Sponsors Link

9 Manfaat Tumbuhan Bagi Manusia – Hewan – Lingkungan

Sponsors Link

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa tumbuhan memiliki peran yang sangat penting bagi kehidupan di muka bumi ini. pernahkah anda membayangkan bagaimana jadinya bila tidak ada tumbuhan di dunia ini? Tentu saja menjadi hal yang mengerikan bukan? Nah, dalam artikel ini akan dibahas mengenai kegunaan tumbuhan bagi manusia dan makhluk hidup lainnya. Isu sentral saat ini yang berkaitan dengan pemanasan global juga salah satunya menjadi alasan mengapa tumbuhan itu sangat penting keberadaannya di dunia ini.

ads

Berikut ini akan dipaparkan lebih detail mengenai manfaat tumbuhan bagi manusia dan makhluk hidup di bumi ini, selengkapnya simak berikut ini :

1. Tumbuhan Memberikan Pembersih Udara

Tumbuhan mampu membantu menyerap gas karbondioksida serta berbagai polusi di udara. Selain itu tumbuhan merupakan produsen dari oksigen sehingga mampu memberikan manfaat oksigen ke udara sehingga udara menjadi lebih bersih. Apalagi saat ini polusi di udara sudah sangat mengkhawatirkan seperti polusi dari berbagai pabrik, kendaraan bermotor, asap rokok, gas jahat seperti nitrogen, ammonia, karbondioksida, ozon, sulfur dioksida dan lainnya. Pohon yang memiliki banyak dahan dan ranting juga bisa menyaring debu dan kotoran yang ada di udara.

2. Tumbuhan Menyejukkan Udara

Salah satu manfaat dari adanya tumbuhan adalah bisa menyejukan udara. Menurut penelitian menunjukkan bahwa daerah yang memiliki cuaca sangat panas jika ditanami tumbuhan akan menjadi sejuk secara bertahap. Hal ini membuat daerah menjadi lebih sejuk. Hal ini masih berkaitan dengan oksigen yang dihasilkan oleh tumbuhan sendiri sebagai hasil dari fotosintesis. Udara yang terkontaminasi oleh polusi akan digantikan dengan udara segar ketika menyentuh daun.

3. Menjadi Sumber Bahan Pangan

Salah satu manfaat utama dari tumbuhan adalah sebagai sumber bahan pangan bagi manusia dan hewan. Tumbuhan merupakan sumber manfaat karbohidrat, manfaat protein, vitamin, serat, lemak serta senyawa lainnya yang sangat berguna bagi kehidupan manusia dan hewan. Berbagai zat yang ada di dalam tumbuhan mampu memberikan energi dan berbagai asupan gizi serta nutrisi untuk membuat tubuh manusia tetap sehat dan bugar. Namun perlu diperhatikan lagi ya bahwa tidak semua tumbuhan itu mengandung nutrisi yang baik karena ada beberapa jenis tumbuhan yang bahkan beracun dan sangat berbahaya jika dikonsumsi oleh manusia.

Tumbuhan memiliki beberapa bagian yang dapat digunakan sebagai bahan pangan diantaranya adalah daun, batang dan akar, buah dan bunganya. Tumbuhan kelapa merupakan salah satu tumbuhan yang bisa dimanfaat semua bagian tubuhnya dan buahnya sangat bermanfaat bagi tubuh manusia.

4. Melindungi dari Sinar Matahari

Salah satu manfaat dari tumbuhan yang sangat berguna bagi manusia adalah sebagai tempat berteduh dari teriknya panas matahari dan di kala hujan melanda. Seperti yang telah diketahui bersama jika terkena sinar matahari dan air hujan dalam kadar yang cukup tinggi maka akan membuat badan menjadi tidak sehat. Pohon-pohon rindang juga sangat berguna sebagai tempat berteduh.

5. Sebagai Bahan Material Bangunan

Tumbuhan bisa digunakan sebagai bahan bangunan yang diambil dari kayu. ada beberapa jenis kayu yang saat ini sangat kuat dan bisa digunakan untuk membuat bangunan diantaranya adalah manfaat kayu jati, kayu mahoni, sengon, albasia dan lainnya. selain sebagai bahan bangunan kayu juga bisa digunakan sebagai berbagai perabotan seperti meja, kursi, lemari, dan lainnya.

6. Sebagai Penambah Nilai Estetika

Manfaat tumbuhan bagi lingkungan bisa digunakan adalah dengan penambah nilai estetika jika, digunakan sebagai tanaman hias. Saat ini sudah banyak jenis tumbuhan yang memiliki bunga indah dengan warna yang menawan sehingga membuat orang yang memandangnya menjadi lebih betah.

7. Sebagai Bahan Pakaian

Tahukah anda bahwa pakaian yang selama ini kita pakai adalah hasil dari tumbuhan? Ya, tumbuhan memang bisa menghasilkan bahan baku kain yaitu benang. Setidaknya terdapat beberapa jenis tumbuhan yang bisa dimanfaatkan untuk menjadikan sebagai kain diantaranya adalah :

ads
  • Kapas – menghasilkan serat kapas yang lebih dikenal sebagai katun. Kain katun ini sangat banyak digunakan oleh orang. Bahkan mungkin menjadi yang paling disukai karena kain katun ini ketika musim dingin bisa menghangatkan sedangkan ketika musim panas bisa membantu menyerap keringat. (Baca juga : manfaat serat kapas)
  • Rami – merupakan tumbuhan yang menghasilkan kain linen. Kain linen merupakan kain yang memiliki tekstur agak kasar dan tebal sangat cocok untuk digunakan membuat handuk, kain pel, baju hangat dan lainnya. namun kain jenis ini sangat mudah mengkerut.
  • Pisang abaka – jenis tumbuhan pisang ini memiliki buah yang tidak enak di makan karena rasanya yang terlalu sepat. Namun serat dari batang pohon pisang abaka ini mampu menghasikan serat kain yang kuat dan tahan lama. Saat ini sudah ada berbagai daerah yang menghasilkan jenis kain ini diantaranya seperti beberapa daerah di Sulawesi. (Baca juga : manfaat pisang ambonmanfaat pisang bagi kesehatan)

8. Sebagai Obat-obatan

Beberapa jenis tumbuhan dapat dimanfaatkan sebagai obat baik dicampur dengan bahan kimia maupun dikonsumsi secara herbal. Namun saat ini sudah banyak orang yang lebih memilih menggunakan tanaman sebagai obat herbal karena lebih aman dan tidak menimbulkan efek samping. Beberapa bagian dari tumbuhan yang bisa digunakan sebagai obat, diantaranya adalah :

9. Sebagai Bahan Baku Industri

Saat ini juga banya produk industri yang menggunakan bahan baku dari tumbuhan, diantaranya adalah berikut ini :

  • Tanaman karet – karet bisa digunakan menjadi bahan baku industri pembuat ban yang diambil dari bahan lateks. Lateks merupakan getah yang dihasilkan dari manfaat pohon karet, yang diambil dengan cara menyayat pohon hingga keluar getahnya.
  • Getah pinus – bukan hanya getah dari tanaman karet saja lho yang bisa digunakan sebagai bahan industri namun juga getah pinus. Getah pinus ini bisa dimanfaatkan sebagai pelunak plester dan beberapa campuran untuk pembuat perban, lem bulu mata, perona wajah, tinta dan cat serta produk lainnya.
  • Kelapa sawit – manfaat kelapa sawit bisa digunakan untuk membuat minyak sayur dari kelapa sawit. Industri ini sangat besar dan sudah menjadi industri nasional.
  • Kopi – kopi merupakan minuman yang dibuat dari ekstrak biji kopi yang telah diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan minuman yang sangat khas.
  • Teh – saudara dari kopi ini juga menjadi salah satu industri yang sangat strategis dalam industri.

Demikian informasi mengenai manfaat tumbuhan bagi hewan, manusia dan lingkungan hidup lainnya sangat penting keberadaannya. Oleh karena itu kita sebagai manusia jangan sampai merusak tumbuhan demi kenyamanan dan kemanan kita sendiri. Tanpa adanya tumbuhan akan terjadi berbagai bencana di muka bumi ini karena salah satu manfaat dari tumbuhan adalah untuk menyerap air di dalam tanah sehingga menjadikan tanah lebih kuat. Sekian informasi kali dan terima kasih.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Thursday 21st, January 2016 / 05:15 Oleh :
Kategori : Tumbuhan