6 Manfaat Timun Suri untuk Ibu Hamil Muda dan Hamil Tua

Kehamilan merupakan salah satu fase yang cukup berat sekaligus sangat didambakan oleh para wanita. Betapa tidak karena pada saat itu mereka merasakan secara langsung pertumbuhan janin di dalam perut hingga nantinya melahirkan. Mereka merasakan berbagai keluhan mulai dari rasa mual, sakit pinggang, hingga posisi tidur yang serba salah. Namun semuanya terbayarkan saat melihat anak lahir dengan sehat dan selamat. Agar janin yang dikandungnya berkembang dengan baik dan sehat maka ibu hamil harus mendapatkan asupan makanan yang cukup baik dari segi jumlah maupun nutrisinya. Oleh karena itu ibu hamil sangat dianjurkan mengonsumsi makanan-makanan sehat, sayuran, buah, serta susu sehingga semua kebutuhan nutrisinya terpenuhi.

Baca juga:

Beragam jenis buah mengandung vitamin dan mineral yang sangat baik bagi kesehatan terutama bagi ibu hamil. Salah satu jenis buah yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil adalah timun suri. Sebagian dari kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan buah yang kerap dijadikan santapan berbuka ini karena rasanya yang manis dan menyegarkan serta daging buah yang renyah dan harum. Meskipun dinamai timun suri buah ini sangat berbeda dengan timun atau mentimun baik dari segi warna maupun daging buahnya. Memang bentuknya bulat memanjang seperti mentimun namun buah yang kerap disebut timun betik atau barteh ini ukurannya lebih besar, kulitnya berwarna kuning, dan ukuran bijinya lebih mirip buah melon atau blewah. Dan dari segi pengelompokkan pun dimasukkan dalam suku labu-labuan.

Baca juga: manfaat timun suri – 11 manfaat buah blewah untuk kesehatan

Timun Suri untuk Ibu Hamil

Timun suri sangat baik bagi kesehatan pada umumnya serta untuk ibu hamil. Buah ini mengandung berbagai nutrisi penting yang sangat baik bagi kesehatan seperti asam linoleat, fruktosa, magnesium, glukosa, potasium, saponin, kalium, vitamin A, C, B1, B6, D, serta serat. Dengan berbagai kandungan nutrisi tersebut manfaat timun suri untuk ibu hamil yang mengonsumsi akan mendapatkan zat berukut ini :

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Penting bagi ibu hamil memiliki kekebalan tubuh yang baik sehingga ia tidak mudah terinfeksi penyakit yang tidak hanya berbahaya bagi dirinya namun juga bagi janin yang dikandung. Jika sudah terinfeksi penyakit sedikit banyak tentu berpengaruh pada janin, apalagi jika harus mengonsumbi obat-obatan. Untuk ibu para ibu yang sedang hamil dianjurkan untuk banyak mengonsumsi buah dan sayur salah satunya buah timun suri sehingga tubuhnya lebih kebal terhadap serangan berbagai kuman penyakit.

Baca juga: manfaat madu – manfaat olahraga

2. Melancarkan pencernaan

Ibu hamil juga perlu memiliki pencernaan yang lancar sehingga berbagai manfaat dari makanan yang ia konsumsi dapat diserap secara maksimal dan kebutuhan nutrisinya terpenuhi dengan baik. Untuk itu baik sekali bagi ibu hamil untuk mengonsumsi timun suri karena dapat melancarakan pencernaannya.

Baca juga: manfaat yakult – manfaat remayung

3. Meningkatkan kecerdasan janin

Mengonsumsi timun suri dikenal dapat meningkatkan daya ingat dan kecerdasan. Hal ini berlaku pula pada janin yang sedang dikandung. Jika ingin anak anda nantinya cerdas dan memiliki daya ingat yang baik maka jangan malas untuk mengonsumsi buah ini saat hamil.

Baca juga: manfaat asam folat – manfaat pakcoy


4. Mengontrol tekanan darah

Tekanan darah yang terlalu rendah atau terlalu tinggi tidak baik bagi ibu hamil. Sebaiknya ibu hamil memiliki tekanan darah normal sehingga baik proses kehamilan maupun persalinannya berjalan dengan lancar. Timun suri dapat menjadi makanan pilihan bagi ibu hamil yang sangat bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah agar selalu stabil.

Baca juga: manfaat buah okra – manfaat buah naga bagi penderita darah tinggi

5. Menangkal radikal bebas

Timun suri mengandung antioksidan sehingga dapat membantu tubuh dalam menangkal radikal bebas yang terdapat di dalam tubuh. Seperti diketahui radikal bebas turut berperan dalam berbagai gangguan kesehatan yang sifatnya kronis seperti kanker, penurunan fungsi ginjal, dan serangan jantung.

Baca juga: manfaat buah cupuacu – 10 manfaat senyawa flavonoid kesehatan tubuh

6. Mencegah penuaan dini

Manfaat lain dari konsumsi timun suri adalah untuk mencegah penuaan dini yang tentu tidak diharapkan oleh setiap wanita. Agar tubuh anda tidak menua terlalu cepat yang dapat dilihat dari timbulnya kerutan di wajah maka konsumsi makanan yang memiliki kandungan antioksidan merupakan salah satu langkah tepat.

Baca juga: manfaat air kelapa – 10 manfaat buah semangka bagi kecantikan dan kesehatan

Tips Memilih Timun Suri

Ketika membeli buah-buahan, termasuk timun suri, tentu anda menginginkan buah yang matang dan manis. Keliru memilih buah dapat menyebabkan anda mendapatkan timun suri yang belum matang sempurna sehingga rasanya masih tawar dan daging buahnya keras. Untuk itu ada beberapa tips memilih timun suri sehingga anda mendapatkan timun suri yang matang sempurna dan rasanya manis:

1. Pilih timun suri yang kulitnya retak.

Kulit yang retak menandakan bahwa daging buah telah matang dan membesar secara alami sehingga kulitnya menjadi retak.

2. Kenali aromanya

Timun suri yang telah matang juga dapat dikenali dari aromanya yang manis dan segar. Namun anda harus berhati-hari dengan aroma manis yang berlebihan yang mungkin saja disebabkan oleh proses pematangan buatan.

3. Rasakan teksturnya

Timun suri yang telah matang memiliki tekstur yang empuk namun tidak lembek. Tekstur buah yang terlalu lembek menandakan buah sudah terlalu matang bahkan mulai membusuk.

4. Jangan berpatokan warna pada kulitnya saja

Umumnya timun suri yang telah matang berwarna kuning. Namun ada juga yang berwarna hijau sehingga hal ini tidak bisa menjadi patokan. Tetap perhatikan retakan pada kulitnya, aroma, dan teksturnya. Jika ketiganya menandakan buah sudah matang meskipun warna kulitnya masih hijau maka kemungkinan besar timun suri tersebut memang benar-benar telah matang sempurna sehingga layak anda beli.

Baca juga:

Itulah diantara manfaat dan tips memilih timun suri sehingga anda bisa mendapatkan manfaat maksimal dari buah ini terutama bagi ibu hamil. Buah ini dapat menjadi alternatif menu bagi ibu hamil agar tidak bosan mengonsumsi buah yang itu-itu saja. Semakin beragam buahnya semakin beragam pula nutrisinya yang didapat dan terhindar dari rasa bosan.

, ,
Post Date: Thursday 10th, August 2017 / 16:32 Oleh :
Kategori : Buah Buahan