Manfaat Hewan Bagi Tumbuhan Dalam Pembuahan dan Berkembangbiak

Umumnya, para tukang kebun, petani dan orang yang hobi menanam menganggap beberapa jenis hewan seperti ulat, tikus, ular, belalang dan beberapa hewan lainnya sebagai hama sebab bisa merusak tanaman. Namun pada kenyataannya, beberapa jenis hewan ternyata sangat dibutuhkan bagi tanaman untuk kelangsungan hidup tanaman tersebut sama seperti hewan dan manusia yang bergantung pada tanaman. Di kebun, persawahan atau hutan, ada beberapa manfaat hewan bagi tumbuhan yang sangat penting untuk diketahui seperti ulasan yang akan kami berikan berikut ini.

  1. Membantu Dalam Proses Penyerbukan

Tumbuhan dan juga hewan sebenarnya saling bergantung antara satu dengan yang lain agar bisa bertahan hidup di semua habitat bumi. Hewan bergantung pada tanaman karena tumbuhan akan melepaskan oksigen ke atmosfer dimana ada lebih dari 20 manfaat oksigen bagi manusia serta hewan sekaligus menyediakan tempat tinggal dan juga habitat untuk hewan. Beberapa jenis hewan juga memakan tumbuhan seperti hewan herbivora dan beberapa hewan lain yakni hewan karnivora akan memakan hewan yang memakan tumbuhan tersebut. Meski begitu, tumbuhan juga membutuhkan hewan dalam proses penyerbukan, perbanyakan dan juga pemupukan yang bisa dilakukan oleh beberapa hewan seperti kupu kupu, lebah dan burung yang membantu penyerbukan dan perbanyakan serta cacing dan bangkai hewan yang membusuk juga bisa menyuburkan tanah tempat berbagai tanaman tersebut tumbuh dengan subur.

Proses penyerbukan sangat penting bagi tanaman agar bisa menghasilkan benih yang baru. Lebah, kupu kupu dan juga serangga yang hinggap pada satu bunga ke bunga yang lain nantinya akan membuat serbuk sari dan benang sari bunga menempel dan dipindahkan ke tanaman yang lain di area lengket yang ada di atas putik.

  1. Membantu Proses Perambatan

Cara lain yang membuat hewan juga sangat penting bagi tumbuhan adalah untuk menyebarkan biji tanaman ke wilayah yang baru sebab tanaman sendiri tidak bisa menyebarkan benihnya secara mandiri sehingga butuh campur tangan dari beberapa jenis hewan. Pada saat hewan memakan tanaman dan menelan biji tanaman tersebut, maka biji akan bergerak di sistem pencernaan hewan serta akan dikeluarkan bersama kotoran pada area yang baru. Beberapa tanaman yang menghasilkan biji lengket atau berduri juga bisa menempel pada bulu hewan yang kemudian jatuh ke area lain sehingga bisa menghasilkan tanaman yang baru dan manfaat tumbuhan bisa digunakan lagi oleh hewan.

  1. Membantu Proses Pemupukan

Seperti yang kita ketahui jika kotoran hewan sudah banyak digunakan sebagai pupuk selama berabad abad yang lalu selain banyak juga manfaat sumber daya alam hewani lainnya. Kotoran hewan herbivora seperti kuda, sapi, kambing dan unggas bisa menambah bahan organik, nutrisi dan juga mikroba ke tanah. Nantinya tanaman bisa menggunakan nutrisi tersebut seperti nitrogen agar bisa tumbuh serta menghasilkan buah dan biji. Mikroba tanah ini sangatlah penting untuk melawan penyakit berbahaya yang bisa menyerang tanaman sekaligus membersihkan kontaminan dari tanah tempat berbagai jenis tanaman tumbuh.

  1. Merangsang Pertumbuhan Tanaman

Hewan yang sudah tua pastinya nanti akan mati. Ketika hewan tersebut mati, maka nantinya akan terurai dan bercampur dengan tanah yang membuat tanah tersebut semakin subur karena mengandung banyak mineral, vitamin dan enzim penting yang dibutuhkan oleh tanaman agar bisa terus tumbuh dan berkembang biak selain banyak juga manfaat hewan bagi manusia. Nantinya, tanah yang kaya akan nitrat akibat penguraian bangkai hewan tersebut bisa merangsang pertumbuhan tanaman semakin baik.

  1. Membantu Proses Fotosintesis

Ketika tanaman berfotosintesis, maka tanaman membutuhkan karbondioksida yang bisa didapat dari hewan termasuk juga manusia. Dengan karbon dioksida tersebut, tanaman bisa berfotosintesis yang hasilnya juga bisa dirasakan kembali oleh hewan dan manusia untuk respirasi karena proses fotosintesis tanaman akan menghasilkan oksigen yang sangat penting bagi kelangsungan hidup hewan serta manusia seperti manfaat energi matahari bagi hewan yang juga tidak kalah penting.

, , ,
Oleh :
Kategori : Hewan