9 Manfaat Mendengarkan Musik Metal bagi Kesehatan Mental

Musik metal bagi kebanyakan orang adalah musik yang berisik bahkan tidak sedikit pula yang beranggapan bahwa tak ada manfaatnya mendengarkan musik metal selain bisa membuat sakit telinga. Namun tahukah Anda dibalik musik metal yang dianggap berisik ternyata ada juga manfaat mendengarkan musik metal tak hanya bagi kesehatan tapi juga psikis seseorang.

Apa Itu Musik Metal?

Musik metal atau juga bisa disebuk heavy metal merupakan salah satu jenis aliran musik rock yang memiliki nada paling keras dibandingkan dengan jenis musik-musik lainnya. Musik metal memiliki ciri-ciri tersendiri yaitu memiliki distorsi gitar yang sangat kuat diiringi dengan solo gitar yang juga panjang, selain itu semua instrument musik metal memiliki ketukan yang sangat cepat jadi bagi orang yang tidak terbiasa akan terdengar hanya seperti dengkingan yang tidak jelas padalah seperti musik-musik yang lain musik metal juga memiliki nada yang harmonis.

Manfaat Mendengarkan Musik Metal

Sebagai salah satu jenis musik beraliran keras ternyata ada juga manfaat mendengarkan musik metal bagi manusia hanya saja sayangnya memang musik ini seringkali dihubung-hubungkan dengan hal-hal negatif.

  1. Dapat Membantu Meningkatkan Mood

Banyak yang beranggapan bahwa manfaat musik klasik dapat membantu mengoptimalkan mood padalah sebenarnya justru musik metal yang dapat membantu meningkatkan mood. Hentakan musik yang keras, ketukan nada yang cepat bisa membantu memperbaiki mood terutama bagi Anda yang sedang galau.

  1. Menambah Semangat Saat Sedang Berolahraga

Ketukan nada yang cepat dari musik metal ternyata bisa menjadi penambah semangat saat sedang berolahraga. Jika Anda mulai kehilangan gairah ketika berolahraga cobalah ganti playlist Anda dengan lagu-lagu metal pemicu semangat dijamin waktu olahraga akan terasa lebih bersemangat.

  1. Baik untuk Pemanasan Sebelum Melakukan Kegiatan Penting

Seperti disebutkan pada poin nomor satu bagi Anda yang saat ini sedang gelisah ketika harus menghadapi sesuatu yang sangat penting, entah itu menghadapi ujian atau harus tampil di depan orang banyak, cobalah mendengarkan musik metal favorit Anda maka hal tersebut dapat menjadi pemanasan sebelum melakukan kegiatan penting.

  1. Sebagai Penghilang Stress yang Ampuh

Distorsi gitar dengan solo melodi yang aduhai dijamin dapat menghilangkan stress dengan ampuh. Tak hanya ketika Anda sedang galau, manfaat mendengarkan musik metal ketika stress juga baik untuk kesehatan mental Anda karena stress bisa dibuang jauh dan Anda dapat kembali menjadi diri Anda sendiri.

  1. Membantu Meningkatkan Kinerja Otak

Berdasarkan penelitian memang banyak sekali manfaat mendengarkan musik saat belajar dan ternyata tak hanya musik klasik atau musik yang calm  saja yang dapat meningkatkan kemampuan kinerja otak karena ternyata musik metal juga dapat membantu mengoptimalkan dan meningkatkan kinerja otak. Jadi jika Anda merasa suntuk ketika belajar sementara mendengarkan musik klasik justru bikin ngantuk, cobalah beralih ke musik metal.

  1. Baik untuk Kesehatan Jantung

Ketukan yang cepat dari musik metal ternyata dianggap sangat baik untuk kesehatan jantung walaupun mungkin jenis musik ini sebaiknya tidak didengarkan oleh mereka yang memang memiliki riwayat jantungan tapi cukup baik untuk menjaga jantung tetap sehat.

  1. Dapat Membantu Meredakan Rasa Sakit

Beberapa penelitian juga ternyata manfaat musik metal bisa membantu meredakan rasa sakit. Karena ternyata penelitian yang sama juga mengatakan bahwa rasa sakit juga bisa datang dari psikis seseorang dan musik metal bisa membantu meredakannya karena memang musik ini dianggap sebagai jenis musik yang dapat meng-numb-kan rasa sakit.

  1. Memperbaiki Kesehatan Mental

Banyak yang menganggap bahwa musik metal menjadi pemicu perilaku agresif namun ternyata musik ini juga dapat membantu memperbaiki kesehatan mental. Hal ini erat kaitannya dengan bagi para pencinta musik metal mereka dapat memanfaatkan musik ini untuk mengalirkan rasa frustasi dan amarah mereka.

  1. Jenis Musik yang Dianggap Dapat Memberikan Kebebasan

Banyak para pecinta musik metal yang mengakui bahwa dibandingkan dengan jenis musik lain dengan nada serta ketukan yang teratur musik metal yang terkesan ‘amburadul’ justru dapat memberikan kebebasan bagi mereka untuk berekspresi. Ternyata tak hanya manfaat musik kontemporer saja yang dapat memberikan warna tersendiri bagi pecintanya tapi juga musik metal.

Image Negatif dari Musik Metal

Banyak orang tua yang mungkin khawatir ketika anak-anak mereka mulai suka mendengarkan musik metal karena memang musik metal sering kali diasosiasikan dengan hal-hal negatif seperti obat-obatan terlarang, pergaulan bebas dan sejenisnya. Sebenarnya tidak mengherankan mengingat banyak sekali kasus-kasus artis-artis dari aliran ini yang ternyata memang pengguna narkoba aktif belum lagi lirik-lirik dari lagu-lagu metal yang memang memiliki arti yang tidak pantas jika didengarkan.

Lalu apa yang perlu dilakukan orang tua jika anak-anak mereka mulai menyukai musik metal? Well, tidak ada yang salah dengan musik metal hanya saja orang tua perlu memberikan manfaat komunikasi dalam keluarga dan memberikan pengertian bahwa dalam menyukai sesuatu tetap harus bijak tidak boleh berlebihan terbukti memang banyak sekali manfaat mendengarkan musik metal karena memang tidak ada yang salah dengan musik ini.