10 Manfaat Selada Laut Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Selada LautSelada laut atau dikenal juga dengan alga hijau dan Ulva Lactuca merupakan sejenis tanaman laut yang bisa dikonsumsi dan bisa ditemukan dengan mudah di seluruh dunia. Apabila dilihat, selada laut ini terlihat seperti daun tipis datar dengan pinggrian yang agak bergelombang. Selada laut ini memiliki warna hijau pucat saat masih muda dan kemudian berubah menjadi hijau cerah saat sudah tua.

Selada laut hidup dengan cara menempel pada bebatuan, kerikil dan terumbu karang, namun terkadang juga bisa ditemukan mengambang di laut. Daun ini memang memiliki bentuk seperti selada, sehingga dinamakan selada laut yang bisa tumbuh hingga 45 cm dan melintang 30 cm. Selada laut menjadi tanaman yang abadi dan bisa tumbuh sepanjang musim khususnya musim panas sebab suhu air berubah menjadi ideal sehingga selada laut bisa bereproduksi dengan cepat. Manfaat selada laut sangatlah beragam karena mengandung nutrisi tinggi yang sudah digunakan sejak lama oleh penduduk Jepang.

Artikel terkait:

  1. Memiliki Antioksidan Tinggi

Selada laut sangat tinggi akan kandungan vitamin dan antioksidan yang bisa menetralkan racun radikal bebas sehingga menjaga tubuh dari berbagai penyakit berbahaya seperti degenerasi makula dan kanker.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Selada laut juga tinggi akan kandungan beta karoten yang sangat penting untuk menjaga kesehatan mata sekaligus menjadi sumber antioksidan yang sangat tinggi.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Kalsium tinggi yang juga terkandung dalam selada laut berperan penting untuk menjaga kesehatan tulang dan juga gigi. Selada laut juga mengandung magnesium yang penting untuk membantu proses penyerapan kalsium sehingga menjadi asupan ideal untuk mencegah osteoporosis.

Artikel terkait:

  1. Menurunkan Berat Badan

Untuk anda yang ingin menurunkan berat badan, maka mengkonsumsi selada laut sangat baik sebab dalam 100 gram selada laut mengandung 130 kalori, serat tinggi dan rendah lemak.

  1. Sumber Protein dan Zat Besi

Selain daging, berbagai tanaman laut seperti spirulina, alga dan juga selada laut merupakan sumber protein tinggi bahkan kandungan protein dan zat besinya melebihi dari daging. Dalam 100 gram selada laut mengandung 22.1 gram protein nabati dan juga 5.3 miligram besi sekitar 25 persen dari asupan harian yang direkomendasikan.

  1. Mencegah Jantung Koroner

Selada laut yang sangat terkenal di Jepang ini sudah membuktikan jika penduduk di daerah Okinawa, Jepang memiliki resiko jantung koroner lebih kecil hingga mencapai 82 persen jika dibandingkan dengan orang Amerika.

  1. Mengatur Kadar Gula Darah

Dalam selada laut juga mengandung serat yang tinggi sehingga bisa memperlambat laju cerna makanan, menyeimbangkan dan mengatur penyerapan glukosa di dalam aliran darah.

Artikel terkait:

  1. Membantu Proses Pencernaan

Serat tinggi yang ada dalam selada laut juga sangat berguna untuk melancarkan proses pencernaan sekaligus membuang limbah yang menumpuk di dalam tubuh.

  1. Pengganti Garam atau Bumbu

Selada laut yang sudah dikeringkan dan di ekstrak bisa dimanfaatkan untuk mengganti garam untuk makanan ringan atau makanan olahan lainnya sehingga lebih sehat sekaligus mengurangi asupan sodium dan juga menurunkan resiko tekanan darah tinggi, jantung dan juga stroke.

  1. Mengembangkan Otot

Untuk anda yang senang berolahraga juga bisa mengkonsumsi selada laut yang tinggi akan kandungan protein sebagai pembangun masa otot.  Selada laut menjadi sumber protein hewani baik yang bisa anda konsumsi setiap hari tanpa perlu khawatir berat badan bertambah.

Artikel terkait:

Manfaat selada laut yang menjadi salah satu tanaman laut ini sangat baik untuk di konsumsi sehari-hari karena tinggi akan nutrisi yang berguna untuk kesehatan tubuh dan juga kecantikan kulit secara menyeluruh.