Manfaat Bunga Sepatu Untuk Paru Paru dan Cara Menggunakannya

Banyaknya manfaat tumbuhan bagi manusia sepertinya memang tidak ada habisnya baik untuk kesehatan, kecantikan dan lain sebagainya. Terkadang tanaman yang dianggap sebagai tanaman hias bahkan tanaman liar, malah dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit. Tanaman sepatu merupakan salah satu tanaman hias yang dapat digunakan oleh manusia dengan daun maupun bunganya. Setelah dibahas mengenai manfaat bunga sepatu untuk kecantikan, kali ini akan dibahas mengenai manfaat bunga sepatu untuk paru paru yang belum banyak diketahui.

Bunga sepatu adalah tanaman hias yang sangat mudah ditemui di rumah-rumah, ternyata tidak hanya bisa digunakan sebagai pewarna makanan saja tapi juga memiliki khasiat untuk pengobatan penyakit. Bunga sepatu dapat dijadikan ramuan tradisional herbal yang memiliki manfaat seperti manfaat kunyit untuk paru-paru, yaitu dapat digunakan untuk mengobati penyakit paru-paru secara alami.

Ternyata sejak dulu bunga sepatu telah digunakan di Jepang sebagai teh herbal untuk mengobati penyakit, karena memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan yang meliputi senyawa flavonoid, saponin, polifenol, cyanidin diglucosid, tanin, taraxeryl acetat, Ca oksalat, hibisetin dan peroksidase. Beberapa senyawa yang terkandunga dalam bunga sepatu tersebut memiliki fungsi untuk mencegah dan melemahkan berbagai macam bakteri, virus maupun jamur yang dapat menginfeksi dan menyebabkan penyakit. Dengan beberapa kandungan tersebut dapat menjadi manfaat bunga sepatu untuk paru paru, yaitu dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit seperti bronkitis (paru-paru basah) dan TBC paru.

Seperti menggunakan manfaat daun bunga sepatu untuk kesehatan, cara membuat ramuan herbal bunga sepatu untuk mengobati bronkitis adalah:

  • Siapkan 2 kuntum bunga sepatu, 1 gelas air panas dan garam secukupnya.
  • Bunga sepatu dicuci hingga bersih lalu ditumbuk sampai halus.
  • Masukkan tumbukan bunga sepatu ke dalam air panas dan tambahkan garam, lalu aduk-aduk sampai tercampur rata. Biarkan hingga dingin.
  • Saring air campuran bunga sepatu, lalu buang ampasnya.
  • Ramuan bunga sepatu untuk bronkhitis siap diminum.
  • Anjuran konsumsi untuk ramuan ini adalah 2 kali dalam sehari yaitu pagi dan sebelum tidur secara rutin.

Selanjutnya adalah cara membuat ramuan herbal bunga sepatu untuk mengatasi TBC paru, yaitu meliputi:

  • Siapkan 3 kuntum bunga sepatu, ½ gelas air panas dan 1 sdm madu asli.
  • Bunga sepatu dicuci sampai bersih lalu dihaluskan dengan ditumbuk.
  • Masukkan bunga sepatu yang telah halus ke dalam air panas dan tambahkan madu, aduk sampai tercampur rata. Biarkan sampai agak hangat.
  • Saring air ramuan tersebut, buang ampasnya.
  • Ramuan herbal bunga sepatu untuk TBC paru siap dikonsumsi.
  • Aturan konsumsi ramuan bunga sepatu untuk TBC paru ini adalah 2 kali sehari secara rutin, yaitu pada pagi dan malam hari sebelum tidur.

Jika Anda tidak mau repot untuk menumbuk setiap hari untuk membuat ramuan, bunga sepatu dapat dikeringkan seperti membuat teh. Sehingga jika ingin membuat ramuan tinggal diseduh dan ditambahkan garam atau madu.

Di samping manfaat bunga sepatu untuk kesehatan paru-paru, ramuah herbal bunga sepatu juga dapat digunakan untuk menagani penyakit lain seperti demam, gondongan, bisul, kencing bernanah dan batuk (berlendir atau berdarah). Anda juga dapat menambahkan bahan alami lain untuk meningkatkan manfaat ramuannya seperti daun sambiloto, daun pepaya dan lain sebagainya. Demikian ulasan mengenai kegunaan bunga sepatu untuk paru paru dan cara membuat ramuan herbal dari bunga sepatu.

, , ,
Oleh :
Kategori : Herbal