Sponsors Link

7 Manfaat Teh Hijau Thailand Bagi Kesehatan Tubuh

Sponsors Link

Teh hijau merupakan teh yang dalam proses pembuatannya tidak dilakukan secara fermentasi. Kemudian pada metode pemanasan teh hijau dilakukan dengan dua metode yaitu dengan cara disangrai atau dengan pengeringan dengan udara dan pemanasan basah menggunakan uap atau dengan cara di steam. Penamaan teh hijau sendiri karena setelah proses pemetikan langsung mengalami pemanasan sehingga daun menjadi layu, lalu ketika diseduh akan menghasilkan warna yang tetap sama yaitu hijau.

ads

Dewasa ini, tidak hanya Indonesia saja yang dikenal sebagai produsen teh berkualitas, melainkan juga Thailand. Hal ini dikarenakan perdagangan pasar global secara pesat mulai masuk ke Indonesia dan menarik perhatian konsumen yang cukup banyak karena manfaat khas yang terkandung dalam teh hijau Thailand. Teh hijau Thailand pada dasarnya seperti kebanyakan teh hijau biasa, namun karena tanaman teh hijau ini ditanam di tanah Thailand yang berbeda dengan tanah Indonesia sehingga memberikan ciri khas berupa aroma dan kekentalan yang berbeda.

Inilah manfaat teh hijau Thailand yang akan terasa bagi tubuh jika dikonsumsi secara rutin dan sesuai kadar yang dibutuhkan, antara lain:

1. Melawan timbulnya kanker

Hasil riset membuktikan bahwa sebanyak 472 wanita yang mengalami serangan kanker payudara pada stadium awal dapat dihentikan penyebarannya. Ternyata para wanita yang terkena kanker payudara tersebut secara rutin meminum teh hijau sebanyak lima cangkir setiap hari. Dalam studi mengenai manfaat teh hijau untuk dapat dijadikan sebagai obat pencegah kanker masih dalam penelitian tahap awal, tetapi didapatkan hasil yang menjanjikan terkait hal tersebut. Hal ini disebabkan adanya polifenol yang terkandung dalam teh hijau yang mampu memberikan bantuan dalam melawan sel-sel kanker yang akan tumbuh dalam tubuh dan dapat pula menghentikan penyebaran sel-sel kanker dalam tubuh.

artikel terkait: manfaat singkong – manfaat bawang putih bagi kesehatan kulit teruji – manfaat buah naga

2. Meredakan alergi dalam tubuh

Salah satu alergi dalam tubuh yang dapat diredakan dengan bantuan konsumsi teh hijau adalah sinusitis. Sinusitis dapat mengganggu pernapasan dalam tubuh seseorang. Cara agar meredakan gangguan tersebut dapat dilakukan dengan mengonsumsi beberapa cangkir teh hijau sesuai kebutuhan dalam sehari. Kandungan flavonoid dalam teh hijau ini yang berperan dalam tubuh dengan melindungi tubuh dari peradangan.

artikel terkait: manfaat air kelapa hijau bagi kesehatan – manfaat brotowali untuk obat tradisional dan kesehatan – manfaat daun sukun kering

3. Mencegah asma

Untuk mencegah asma dapat dilakukan dengan mengonsumsi dua cangkir teh hijau dalam sehari. Adanya kandungan kimia dalam teh hijau, yaitu antioksidan quercetin yang berfungsi menghambat pelepasan zat inflamasi dalam sel mast yang ada dalam tubuh. Sel tersebut merupakan sel yang berhubungan dengan respon alergi yang ada dalam tubuh.

artikel terkait: manfaat semut jepang untuk asma – manfaat semangka – manfaat pisang bagi kesehatan dan pengobatan penyakit

ads

4. Antioksidan yang tinggi

Teh hijau dikatakan sebagai antioksidan yang tinggi karena ada sebuah penelitian yang dilakukan oleh Tufts University menyatakan bahwa teh hijau merupakan tanaman yang memiliki kandungan antioksidan yang paling tinggi daintara 22 jenis sayuran yang memiliki antioksidan yang tinggi. Dimana antioksidan memiliki peran dalam menetralkan dan menghilangkan radikal bebas yang menyerang tubuh terhadap aliran darah yang dapat membahayakan dan dapat pula menimbulkan penyakit dalam tubuh manusia.

artikel terkait: sumber antioksidan – manfaat antioksidan – manfaat buah melon – manfaat belimbing – manfaat cokelat

5. Menghilangkan stres

Hal ini dibuktikan oleh para peneliti dari Tohoku University Graduate School of Medicine, Sendai, Jepang yang menyatakan bahwa teh hijau memiliki kandungan kafein yang lebih rendah dibandingkan jenis teh yang lain sehingga dapat dikonsumsi lima cangkir sehari dalam rangka membantu menghilangkan stres sehingga membuat tubuh menjadi lebih tenang dan lebih rileks.

artikel terkait: manfaat berenang – manfaat air putihmanfaat minum air hangat bagi kesehatan

6. Menghilangkan pembengkakan pada mata

Ahli herbal mengatakan bahwa teh hijau dapat mengecilkan mata yang bengkak. Hal ini disebabkan teh hijau bermanfaat dalam merelaksasikan jaringan di sekitar mata sehingga tidak mengalami ketegangan yang mengakibatkan daerah sekitar mata mengalami pembengkakan. Selain dapat mengecilkan bengkak pada mata, teh hijau dapat pula menghilangkan lingkar hitam pada mata atau yang sering disebut dengan mata panda.

artikel terkait: manfaat tomat untuk matamanfaat es batu untuk kulit wajahmanfaat es batumanfaat kentang

7. Mencegah infeksi pada saluran kemih

Infeksi pada saluran kemih dapat terjadi akibat peradangan yang terjadi dalam saluran kemih. Untuk mencegah peradangan tersebut, dapat diatasi dengan mengonsumsi 2-3 cangkir teh hijau dalam setiap hari yang nantinya dapat membersihkan saluran kemih. Pembersihan dalam kandung kemih ini dapat terjadi karena di dalam teh hijau terdapat antioksidan yang membantu mengurangi peradangan pada saluran kemih.

artikel terkait: manfaat probiotikmanfaat kapulaga untuk kesehatanmanfaat lemon

Begitulah manfaat dari mengonsumsi teh hijau Thailand yang dapat memberikan dampak positif bagi tubuh yaitu tubuh akan sehat. Hal ini akan lebih mudah dicapai jika diimbangi dengan olahraga dan pola hidup yang sehat.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Thursday 28th, April 2016 / 06:54 Oleh :
Kategori : Minuman