8 Manfaat Acar Bawang Merah Untuk Penyakit Ringan dan Kronis

Acar bawang merah merupakan bawang merah yang diawetkan memakai campuran cuka, garam dan air yang biasanya disajikan sebagai hidangan pelengkap untuk dikonsumsi bersama hidangan utama. Karena menggunakan cuka, maka rasa acar ini sedikit asam dan juga ada yang sedikit manis bergantung dari selera masing masing pembuatnya. Selain menjadi pelengkap makanan seperti nasi goreng, mie goreng dan martabak, acar bawang juga bermanfaat untuk beberapa kesehatan tubuh seperti ulasan yang kami berikan berikut ini.

  1. Membunuh Bakteri Perut

Selain banyak manfaat bawang bombay untuk kesehatan, ternyata acar bawang merah memiliki kegunaan untuk menyembuhkan gangguan pada perut sekaligus membunuh bakteri yang terdapat di dalam perut. Bawang merah yang di campur dan di rendam dalam cuka tersebut mempunyai sifat anti mikroba sehingga juga sangat baik untuk membuat makanan tersebut lebih awet. Kandungan cuka dalam acar ini akan menghambat pertumbuhan bakteri E coli, staphylococcus dan juga pseudomonas di dalam makanan dan juga perut. Sedangkan kalium yang terkandung dalam acar bawang merah akan mengurangi kram, melancarkan proses metabolisme sekaligus mengatur kadar airan di dalam tubuh.

  1. Tinggi Nutrisi Rendah Kalori

Para ahli juga mengatakan jika acar bawang merah dan jenis acar lainnya sangat baik di konsumsi untuk menurunkan berat badan khususnya karena rasa asam yang dihasilkan dari acar mengandung kalori yang rendah meskipun ada beberapa manfaat kalori bagi tubuh manusia. Sementara acar bawang merah manis akan memiliki kandungan kalori lebih tinggi dibandingkan dengan acar asam karena ditambahkan gula pada saat proses pembuatan. Acar menjadi sumber zat besi, kalsium, mangan, kalium, serat dan juga beberapa jenis vitamin seperti vitamin A serta vitamin K.

  1. Menangkal Radikal Bebas

Kandungan dalam acar bawang merah yang segar tanpa melewati proses memasak membuat makanan ini tinggi akan kandungan antioksidan. Manfaat antioksidan inilah yang nantinya akan berperan penting dalam menangkal radikal bebas berbahaya penyebab berbagai jenis penyakit.

  1. Mengurangi Kadar Kolesterol

Selain manfaat buncis untuk kolesterol yang sangat baik di konsumsi untuk menurunkan LDL, dalam bawang merah mengandung quercetin yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL sekaligus meningkatkan kolesterol baik yang dinamakan HDL. Quercetin sendiri merupakan komponen yang berasal dari flavonoid yang dikenal sebagai antioksidan yang sangat kuat.

  1. Mengurangi Radang

Quercetin yang ada dalam bawang merah tidak hanya sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat, akan tetapi juga memiliki sifat anti inflamasi yang cukup tinggi sehingga berguna untuk mengurangi radang dan mencegah beberapa jenis penyakit yang disebabkan karena peradangan.

  1. Deteksifikasi Tubuh

Dalam acar bawang merah juga mengandung sulfur yang berkhasiat untuk detoksifikasi tubuh. Selain itu, kandungan manfaat vitamin C dalam acar bawang merah ini juga berguna untuk membersihkan darah, menghilangkan timbal, arsenik dan juga kadmium dalam tubuh.


  1. Mencegah Kanker

Dari beberapa penelitian juga membuktikan jika kandungan antioksidan dalam bawang merah serta acar bawang merah bisa menjadi solusi kanker ampuh dengan cara mencegah dan mengurangi kerusakan DNA yang disebabkan karena radikal bebas. Dari penelitian juga membuktikan jika dalam bawang merah juga sangat baik untuk menghancurkan sel tumor dan juga kanker khususnya leukemia atau kanker darah.

  1. Mengatasi Asma

Mengkonsumsi acar bawang merah dengan teratur juga dikatakan baik untuk mengobati dan menyembuhkan asma sebab dalam bawang merah mengandung senyawa aktif yang bisa menghambat zat yang menjadi penyebab kejang otot bronkus serta mempunyai efek menenangkan otot pernapasan. Imbangi juga dengan melakukan teknik pernapasan seperti manfaat pernapasan segitiga untuk melancarkan dan mencegah sesak nafas saat asma tersebut kambuh.

Itulah tadi ulasan lengkap dari kami tentang manfaat acar bawang yang memiliki rasa nikmat dan bisa menambah kelezatan makanan. Konsumsi acar bawang merah ini sebagai makanan pendamping seperti sate yang tinggi akan kolesterol untuk mengimbangi dan menghilangkan efek berbahaya dari kolesterol tersebut.

, ,
Oleh :
Kategori : Makanan
Doctors Talks

Gigi berlubang bagian atas bisa menyebabkan Penyakit meningitis, Gigi berlubang bagian bawah bisa menyebabkan penyakit yang menyebabkan kematian mendadak, apa itu ? Simak penjelasan Drg. Albertus Andika berikut ini.