9 Manfaat Asam Kandis Untuk Kesehatan

Asam kandis atau Garcinia Xanthochymus dikenal dengan nama lain gandis atau kandis dan berasal dari famili Clusicae. Tanaman ini mudah tumbuh di Indonesia, berbentuk pohon yang daunnya selalu hijau (evergreen)yang tidak meranggas di musim gugur. Pohon asam kandis yang berasal dari India ini setinggi 17 sampai 20 meter dan berdiameter 25 – 50 centimeter, masih berkerabat dengan manggis dan asam gelugur. Asam kandis memiliki akar papan, kulit pohon berwarna hitam bebercak putih. Daun tunggalnya berbentuk lonjong, tumbuh dalam iklim lembap. Buahnya berwarna kekuningan , rasanya masam dan biasa digunakan untuk bumbu dapur, bijinya keras dan berwarna coklat. Rasa buah asam kandis masam sedangkan kulit buahnya terasa kelat. Ketika dibelah, akam tampak buah berwarna kuning terang berukuran sekitar 9 cm, bertekstur empuk dan di tengahnya terdapat biji berwarna coklat berbentuk bulat memanjang. Buah asam kandis yang dikeringkan biasanya dijadikan bumbu dapur, selai atau campuran kari, sedangkan buah segarnya dibuat acar. Asam kandis banyak digunakan sebagai bahan dalam masakan khas Sumatera seperti rendang dan gulai, biasanya dapat dibeli dengan mudah di pasar – pasar tradisional Indonesia.

Kegunaan Asam Kandis

Pengolahan buah hingga menjadi asam kandis dilakukan dengan mengiris tipis buah yang sudah matang, dijemur di terik matahari selama beberapa hari hingga kering. Buahnya dapat disimpan selama bertahun – tahun, dan yang bagus adalah yang berwarna merah kecoklatan. Buah asam kandis berwarna hitam menunjukkan proses pengeringan yang tidak sempurna, karena disimpan ketika masih lembap. Bagian dari pohon asam kandis yang kerap digunakan sebagai obat adalah kulit batang, kulit buah dan buahnya sendiri yang kaya akan vitamin C dan mengandung antioksidan. Biasanya digunakan sebagai obat pelangsing, penyembuh untuk rematik, mengobati radang, mencegah penyempitan pembuluh darah dan menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Manfaat asam kandis untuk kesehatan antara lain yaitu: [AdSense-B]

1. Mencegah radang dan infeksi

Infeksi dan radang merupakan penyakit yang cukup menakutkan selain penyakit degeneratif karena bisa menjadi fatal ketika tidak mendapatkan penanganan dengan segera. Manfaat asam kandis bisa digunakan untuk mencegah atau meredakan gejalanya. Kandungan nutrisi pada asam kandis dapat melawan bakteri yang menyebabkan radang serta infeksi. Ada pula manfaat asam jawa untuk bengkak dan manfaat kulit kayu asam jawa yang bisa dicoba.

2. Menjaga imunitas tubuh

Manfaat asam kandis berasal dari kandungan vitamin C yang tinggi sebagai antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas yang bisa menyebabkan penyakit mematikan seperti kanker. Vitamin C juga baik untuk kulit sehingga tidak menyebabkan kulit cepat menua dan menunjukkan tanda – tanda penuaan seperti keriput.

3. Membantu penurunan berat badan

Kelebihan berat badan kerap menjadi masalah untuk sebagian besar orang sehingga melakukan banyak cara untuk menghilangkan kenaikan berat badan tersebut. Manfaat asam kandis bisa digunakan sebagai resep diet, terutama asam kandis yang belum dikeringkan. Buah asam kandis bisa dijadikan acar atau minuman hingga jika dikonsumsi secara rutin akan mengikis lemak di tubuh.Selain itu, manfaat gula asam untuk kesehatan  juga dapat membantu penurunan berat badan.

4. Membantu kinerja saraf dan otot

Asam kandis mengandung vitamin B kompleks yang tinggi dan berguna untuk kelancaran kinerja saraf dan otot tubuh. Dengan kinerja otot serta saraf yang baik, tentu saja akan memudahkan kita untuk beraktivitas dengan lancar sepanjang hari dan tidak mudah lelah. Ekstrak kulit asam kandis juga dikatakan terdapat kandungan yang dapat merangsang pertumbuhan neuron atau jaringan saraf.

5. Menjaga kesehatan jantung

Jantung rentan terkena penyakit terutama ketika di dalam tubuh kita banyak mengandung kadar kolesterol jahat atau LDL. Asam kandis dapat menurunkan tekanan darah dan kolesterol jahat sehingga kita akan terhindar dari penyakit jantung yang berbahaya. Manfaat teh asam dan manfaat biji asam kawak juga dapat Anda coba untuk kesehatan tubuh.

6. Mencegah stroke

Dalam sebuah penelitian mengungkap bahwa asam kandis mengandung senyawa rubraxanthone dan isocowanol yang dapat mencegah penyempitan pembuluh darah yang bisa memicu stroke. Kulit dan buah asam kandis berwarna kuning cerah juga kaya akan antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas.

7. Mengobati radang gusi

Resep yang berasal dari manfaat asam kandis untuk mengobati masalah radang pada gusi bisa Anda coba. Siapkan dua buah asam kandis dan giling sampai halus. Tempelkan gilingan asam kandis pada gigi atau gusi yang sakit selama beberapa saat, lalu kumur dengan air hangat. [AdSense-C]

8. Mengobati rematik

Siapkan dua sendok makan kulit buah asam kandis lalu cuci bersih dan rebus. Biarkan sampai mendidih, saring airnya dan minum selagi masih hangat untuk mengatasi penyakit rematik dengan menggunakan manfaat asam kandis. Manfaat asam jawa bagi kesehatan yang teruji dan manfaat asam belanda juga bisa Anda coba untuk mendapatkan keuntungan bagi kesehatan tubuh.

9. Mengatasi diare

Kerok batang pohon kandis hingga tampak bagian kayu yang berwarna putih. Ambil sejumlah dua cangkir, lalu bersihkan dan rendam dengan air hangat hingga berubah warna menjadi kehijauan. Saring dan minum sehari dua kali sebanyak satu cangkir.

Mengonsumsi asam kandis akan memberikan Anda manfaat asam kandis untuk kesehatan. Akan tetapi memperhatikan keamanan ketika mengonsumsinya juga tidak dapat diabaikan. Bagaimana caranya mengonsumsi asam kandis dengan aman, bisa Anda ketahui ketika berkonsultasi dengan ahli herbal yang memiliki pengetahuan tentang pemanfaatan asam kandis untuk kesehatan. Memperhatikan cara mengonsumsi yang aman akan sangat berpengaruh bagi kondisi tubuh dan efek yang ditimbulkan bagi penyakit yang dialami.