18 Manfaat Daun Gelinggang Untuk Kulit dan Penyakit Dalam

Manfaat Daun GelinggangDaun gelinggang atau sering disebut dengan ketepeng cina merupakan tanaman dengan buang berwarna kuning cerah yang seringkali ditanam sebagai tanaman hias. Selain itu, pada bagian daun tanaman ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan juga kulit sehingga bisa digunakan sebagai pengobatan tradisional. Dalam daun gelinggang mengandung Anthraquinones, glikosida, alkaloid, flavonoid, lektin, rhein, tanin, chrysoeriol, kaempferol, kuersetin dan beberapa kandungan lainnya yang memiliki banyak khasiat untuk tubuh seperti ulasan lengkap tentang manfaat daun gelinggang berikut ini.

  1. Mengatasi Penyakit Kulit

Air rebusan daun gelinggang bisa digunakan sebagai anti jamur dan anti mikroba sehingga sangat ampuh digunakan untuk solusi kecantikan kulit khususnya menyembuhkan penyakit kulit. Beberapa penyakit kulit yang bisa diatasi dengan air rebusan ini adalah kurap karena mengandung sifat anti dermatophyte, candida albicans dan berbagai penyakit kulit lain.

  1. Menurunkan Peradangan

Dalam daun gelinggang mengandung sifat anti inflamasi dan sumber antioksidan tinggi yang sangat baik digunakan untuk menurunkan peradangan yang disebabkan oleh penyakit dalam maupun penyakit kulit.

  1. Menurunkan Demam

Daun gelinggang juga memiliki sifat menurunkan demam sehingga ekstrak airnya bisa digunakan untuk mengatasi demam dengan cepat sekaligus digunakan sebagai demam malaria karena sifat anti malaria yang ada dalam daun ini.

  1. Mengatasi Cacingan

Ekstrak dari daun ini juga sudah digunakan sejak lama sebagai obat tradisional untuk mengatasi cacingan secara ampuh tanpa menimbulkan efek samping.

  1. Anti Diabetes

Khasiat dari daun gelinggang berikutnya adalah bisa menurunkan gula darah sekaligus menghambat pencernaan karbohidrat sehingga pelepasan gula bisa diperlambat yang sangat membantu penderita diabetes.

  1. Anti Tumor

Air rebusan daun gelinggang dapat digunakan juga sebagai solusi kanker ampuh seperti kanker usus besar, kanker kandung kemih dan beberapa jenis kanker lain karena mempunyai sifat anti tumor.

  1. Mencegah Stres Oksidatif

Quercetin yang terkandung dalam daun gelinggang berfungsi sebagai antioksidan kuat yang bisa melindungi sel otak dari kerusakan stres oksidatif. Ekstrak daun ini akan melindungi otak dari toksisitas yang berkaitan dengan D galaktosa sehingga bisa mencegah berbagai gangguan pada otak seperti alzheimer, meningitis virus dan bakteri, demensia dan juga stroke.

  1. Mencegah Gangguan Mulut, Gigi dan Gusi

Air rebusan daun gelinggang bisa digunakan untuk berkumur yang bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan bakteri dalam mulut sehingga bisa menyembuhkan sakit gigi berlubang, memutihkan gigi, infeksi gusi sekaligus mengatasi infeksi mukosa mulut.

  1. Mengurangi Rasa Sakit

Minum air rebusan daun gelinggang yang mengandung quercetin ini juga bermanfaat untuk mengatasi peradangan dan mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan dari artitis, asam urat, rematik dan juga peradangan pada pilek, demam serta nyeri otot.

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Daun gelinggang yang dibuat menjadi teh bisa menjadi ramuan herbal untuk menurunkan tekanan darah dan mencegah komplikasi yang berhubungan dengan penyakit. Selain itu, daun ini juga memiliki sifat anti inflamasi, antioksidan dan zat vasodilatasi yang sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung.

  1. Mencegah Asma

Daun ini juga berguna untuk mengurangi beberapa jumlah bahan kimia yang menimbulkan peradangan atau alergi dalam tubuh sehingga penting untuk mengurangi tingkat keparahan dari serangan asma.

  1. Mengatasi Gigitan Serangga

Untuk mengatasi gigitan serangga seperti nyamuk dan mengurangi gejala yang ditimbulkan seperti gatal dan bintik merah juga bisa menggunakan daun gelinggang dengan cara dibalurkan pada kulit.

  1. Mengatasi Alergi

Daun gelinggang juga mengandung anti inflamasi sehingga efektif digunakan untuk mengatasi alergi seperti alergi makanan serta alergi kulit. Daun ini bisa menjaga kestabilan pelepasan histamin dari sel kekebalan sehingga beberapa gejala alergi seperti lidah bengkak, mata berair, hidung berair, solusi batuk dan gatal gatak bisa dicegah.

  1. Meningkatkan Daya Tahan

Manfaat antioksidan, anti inflamasi, anti jamur, quercetin dan berbagai zat lain dalam daun gelinggang bisa meningkatkan stamina dan daya tahan khususnya untuk penggemar olahraga atau sering beraktivitas berat dengan cara melancarkan aliran darah dalam tubuh lebih baik.

  1. Mencegah Selulit

Daun gelinggang yang dibuat menjadi pasta dan dioleskan pada kulit bisa mengatasi efek hipoksia dalam sel lemak penyebab utama dari selulit karena kandungan quercetin yang ada dalam daun ini.

  1. Menyembuhkan Keloid

Keloid yang terjadi karena bekas luka umumnya hanya bisa dihilangkan dengan tindakan medis seperti operasi plastik. Namun sebenarnya ada cara lain yang lebih aman untuk menghilangkan keloid yakni dengan menggunakan ekstrak dari daun gelinggang. Mengaplikasikan ekstrak daun gelinggang secara teratur pada kulit sangat ampuh untuk mengurangi prolifeasi seluler, sintesis kolagen sehingga bekas luka atau keloid bisa memudar dari waktu ke waktu.

  1. Membantu Program Diet

Manfaat serat dan quercetin yang ada dalam daun gelinggang juga sangat berguna untuk mengurangi berat badan dan juga menekan ekspresi metabolisme sel lemak dan sitokin yang berhubungan dengan peradangan. Air rebusan daun gelinggang yang dikonsumsi selama program diet akan menghambat pembentukan sel lemak dan memicu sel lemak tersebut untuk menghancurkan diri sendiri.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Daun gelinggang juga berguna untuk mengurangi kerentanan tubuh terhadap penyakit yang disebabkan karena virus karena bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Untuk itu, air rebusan ini bisa dikonsumsi untuk seseorang yang sering beraktivitas berat dan juga atlet yang sekaligus bisa melindungi dari infeksi pernapasan.

Manfaat daun gelinggang mungkin tidak terlalu populer seperti beberapa jenis daun lainnya sebab tanaman ini hanya digunakan sebagai tanaman hias karena warna bunganya yang sangat indah. Untuk menyembuhkan luka di kulit, anda bisa menghaluskan daun gelinggang atau menggunakan air rebusan tersebut untuk diaplikasikan pada luka. Sedangkan untuk menyembuhkan penyakit dalam bisa mengkonsumsi air rebusan ini sebagai pengganti teh.