7 Manfaat Menanam Pohon di Lingkungan Sekolah Paling Berguna

Sekolah merupakan tempat terjadinya proses belajar mengajar, sehingga lingkungan yang baik sangat diperlukan agar prosesnya berjalan dengan lancar dan kondusif. Tidak hanya lingkungan yang sosial namun juga lingkungan hidup di sekitar sekolah.

Lingkungan sekolah yang asri tidak hanya sekedar membuat suasana sekolah menjadi sejuk karena banyaknya tanaman atau pohon di sekitarnya. Namun lingkungan yang asri juga menjadi salah satu hal yang bisa meningkatkan manfaat lingkungan sekolah untuk pembelajaran juga dapat memberikan manfaat lain yang tidak kalah penting. Nah, pada artikel kali ini akan dibahas lebih lanjut mengenai apa saja manfaat menanam pohon di lingkungan sekolah. Simak pembahasannya di bawah ini ya.

1. Mempercantik lingkungan sekolah

Banyaknya jenis pohon atau tanaman yang ada di lingkungan sekolah, bisa membuat sekolah menjadi enak dipandang mata. Misalnya dengan menanam jenis tanaman bunga atau tanaman hias yang ditanam di pot atau ditanam di taman sekolah.

2. Meneduhkan lingkungan sekolah

Adanya pepohonan yang tumbuh di lingkungan sekolah tentunya akan membuat lingkungan menjadi lebih rindang dan memberikan manfaat penghijauan bagi lingkungan manusia. Apalagi jenis pohon yang ditanam adalah jenis pohon peneduh, yang mana dapat membuat lingkungan sekolah menjadi lebih teduh dan tampak lebih asri.

3. Menjadi objek atau media belajar

Pohon yang ditanam di sekolah juga dapat dijadikan media belajar maupun objek penelitian siswa. Misalnya untuk praktek pelajaran yang mempelajari struktur tumbuhan, mempelajari tentang manfaat tanaman apotik hidup untuk kesehatan dan lingkungan, dan lain sebagainya.

4. Meningkatkan konsentrasi belajar

Manfaat menanam pohon di lingkungan sekolah juga dapat membantu agar proses belajar mengajar lebih kondusif, juga dapat meningkatkan konsentrasi siswa. Pohon seperti pohon peneduh bisa mengurangi polusi dan turut meredam kebisingan yang mengganggu, yang mana bisa menyebabkan konsentrasi buyar dan membuat tubuh lelah.

5. Memberikan suplai oksigen

Banyaknya pohon yang ditanam di lingkungan sekolah tentunya bisa memproduksi oksigen, yang akan membuat kualitas udara di lingkungan sekolah lebih baik dan lebih sejuk. Di samping hawa sejuknya bisa membuat semangat untuk beraktivitas, manfaat oksigen bagi manusia juga dapat membuat belajar menjadi lebih fokus.

6. Menyegarkan tubuh dan pikiran

Lingkungan yang asri dan hijau dipercaya dapat meredakan stress yang dialami seseorang. Kegiatan sekolah yang padat tentunya bisa membuat badah kuyu karena kelelahan dan bisa membuat stress. Sehingga dengan banyaknya pepohonan di sekolah, bisa mengurangi stress dan membuat tubuh dan pikiran lebih segar.

7. Memberikan suasana nyaman di sekolah

Penanaman pohon di lingkungan sekolah menjadi salah satu program penghijauan yang sangat direkomendasikan, karena bisa menciptakan kesan lingkungan sekolah yang lestari dan nyaman digunakan untuk beraktivitas. Hal ini tentunya akan bermanfaat langsung baik bagi guru, karyawan ataupun siswa yang menghabiskan waktu sehari-harinya di sekolah.

Jadi intinya, manfaat menanam pohon dan manfaat taman bunga untuk lingkungan sekolah tidak hanya bisa membuat lebih asri dan sejuk. Namun secara tidak langsung juga dapat membuat proses belajar mengajar lebih efektif dan manfaat lainnya. Agar lingkungan sekolah semakin bersih dan semakin bermanfaat untuk masyarakat sekolah, sebaiknya juga diimbangi dengan hal hal seperti pengelolaan sampah yang baik, kebersihan lingkungan dan kelas, dan lain sebagainya. Demikian pembahasan mengenai berbagai manfaat menanam pohon di lingkungan sekolah. Semoga bermanfaat.

,
Oleh :
Kategori : Tumbuhan