9 Manfaat Batang Anggrek Bagi Kesehatan

Batang bunga anggrek ternyata  dapat dijadikan sebagai sumber bahan obat-obatan yang dapat digunakan sebagai perawatan kesehatan yang telah dibuktikan dengan berbagai penelitian yang mampu mengidentifikasi beberapa senyawa aktif pada sebagian jenis anggrek.

Seiring perkembangan zaman anggrek memiliki peran penting dalam perkembangan teknik pengobatan. Baik bunga, daun dan batang nya dapat dimanfaatkan sebagai bahan obat-obatan maupun kecantikan. Anggrek memiliki kandungan senyawa aktif yang mengindikasikan anggrek berpotensi sebagai sumber senyawa antibakteri, antivirus, antioksidan, dan antidiabetes. Anggrek dimanfaatkan sebagai tumbuhan obat karena mengandung senyawa metabolit sekunder baik golongan alkaloid, flavonoid, glikosida, dan lain sebagainya dengan berbagai senyawa aktif yang ada pada anggrek hal ini berbeda dengan manfaat air kelapa untuk kolesterol. Beberapa jenis bahkan mengandung senyawa yang berpotensi sebagai antikanker/antitumor  seperti manfaat daun gelinggang dan jenis anggrek yakni Anoectochilus formosanus, Bulbophyllum kwantungense, Bletilla striata, Dendrobium chrysanthum, D. nobile dan Gastrodia elata.

Akan tetapi hanya jenis anggrek tertentu yang batangnya bisa digunakan diantaranya adalah  Anoectochilus formanosanus, Bulbophyllum odoratissimum, Calanthe discolor, Catasetum barbatum, Cymbidium goeringii, Gastrodia elata, Malaxis ocuminata, Pholidota articulata, Spiranthes australis. 

Manfaat batang anggrek bagi kesehatan diantaranya:

1. Diabetes

Penggunaan batang anggrek dapat dimanfaatkan sebagai bahan alami guna meringankan akibat diabetes yang dialami penderita berbeda jika anda melihat manfaat air rebusan jahe dan sereh. Jenis Batang anggrek yang dapat dimanfaatkan ialah  Spiranthes australis.

2. Impotensi

Pria dengan umur 40 tahun keatas rentan dengan masalah impotensi. Impotensi merupakan masalah seksual yang cukup umum terjadi di kalangan pria hal ini terjadi karena alat kelamin pria tidak mampu bertahan di posisi ereksi. Berbagai manfaat bunga air mata ibu dan alternatif pengobatan alami dengan menggunakan batang anggrek ialah anggrek jenis Anoectochilus formanosanus .

3. Inflamasi

Respon kekebalan  ketika sesuatu yang berbahaya atau menjengkelkan mempengaruhi bagian dari tubuh ialah peradangan dengan melihat manfaat daun ginseng jawa. Peradangan adalah bagian dari respon kekebalan tubuh. Yang berbahaya ialah jika sistem kekebalan tubuh tersebut menyerang jaringan sel sehat dalam tubuh. Jenis batang anggrek yang dapat digunakan sebagai inflamasi ialah Anoectochilus formanosanus, Bulbophyllum odoratissimum, Catasetum barbatum, Spiranthes australis.

4. Hipertensi

Hipertensi merupakan tekanan darah tinggi. Tekanan darah itu sendiri adalah kekuatan aliran darah dari jantung yang mendorong melawan dinding pembuluh darah (arteri). Jenis batang anggrek yang dapat digunakan sebagai hipertensi ialah Anoectochilus formanosanus

5. TBC

Infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis atau TBC   menyerang dan merusak jaringan tubuh manusia. Bakteri tersebut dapat ditularkan melalui saluran udara. TBC biasanya menyerang paru-paru, namun bisa juga menyebar ke tulang, kelenjar getah bening, sistem saraf pusat, jantung, dan organ lainnya.  Jenis batang anggrek yang dapat digunakan sebagai obat TBC adalah Bulbophyllum odoratissimum, Malaxis ocuminata.

6. Patah Tulang

Fraktur tulang atau patah tulang   terjadi ketika kekuatan yang diberikan terhadap tulang lebih kuat dari tulang dapat menanggung. Ini mengganggu struktur dan kekuatan tulang, dan menyebabkan rasa sakit, hilangnya fungsi dan kadang-kadang pendarahan dan cedera di sekitar lokasi. Kerangka kita terdiri dari tulang. Jenis batang anggrek yang dapat digunakan sebagai obat patah tulang adalah Bulbophyllum odoratissimum dan Pholidota articulata.

7. Perawatan Rambut

Jenis batang anggrek yang dapat digunakan sebagai perawatan rambut adalah Calanthe discolor. 

8. Epilepsi

Kerusakan atau perubahan di dalam otak diketahui sebagai penyebab pada sebagian kecil kasus epilepsi. Penyakit epilepsi atau ayan adalah suatu kondisi yang dapat menjadikan seseorang mengalami kejang secara berulang. .Jenis batang anggrek yang dapat digunakan sebagai epilepsi adalah Gastrodia elata. 

9. Mendorong Produksi Sperma

Jenis batang anggrek yang dapat digunakan sebagai pendukung produksi sperma adalah Malaxis ocuminata.

Berbagai manfaat batang anggrek diatas semoga dapat bermanfaat. Untuk penggunaannya selalu konsultasikan ke tenaga kesehatan ahli maupun konsultan pengobatan herbal guna mendapatkan informasi yang tepat.