10 Manfaat Air Tajin Untuk Wajah Sehat dan Cantik

Bagi anda yang dahulu atau sekarang masih menanak nasi dengan cara tradisional menggunakan dandang pasti tahu dan mungkin sering mengonsumsi air tajin. Air ini berwarna putih susu dan didapatkan atau diambil ketika beras sedang mendidih dan masih berair. Air ini rasanya cukup manis sehingga sebagian orang senang mengonsumsinya. Tidak hanya enak, diketahui ada banyak manfaat air tajin untuk kesehatan dan kecantikan meskipun belum dapat dibuktikan secara ilmiah sehingga banyak orang yang mengonsumsinya.

Kali ini kita akan membahas mengenai manfaat air tajin untuk wajah atau kecantikan dimana air tajin tidak hanya dikonsumsi namun juga dapat diaplikasikan secara langsung pada wajah. Lalu apa saja manfaatnya untuk kecantikan wajah? Berikut beberapa manfaat air tajin untuk wajah sehat dan cantik:

1. Menghilangkan flek hitam pada wajah

Flek hitam pada wajah merupakan salah satu masalah pelik yang dialami banyak orang terutama kaum wanita. Untuk mengatasinya anda bisa menggunakan campuran air tajin dengan manfaat kunyit. Kedua bahan ini dicampur kemudian diaplikasikan langsung pada wajah. Diamkan sekitar 10 menit dan kemudian bilas wajah dengan air dingin. Dengan pemakaian teratur maka flek-flek hitam yang menodai wajah anda akan berangsur hilang.

2.Merangsang pertumbuhan sel kulit baru

Air tajin juga dapat dijadikan sebagai toner alami yang dapat mendukung pertumbuhan sel kulit baru di wajah sehingga sel-sel kulit yang telah mati dapat digantikan fungsinya. Cara penggunaannya sangat mudah. Ambil kapas lalu celupkan pada air tajin. Kemudian kapas ini dapat langsung diaplikasikan ke wajah seperti anda menggunakan toner pada umumnya. Selain air tajin ada pula pilihan sabun wajah siap pakai seperti manfaat sabun amoorea yang juga bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan sel kulit baru.

3. Melancarkan alirah darah pada wajah

Selain itu penggunaan air tajin sebagai toner pada wajah juga dapat membantu melancarkan alirah darah pada wajah sehingga seluruh bagian wajah mendapat asupan oksigen dan sari makanan yang cukup. Kulit wajah pun menjadi sehat, cerah, dan lembut.

4. Menjadikan kulit wajah lebih cerah

Dengan lancarnya regenerasi sel-sel kulit dan lancarnya aliran darah maka kulit wajah anda akan terlihat semakin cerah sehingga meningkatkan penampilan anda. Disamping itu ada beragam pilihan produk perawatan wajah yang memiliki manfaat serupa diantaranya manfaat melanox cream dan manfaat garnier sakura white.

5. Menghaluskan kulit wajah

Jerawat, polusi, atau faktor-faktor lainnya dapat menyebabkan kulit wajah menjadi kasar sehingga diperlukan perawatan yang tepat untuk mengembalikan kehalusannya. Salah satunya dengan menggunakan air tajin sebagai toner. Dengan pemakaian teratur maka kulit wajah anda akan semakin halus sehingga lebih enak dilihat dan disentuh. Kulit wajah yang halus juga bisa didapatkan dengan menggunakan bahan-bahan alami lainnya seperti manfaat pace untuk kulit dan manfaat pare untuk kulit.

6. Mengatasi komedo

Manfaat air tajin untuk wajah juga dapat digunakan untuk mengatasi komedo. Caranya sangat mudah. Pertama ambil air tajin yang masih hangat lalu basuhkan pada wajah. Diamkan hingga kering kemudian ambil handuk lembut dan gosokkan pada bagian wajah yang berkomedo. Setelah itu bilas wajah dengan air bersih.

7. Mengatasi jerawat

Air tajin juga dapat digunakan untuk mengatasi jerawat yang membandel dan mengganggu penampilan. Meskipun telah tersedia berbagai merek obat jerawat seperti manfaat acnol namun penggunaan bahan alami tentu lebih jauh dari efek samping dan pastinya lebih murah. Namun harap diingat untuk selalu menggunkan pelembab wajah setelah mengaplikasikan air tajin karena penggunaan yang terlalu sering dapat menyebabkan kulit wajah menjadi kering.

8. Mengontrol minyak berlebih di area wajah

Jika anda pemilik wajah berminyak dan sering direpotkan dengan kadar minyak berlebih di wajah maka anda dapat mencoba menggunakan air tajin untuk merawat wajah. Air tajin diketahui dapat mengontrol kestabilan kadar minyak di wajah sehingga masalah anda teratasi. Tersedia pula bergam pilihan bahan alami lainnya untuk mengatasi masalah minyak berlebih pada wajah diantaranya manfaat lemon untuk wajah, manfaat tomat untuk wajah, dan manfaat jeruk nipis.

9. Mengatasi iritasi pada kulit wajah

Manfaat air tajin yang tidak kalah penting adalah dapat membantu mengatasi iritasi, radang. atau ruam pada kulit wajah. Jika anda mengalami salah satu masalah tersebut maka anda dapat menggunakan air tajin untuk mengatasinya. Namun jika anda ingin yang lebih praktis tersedia pula berbagai produk perawatan kulit yang dapat membantu mengatasi masalah iritasi, ruam, atau radang salah satunya manfaat wardah hydrating aloe vera gel.

10. Mencegah dan mengurangi kerutan pada wajah

Penggunaan air tajin secara teratur juga dapat membuat anda tampak awet muda karena dapat mencegah timbulnya kerutan pada wajah. Tidak hanyak mencegah penggunaan air tajin juga dapat mengurangi keriput yang terlanjur timbul di wajah sehingga anda tampak awet muda.

Itulah diantara manfaat air tajin bagi kecantikan wajah sebagai cara alami untuk merawat wajah. Meskipun kini telah tersedia berbagai produk perawatan wajah yang dibuat dengan formula canggih dan teknologi tinggi namun penggunaan bahan-bahan alami tetap patut dicoba. Karena selain lebih ekonomis tentunya lebih minim efek samping sehingga anda tidak perlu merasa waswas menggunakannya.