Sponsors Link

30 Manfaat Wedang Secang untuk Kesehatan Tubuh

Sponsors Link

Wedang secang? Sebagian teman-teman mungkin lebih mengenal minuman tradisional wedang jahe daripada wedang secang padahal minuman ini sama bermanfaatnya dengan wedang jahe sehingga sangat baik untuk dikonsumsi. Berbeda dengan wedang jahe rasa wedang secang sedikit asam dan segar. Warnanya juga lebih cerah yaitu berwarna merah sehingga tumbuhan secang juga dapat digunakan sebagai pewarna alami.

ads

Baca juga: manfaat kayu secang – manfaat wedang jahe bagi kesehatan

Sesuai namanya wedang secang dibuat dari rebusan batang atau kayu secang dan dapat ditambahkan rempah-rempah lain seperti kayu manis, cengkeh, dan lain sebagainya untuk semakin menambah manfaatnya. Secang yang memiliki nama latin caesalpinia sappan l ini memang sudah lama dibudidayakan dan termasuk kategori rempah-rempah. Tumbuhan ini dapat dengan mudah ditemukan di kawasan Asia Tenggara termasuk salah satunya Indonesia. Di berbagai daerah ia disebut dengan berbagai nama seperti soja jawa di daerah Jawa, orang Aceh menyebutnya seupeueng, dan masih banyak sebutan lain untuk tumbuhan perdu ini.

Berbagai manfaat mengonsumsi wedang secang berasal dari berbagai kandungan zat-zat baik yang dimilikinya. Diantaranya polifenol, flavonoid, senyawa brazilin, tannin, saponin, dan lain sebagainya. Berikut beberapa manfaat wedang secang bagi kesehatan:

1. Sumber antioksidan

Batang secang memiliki kandungan polifenol dan flavonoid yang merupakan antioksidan yang sangat bermanfaat bagi tubuh untuk menghambat perkembangan radikal bebas. Wedang secang dapat menjadi sumber antioksidan alami bagi tubuh sehingga kebutuhan antioksidan tubuh terpenuhi.

Baca juga: sumber antioksidan – manfaat antioksidan

2. Mencegah penuaan dini

Dengan kandungan antioksidan yang dimilikinya mengonsumsi wedang secang juga dapat membantu mencegah penuaan dini sehingga kesehatan dan kecantikan alami anda tetap terjaga.

3. Membantu penyerapan vitamin C secara maksimal

Manfaat lain dari mengonsumsi wedang secang adalah turut membantu tubuh untuk menyerap vitamin C secara maksimal sehingga asupan vitamin C yang kita konsumsi dapat terserap dengan baik dan dirasakan manfaatnya secara maksimal. Sayang sekali jika kita merasa sudah makan makanan bernutrisi baik tetapi ternyata tidak dapat diserap dengan baik oleh tubuh.

Baca juga: manfaat vitamin c – manfaat vitamin c untuk kulit

4. Menurunkan risiko serangan jantung

Dengan terserapnya vitamin C secara maksimal dapat membantu mencegah penebalan pembuluh darah arteri pada jantung yang merupakan salah satu penyebab serangan jantung. Jika ingin jantung sehat dan bebas penyakit maka rutinlah mengonsumsi minuman ini.

Sponsors Link

5. Meningkatkan stamina dan kekebalan tubuh

Wedang secang juga dikenal sebagai minuman penambah stamina dan daya tahan tubuh sehingga tubuh terasa lebih fit dan tidak mudah terserang penyakit. Kita tidak mungkin mensterilkan diri dan lingkungan 100% dari kuman penyebab penyakit, yang bisa kita lakukan adalah meningkatkan kekebalan tubuh sehingga kuman-kuman tersebut tidak bisa menginfeksi tubuh kita.

Baca juga: manfaat fatigon spirit – manfaat remayung

6. Sebagai antibiotik alami

Kandungan senyawa flavonoid pada wedang secang dapat berperan sebagai antibiotik sehingga tubuh lebih terlindungi dari serangan virus-virus penyakit.

7. Menghentikan pendarahan

Kandungan flavonoid pada wedang secang juga bermanfaat untuk menghentikan pendarahan sehingga sangat baik digunakan ketika anda mengalami luka. Caranya mudah, cukup disiramkan pada bagian tubuh yang terluka.

Baca juga: manfaat kurma muda – 11 manfaat lemon untuk kesehatan dan perawatan kecantikan

ads

8. Mempercepat penyembuhan luka

Selain menghentikan pendarahan penggunaan atau konsumsi wedang secang juga dapat mempercepat penyembuhan luka sehingga minuman ini cocok sekali dikonsumsi ketika anda sedang dalam masa penyembuhan.

9. Antibakteri

Mengonsumsi wedang secang dapat membantu melindungi tubuh dari serangan bakteri jahat karena mengandung senyawa tannin yang bersifat antibakteri.

Baca juga: manfaat lada – manfaat daun kemangi untuk kesehatan kulit dan rambut

10. Menyehatkan dinding usus

Kandungan tannin pada wedang secang juga dapat membantu menyehatkan dinding usus yang sedang mengalami peradangan karena infeksi bakteri.

11. Antinyeri

Untuk mengatasi nyeri akibat peradangan atau sebab lainnya anda dapat mengonsumsi wedang secang. Hal ini didukung oleh sifat analgesik pada batang secang yang baik untuk meredakan nyeri.

Baca juga: manfaat asam mefenamat – manfaat parasetamol

12. Mengatasi diabetes tipe 2

Penderita diabetes tipe 2 memiliki masalah dengan hormon insulin dimana tubuh mereka tidak dapat memproduksi insulin dalam jumlah cukup untuk mempertahankan kadar gula darah atau malah sudah mengalami resitensi terhadap insulin. Wedang secang dapat menjadi salah satu pilihan bagi penderita diabetes tipe 2 karena mangandung saponin yang sangat baik untuk meningkatkan kinerja insulin.

13. Mengobati maag akut

Salah satu penyebab sakit maag adalah infeksi bakteri helicobacter pylori yang menyerang lambung. Dengan kandungan antibakterinya wedang secang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi sakit maag akut yang diderita.

Baca juga: manfaat buah naga bagi penderita maag – manfaat lemon untuk maag

14. Mengatasi kanker prostat

Berdasarkan hasil sebuah penelitian kombinasi senyawa flavonoid dan saponin pada wedang secang bermanfaat untuk mengatasi kanker prostat. Jika anda memiliki gangguan kanker prostat tidak ada salahnya mencoba minuman satu ini karena ada begitu banyak manfaat lain yang menyertainya.

15. Melancarkan peredaran darah

Berbagai gangguan kesehatan banyak disebabkan oleh tersumbatnya aliran darah sehingga berbagai sel, jaringan, dan organ tubuh tidak mendapat pasokan oksigen dan sari makanan yang cukup. Untuk itu anda dapat mengonsumsi wedang secang yang bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah sehingga aliran darah kembali normal dan tubuh terbebas dari berbagai gangguan atau penyakit.

Baca juga: manfaat terapi waki – manfaat ginkgo biloba

16. Pemulihan pasca melahirkan

Bagi ibu-ibu yang habis melahirkan wedang secang juga dapat menjadi pilihan untuk memulihkan kondisi tubuh. Dapat juga ditambahkan rempah-rempah atau bahan-bahan alam lainnya yang baik untuk kesehatan.

17. Menyegarkan dan menghangatkan tubuh

Bila tubuh terasa lemas, lelah, dan lesu sebaiknya anda mengonsumsi wedang secang karena minuman ini memiliki manfaat menyegarkan tubuh sekaligus menghangatkan sehingga tubuh segar dan bugar kembali.

Baca juga: manfaat air nira – manfaat tanaman obat

Selain manfaat-manfaat di atas ada sejumlah manfaat lain yang bisa kita rasakan dengan mengonsumsi wedang secang yaitu:

Manfaat Wedang Secang Lainmya :

  1. Menurunkan hipertensi
  2. Menghilangkan pegal linu
  3. Mengatasi perut kembung dan masuk angin
  4. Penawar racun
  5. Mengatasi diare
  6. Mengatasi disentri
  7. Mengatasi sifilis
  8. Mengatasi tetanus
  9. Mengatasi malaria
  10. Sebagai antiseptik
  11. Mengatasi batuk
  12. Antiinflamasi
  13. Membersihkan darah

Multimanfaat bukan? Dengan mengonsumsi minuman ini ada begitu banyak manfaat yang bisa kita rasakan. Anda juga dapat menambahkan bahan-bahan alami lainnya yang tidak kalah bermanfaat serta menambahkan sedikit gula ke dalam minuman ini untuk menambah citarasa.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Saturday 05th, August 2017 / 08:53 Oleh :
Kategori : Minuman