6 Manfaat Alat Musik Ritmis

Alat musik merupakan salah satu jenis alat yang paling banyak digunakan oleh banyak orang untuk mengkonstruksi suatu karya seni, terutama karya seni dalam bidang musik dan juga lagu. Alat musik sendiri pada dasarnya memilki banyak sekali jenis dan juga kegunaannya. Secara umum, ada dua jenis alat musik, yang sering digunakan, yaitu aat musik tradisional dan juga alat musik modern.

Manfaat musik bagi kesehatan sendiripun tak kalah pentingnya, karena merupakan relaksasi untuk tubuh yang sangat sederhana. Hal ini juga berkaitan dengan permainan alat musik, tak berbeda dengan memainkan alat musik juga dapat membuat bahagia perasaan seseorang. Oleh karenanya bermain alat musik seperti gitar dan piano misalnya dapat membuat seseorang percaya diri akan eksistensi diri mereka, terutama bagi seorang introvert.

Manfaat bermain gitar dan manfaat bermain piano juga menjadi terapi bagi sebagian orang untuk menghilangkan stres karena aktivitas sehari-hari. Bermain alat musik gitar dan piano sangat direkomendasikan bagi para pemula yang ingin bermain musik secara terampil.

Alat Musik Tradisional

Sesuai dengan namanya, alat musik tradisional merupakan jenis alat musik yang berasal dari suku atau daerah tertentu, biasanya memiliki makna dan tujuan tertentu, serta seringkali digunakan untuk kepentingan acara adat tertentu. Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah alat musik tradisional yang sangat beragam dan juga unik, karena banyak terbuat dari berbagai bahan, seperti kayu, bambu, daun, logam, dan masih banyak lagi.

Alat Musik Modern

Merupakan jenis alat musik yang sudah diakui secara internasional sebagai suatu instrumen standar yang digunakan secara luas pada berbagai pertunjukkan musik. Alat musik modern biasanya mengadopsi tangga nada yang sudah terstandarisasi secara general, yang berarti dimana alat msik itu dimainkan, maka cara memainkan dan juga nada yang dimainkan akan sama. Conotoh alat musik modern adalah gitar, bass, drum, pano, teropmet, dan masih banyak lagi.

Jenis Alat musik

Selain terbagi menjadi 2 bentuk alat musik, yaitu tradisional dan juga modern. Alat musik juga terbagi menjadi dua bentuk berdasarkan penggunaannya, baik tradisonal maupun modern, yaitu alat musik ritmis dan juga alat musik melodik. Terdapat jenis alat musik tertentu yang terbuat dari bambu, contohnya alat musik dari daerah seperti sasando maupun suling. Manfaat bambu ini bisa jug digunakan untuk alat musik lainnya yang tak kalah menarik dengan alat musik modren.

Alat Musik Ritmis

Secara harafiah, alat musik ritmis merupakan jenis alat musik yang menghasilkan ritme-ritme tertentu. Ritme-ritme ini kemudian akan menjadi dasar dari munculnya suara yang dihasilkan oleh alat musik melodik, sehiingga pada akhirnya akan menimbulkan suatu keharmonisan musik.

Alat musik ritmis juga memiliki satu ciri utama, yaitu tidak memiliki tangga nada, sehingga sering dimanfaatkan sebagai pengiring suatu lagu. Berikut in iadalah beberapa contoh alat musik ritmis:

  • Drum
  • Perkusi
  • Marakas
  • Rebana
  • Kongo

Manfaat dari Alat Musik Ritmis

Alat musik ritmis, walaupun tidak memiliki tangga nada dalam memainkannya, ternyata memiliki peranan yang sangat penting dalam aplikasinya. Berikut ini adalah peran atau manfaat alat musik ritmis :

  1. Mengiringi Lagu yang Memiliki Melodi Tertentu

Manfaat alat musik ritmis yang pertama adalah untuk menjadi pengiring dari suatu lagu atau musik tertentu. Beberapa alat musik, seperti rebana dan juga marakas merupakan salah satu contoh jenis alat musik ritmis yang membantu mengiringi suatu musik dan juga lagu tertentu. Biasanya, suara atau bunyi dari jenis alat musik ini akan terdengar jelas dan keras, dan akan mudah dikenal.

  1. Untuk Koreografi

Manfaat lainnya dari alat musik ritmis adalah sebagai dasar untuk melakukan koreografi. Agar koreografi dapat berjalan dengan baik dan juga lancar dalam suatu musik dan juga lagu tertentu, maka alat musik ritmis memegang peranna yang sangat penting.

Alat musik ritmis dapat membantu menyesuaikan langkah-langakh dalam melakukan gerakan koreografi. Sehingga para penari ataupun artis yang akan melakukan tarian akan mudah untuk mengingat step atau langkah yang harus ditempuh dalam satu lagu. Seperti contoh, manfaat zumba dance yang dapat juga digunakan sebagai olahraga maupun sebagai koreografi pengiring dari berbagai lagu yang energic.

  1. Membuat Harmonisasi Musik yang Indah Didengar

Selain menjadi pengiring, manfaat alat musik ritmis lainnya adalah sebagai harmonisasi dari suatu musik. Ada beberapa jenis musik yang tidak akan menjadi enak untuk didengar apabila tidak memanfaatkan alat musik ritmis. Contohnya adalah seperti aliran musik rock, yang tidak akan memperoleh harmonisasi dan juga inti dari rock tersebut tanpa diiringi dengan alat musik ritmis, seperti drum.

Begitu pula dengan jenis musik hip hop dan juga dance, yang sangat membutuhkan manfaat alat musik ritmis untuk memperoleh harmonisasi.

  1. Menjadi Patokan untuk Masuk ke Dalam Bagian Lagu Tertentu

Dalam bermusik, biasanya satu lagu atau musik terbagi menjadi beberapa bagian, seperti intro, verses, reff, dan sebagainya. Bagian – bagian tersebut biasanya, selain dipisahkan oleh nada-nada dan harmoni yang berbeda, namun juga dipisahkan oleh alat musik ritmis sebagai patokan.

Misalnya, ketika suatu musik dan juga lagu akan masuk pada bagian reff, maka alat musik ritmis, seperti drum akan memberikan tanda berupa beberapa pukulan pada bass dan juga snare, sehingga para pemain musik dan juga penyanyi akan menyadari perubahan bagian dari musik atau lagu tersebut.

  1. Mengatur Jalannya Irama Musik atau Lagu

Irama juga merupakan salah satu elemen yang pentng dari suatu musik dan juga lagu. Musik dan juga lagu akan disukai oleh banyak orang apabila memiliki irama yang enak didegnar. Irama dibentuk dari gabungan antara melodi dan juga ritme, sehingga perpaduan keduanya akan menimbulkan suatu irama yang enak didengar dan juga disukai oleh banyak orang.

  1. Mengatur Tempo dari Suatu Musik

Manfaat alat musik ritmis yang terakhir adalah untuk mengatur tempo. Dalam bermusik, tempo juga merupakan salah satu hal yang penting, karena dapat menentukan cepat atau lambatnya musik dimainkan. Untuk mengatur tempo, maka digunakanlah alat musik ritmis. Alat musik ritmis yang paling umum untuk digunakan dalam mengatur tempo adalah metronome dan juga drum. Biasanya, dengan bantuan alat ini, maka tempo dan juga ketukan dalam suatu musik dapat diatur, cepat ataupun lambat. 

Jenis musik yang bermacam-macam dapat menentukan sebuah genre dari lagu tersebut, seperti beat, hip hop maupun balad atau klasik. Namun tak sedikit yang menyukai jenis genre musik klasik, manfaat musik klasik dan mendengarkan lagu ini disinyalir dapat membuat otak dan pikiran relaks. Maka tak heran bila banyak orang mengatakan lagi klasik terkadang sebagai obat tidur yang alami.

Itulah beberapa manfaat alat musik ritmis. Semoga artikel mengenai manfaat alat musik ritmis ini dapat menambah wawasan anda semua. Terima Kasih.