untuk Mencegah Gondok

Manfaat kecap ikan sudah banyak diketahui, kecap ikan merupakan produk olahan yang berasal dari cairan bumbu yang telah melalui proses fermentasi dari garam dan ikan laut. Kecap ikan memiliki bau yang khas layaknya bau amis pada ikan.

Kecap ikan merupakan fermentasi daging ikan yang yang telah dibersihkan dari isi dalam perutnya kemudian dihaluskan lalu dicampurkan dengan garam kemudian disimpan dalam wadah yang tertutup dalam jangka waktu tertentu. Dalam prosesnya terdapat bakteri baik yang berfungsi membentuk rasa dan ciri khas dari kecap ikan, selain itu penambahan enzim, emulsifier gelatin, asam benzoat, antioksidan, flavoring agent terkadang diperlukan guna mendapatkan produk olahan kecap ikan yang baik.

Seperti yang telah diketahui bahwa kecap ikan biasa digunakan sebagai bumbu masakan untuk menambah cita rasa dan kelezatan makanan. Selain sebagai bumbu masakan kecap ikan juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, kandungan gizi pada kecap ikan hampir sama dengan kandungan gizi pada keju hal ini diakibatkan karena keduanya merupakan hasil dari fermentasi alami, beberapa manfaatnya bagi kesehatan diantaranya adalah:

1.Menjaga Kesehatan Pencernaan

Bakteri baik yang terdapat dalam fermentasi kecap ikan ialah Pediococcus Cerevisiae, Leuconostoc Mesenteroides, Lacobacillus Plantarium bakteri tersebut tumbuh dan berkembang saat proses terjadinya fermentasi pada daging ikan. Ketiganya merupakan bakteri asam laktat yang memiliki manfaat agar menjaga sistem pencernaan tetap sehat.

2.Mengandung Amino Nitrogen

Amino nitrogen merupakan nutrisi penting yang mudah dicerna untuk tubuh.

3. Mengandung Mineral Penting

Salah satu mineral penting yang terdapat dalam kecap asin adalah garam kalsium, seperti kita ketahui bahwa garam kalsium memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Berbeda dengan manfaat daun sirsak untuk diet, kalsium berfungsi dalam pertumbuhan tulang, gigi, pembekuan darah, kontraksi otot dan transmisi sinyal pada sel saraf manusia. Selain itu kalsium juga dibutuhkan tubuh guna mengatasi tekanan darah tinggi, kanker usus besar, sindrom pramenstruasi serta serangan jantung.

4. Memproduksi Tiroksin

Selain manfaat serai untuk diabetes perlu diketahui kandungan garam pada kecap ikan mengandung yodium , meskipun tubuh memerlukan sedikit yodium, keberadaanya juga sangat penting guna kesimbangan jaringan dalam tubuh. Yodium dapat diperoleh dari sumber makanan yang dikonsumsi. Ketika masuk dari saluran pencernaan yodium diserap kemudian masuk kedalam aliran darah dan berapa pada kelenjar gondok. Yodium diubah menjadi tiroksin pada kelenjar goondok. Tiroksin sendiri merupakan hormon yang berfungsi untuk aktivitas organ tubuh. Kekurangan homon tiroksin akan menyebabkan tubuh merasa dingin sebaliknya apabila kelebihan hormon tiroksin tubuh akan terasa panas.

5. Sumber Nutrisi

 Terdapat senyawa organik pada kecap ikan. Berbeda dengan manfaat gandum utuh Senyawa organik sendiri berfungsi sebagai nutrisi dan bahan makanan tambahan. Selain itu senyawa organik juga dapat digunakan sebagai bahan pengawet makanan.

6. Sumber energi

Kandungan protein pada daging ikan akan diuraikan dalam proses fermentasi dan menghasilkan senyawa organik. Asam amino merupakan salah satu senyawa organik, asam amino berfungsi sebagai sumber energi bagi tubuh, memperbaiki jaringan tubuh, pertumbuhan serta menguraikan makanan menjadi energi. Berbeda dengan manfaat gula pasir perlu diketahui juga bahwa kekurangan asam amino esensial menyebabkan malnutrisi protein.


7. Mencegah Gondok

Garam beryodium mampu menjaga fungi dari kelenjar tiroid. Kandungan garam yang merupakan komposisi ari fermentasi ikan menyebabkan kecap asin mengandung iodium. Seperti diketahui bahwa gondok merupakan penyakit yang disebabkan karena kekurangan yodium. Gondok merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan pembengkakan pada kelenjar tiroid. Penyakit gondok ditandai dengan munculnya benjolan pada bagian leher, sebagian besar efek penyakit ini tidak berbahaya akan tetapi hal ini akan mengganggu aktivitas sehari-hari.

8. Mencegah Intelegence Disability

 Kecerdasan mental dapat dicegah dengan cukup asupan yodium dalam tubuh.

9. Mengatasi Penyakit Kulit

Kandungan iodium pada kecap ikan mampu mengatasi penyakit kulit yang menyerang tubuh akibat infeksi jamur. Berbeda dengan manfaat gula untuk bibir konsumsi iodium yang cukup mampu membantu penyembuhan penyakit tersebut.

Itulah berbagai manfaat kecap ikan, gunakan dalam jumlah yang seimbang. Kurangi makanan instan dan hindari konsumsi bahan olahan secara berlebihan guna menjaga pola hidup sehat. Semoga bermanfaat.

, ,
Oleh :
Kategori : Makanan