5 Manfaat Angklung Bagi Masyarakat

Indonesia memiliki beragam budaya dan kesenian di setiap daerah. Lagu bahkan alat musik yang dimiliki oleh setiap daerah juga berbeda dan memiliki ciri khas tertentu. Salah satu alat musik daerah yang banyak dikenal yakni alat musik angklung. Alat musik yang berasal dari Jawa Barat ini terbuat dari bambu dan dimainkan oleh beberapa orang, karena satu anglung hanya terdiri dari satu tangga nada. Angklung bisa saja dimainkan oleh satu orang saja, dengan ukuran angklung yang lebih kecil.

artikel terkait:

Apa Saja Manfaat Angklung?

Alat musik sejatinya digunakan unuk bermain musik. Alat musik angklung secara umum memiliki fungsi untuk bermain musik dan mengiringi suatu lagu yang dinyanyikan. Namun untuk lebih jelasnya mengenai manfaat bermain alat musik angklung, akan dijelaskan beberapa manfaat musik angklung sebagai berikut:

  1. Sebagai Alat Musik

Angklung merupakan salah satu jenis alat musik dari daera Jawa Barat. Fungsi utama angklung yakni sebagai alat musik dan menciptakan harmoni yang indah untuk mengiringi lagu maupun dijadikan sebagai musik isntrumental. Keberadaan angklung sebagai alat musik menjadi salah satu ragam alat musik yang ada di Indonesia. angklung dapat dipadukan dengan beberapa jenis alat musik lainnya sehingga membuat gabungan musik dari beberapa alat musikyang indah untuk di dengarkan. Bahkan menggunakan angklung sebagai alat musik sudah digunakan sejak zaman kerajaan Padjajaran sebagai instrumen musik pada saat perang bubat.

artikel terkait: 10 manfaat dan keutamaan shalat tahajudmanfaat uang giral

  1. Pengingat Waktu Sembahyang

Sebelum adanya teknologi modern seperti sekarang, masyarakat menggunakan alat-alat tradisional untuk berkomunikasi. Jika di Jawa Tengah dan sekitarnya menggunakan kentongan, di kerajaan Padjajaran alat komunikasi yang digunakan adalah angklung. Angklung digunakan sebagai alat untuk tanda pengingat waktu sembahyang. Ketika angklung dibunyikan, waktu itulah tandanya masyarakat Hindu di Padjajaran zaman dahulu harus bersembahyang.

artikel terkait: manfaat air dalam industrimacam-macam alat komunikasi dan manfaatnya

  1. Pemompa Semangat

Memainkan alat musik angklung pada zaman Hindia Belanda sempat dilarang. Hal tersebut mengakibatkan popularitas angklung sempat menurun. Hanya anak-anak kecil yang diperbolehkan bermain angklung. Pelarangan bermain angklung oleh pemerintah Hindia Belanda ini malah menambah semangat rakyat pada waktu itu untuk tetap mempertahankan buadaya dan tanah yang mereka pijak.

artikel terkait: manfaat proposalmanfaat diklat

  1. Sarana Pembentukan Karakter

Angklung tidak hanya alat musik yang nyaman untuk didengarkan, akan tetapi juga dapat digunakan untuk membentuk karakter anak. Satu angklung hanya memuat satu tangga nada, dan angklung biasanya dimainkan oleh banyak orang. Artinya, bermain angklung sama saja dengan bekerja dalam tim. Diperlukan tim yang solid, bertanggung jawab, jujur dan toleransi serta konsentrasi yang tinggi agar harmoni musik yang diciptakan oleh alat musik angklung dapat di dengarkan dengan indah. Bermain angklung dapat membentuk karakter pemainnya untuk lebih disiplin dan percaya diri.

artikel terkait: manfaat membuat denah

  1. Terapi Pasca Stroke

Angklung bukan sekedar alat musik, karena angklung dapat digunakan sebagai alat untuk terapi pasca stroke. Pasien yang diterapi dengan bermain angklung, akan terlatih untuk melakukan gerakan menyilang atau biasa disebut dengan cross midline. Cross midline ini dapat melatih kebugaran otak sehingga jembatan otak atau golden bridge menjadi lebih aktif. Memainkan angklung akan membuat saraf mata diintegrasikan dengan saraf bicara dan saraf gerak sehingga akan memungkinkan proses pemulihan pada penderita stroke.

artikel terkait: manfaat sumber daya tambang

Alat musik yang sebenarnya secara umum dikenal untuk memainkan musik, dapat dimanfaatkan untuk berbagai jenis kegiatan dan manfaat untuk kesehatan. Untuk itu, alat musik tradisional seperti angklung perlu dilestarikan agar tetap bermanfaat untuk masyarakat.