Sponsors Link
     Sponsors Link

7 Manfaat Vitamin K Bagi Tubuh – Bayi – Kesehatan

Sponsors Link

Untuk menjaga kesehatan dan fungsi-fungsi organnya, tubuh memerlukan asupan-asupan nutrisi dan mineral yang cukup setiap harinya. Semua asupan mineral dan nutrisi ini nantinya kan mengoptimalkan kinerja dari organ tubuh, agar dapat bekerja dengan baik, sesuai dengan fungsinya masing-masing. Salah satu jenis nutrisi yang penting bagi tubuh kita adalah asupan vitamin. Vitamin terkadang disepelekan dalam mencukupi asupan gizi tubuh, karena yang dianggap penting hanyalah karbohodrat, protein dan serat saja.

Padahal vitamin sangat penting, terutama dalam menjaga daya tahan tubuh. Salah satu jenis vitamin yang baik dan penting untuk kesehatan tubuh kita adalah Vitamin K.

Apa Itu Vitamin K ?

manfaat vitamin KVitamin K sendiri berasal dari kata Koagulations yang berasal dari bahasa Jerman dan Bahasa Denmark. Vitamin K ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita dan terkadang kita tidak menyadari manfaat dan pentingnya asupan vitamin K. Secara teoritis, asupan vitamin K yang baik untuk tubuh kita adalah sebanyak 2 mcg per 1 kg berat badan per harinya. Silahkan anda hitung sendiri berapa kebutuhan vitamin K harian anda, dan sesuaikan dengan konsumsi harian anda.

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, vitamin K sendiri memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Apa saja manfaat vitamin K bagi tubuh manusia? berikut ini adalah beberapa diantaranya :

1. Membantu proses pembekuan darah

Manfaat pertama dari vitamin K adalah mampu untuk membantu proses pembekuan darah. Proses pembekuan darah diperlukan oleh tubuh, terutama ketika mengalami luka, baik itu luka sayatan, luka terjatuh ataupun luka bekas operasi. Kita mengetahui, bahwa ada zat besi, yang dapat mempercepat penyembuhan luka, namun demikian, vitamin K juga memiliki peran yang tak kalah penting dalam melakukan proses pembekuan darah.

Vitamin K ini juga baik untuk penederita hemophilia, karena juga dapat membantu proses pembekuan darah.

2. Mencegah osteoporosis

Osteoporosis merupakan suatu kondisi dimana struktur tlang mulai mengalami pengeroposan, yang disebabkan oleh kurangnya kandungan mineral untuk membantu menguatkan tulang. Kandungan kalsium dan fosfor mampu mencegah osteoporosis. Namun demikian vitamin K ternyata mampu untuk membantu mempercepat dan mengoptimalkan penyerapan kalsium dan fosfor, sehingga dapat mencegah munculnya penyakit osteoporosis.

3. Menjaga kekuatan tulang

Manfaat lainnya, masih dari organ tulang, vitamin K mampu untuk menjaga kekuatan tulang tubuh anda. hal ini berkaitan dengan rendahnya resiko anda dalam mengalami gangguan-gangguan kerusakan tulang, seperti osteoporosis. Selain itu, dengan terjaganya kekuatan tulang, maka anda akan dapat melakukan aktivitas dengan lebih baik dan optimal.

4. Membantu pertumbuhan tulang

Manfaat vitamin K pada bayi dapat membantu proses pertumbuhan tulang. Dengan fungsinya yang dapat membantu penyerapan mineral terutama pada bagian tulang, maka vitamin K sangat penting tercukpi asupan dosis hariannya. Terutama bagi anak-anak yang masih berada pada masa pertumbuhan, untuk mengoptimalkan pertumbuhan dari tulang, serta dapat menambah tinggi badan.

5. Mencegah munculnya diabetes

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa vitamin K memiliki manfaat yang baik untuk mencegah munclnya penyakit diabetes pada diri anda dan keluarga. Hal ini dibuktikan dengan adanya fakta bahwa vitamin K dapat membentuk suatu sistem perlawanan terhadap resistensi insulin. Resistensi terhadap insulin saat ini diketahui merupakan salah satu penyebab munculnya diabetes pada seseorang.

Selain itu, Vitamin K juga dapat membantu mempercepat dan mengoptimalkan metabolisme yang terjadi di dalam tubuh. Hal ini dapat mencegah munculnya resistensi insulin, yang merupakan penyebab munculnya diabetes.

6. Mencegah Pendarahan pada hati

Bagi anda yang sering menggunakan aspirin, antibiotik dan obat penenang secara berlebihan, berhati-hatilah. Hal tersebut dapat menyebabkan munculnya pendarahan pada hati atau liver anda. pendarah pada hati akan menyebabkan fungsi dari hati menjadi tidak optimal dan berbahaya bagi kesehatan. Namun demikian, manfaat vitamin K dapat mencegah pendarahan tersebut. Sifat alami vitamin K yang mampu mencegah pendarahan dengan cara mempercepat dan mengoptimalkan proses pembekuan darah pada tubuh kita.

7. Mencegah munculnya penyakit kanker

Vitamin K juga memiliiki manfaat yang baik dalam hal pencegahan penyakit kanker. Kanker merupakan salah satu jenis penyakit kronis yang berbahaya, dan beberapa diantaranya mematikan. Nah, vitamin K ini mampu untuk memperlambat proses perkembangan dari sel kanker di dalam tubuh. Dengan lebih lambatnya proses perkembangan kanker, maka kanker tidak akan cepat menyebar, dan lebih cepat untuk ditangani.

sponsored links


Seperti sudah disebutkan sebelumnya, dosis harian vitamin K pada manusia adalah 2 mcg per 1 kg berat badan. Itu artinya, setiap harinya anda harus mengkonsumsi paling tidak 1 mcg vitamin K per 1 kg berat badan anda. Untuk memperoleh asupan vitamin K yang cukup, ada beberapa cara yang mudah, yaitu dengan mengkonsumsi :

  • Suplemen vitamin K atau suplemen multivitamin
  • Kedelai
  • Hati
  • Asparagus
  • Kol
  • Brokoli


Apa yang terjadi apabila kekurangan asupan vitamin K?

Seringkali terjadi, kita tidak menyadari apakah asupan vitamin K untuk tubuh kita dalam sehari sudah cukup atau tidak. Apabila ternyata asupan vitamin K anda dalam sehari mengalami kekurangan, maka akan muncul beberapa gejala sebagai berikut :

  1. Ketidaknormalan dalam proses pembekuan darah
  2. Proses penyerapan mineral, terutama pada bagian tulang yang tidak optimal

Apa yang terjadi apabila kelebihan asupan vitamin K?

Selain mengalami kekurangan asupan vitamin K dalam sehari, terkadang tubuh juga dapat mengalami kondisi dimana asupan vitamin K mengalami kelebihan. Berikut ini adalah gejala-gejala yang dapat muncul ketika anda mengalami kelebihan vitamin K :

  1. Mual
  2. Muntah
  3. Anemia, atau kekurangan darah
  4. Diare
  5. Ruam pada bagian kulit


Itulah beberapa manfaat Vitamin K untuk kesehatan kita, beserta efek buruk apabila mengalami kekurangan ataupun kelebihan vitamin K. Selalu jaga asupan nutrisi anda, agar tubuh anda tetap sehat dan bugar, tanpa adanya masalah kesehatan yang berbahaya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 04th, June 2015 / 08:35 Oleh :
Kategori : Nutrisi