13 Manfaat Buah Arbei Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Buah arbei atau yang biasanya juga disebut dengan buah berry, adalah buah yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Di Indonesia sendiri, buah arbei cukup mudah untuk ditemukan karena buah ini dapat tumbuh dengan baik walaupun tumbuh di iklim tropis seperti Indonesia. Bahkan, pengembakbiakan buah arbei ini terbilang sangat gampang dan sederhana. Selain tidak memerlukan lahan yang luas, buah arbei juga dapat ditanam di pot besar.

Walaupun mudah dalam dikembangkan, hal ini tidak mempengaruhi sensasi buah arbei itu sendiri. Selain rasanya enak, agak asam dan segar, buah ini juga memiliki warna merah atau kehitaman sesuai dengan varietasnya.

Manfaat buah arbeiKandungan Buah Arbei

Banyak komposisi nutrisi yang dikandung oleh manfaat buah arbei ini. Berdasarkan Daftar Komposisi Bahan Makanan (DKBM), dalam 100 gr buah arbei terkandung :

  • energi 37 kkal
  • protein 0,8 gr
  • lemak 0,5 mg
  • karbohidrat 8,3 gr
  • asam folat 30 mcg
  • kalsium 28 mg
  • fosfor 27 mg
  • vitamin A 60 SI (Satuan Internasional)
  • vitamin B1 0,003 mg
  • air 89,9 gr

Kandungan buah arbei yang bervariasi ini, membawa banyak manfaat diantaranya :

1. Mengobati Sariawan

Arbei merupakan sumber vitamin dan mineral yang mampu menghasilkan sumber tenaga. Sumber vitamin yang ada pada buah arbei adalah manfaat vitamin C dengan kadar 60 mg. Jumlah ini setara dengan kebutuhan harian vitamin C, sehingga penyakit yang membutuhkan penyembuhan seperti sariawan pun dapat terobati.

Caranya sendiri cukup mudah, yakni hanya dengan mengkonsumsi buah arbei tersebut sebanyak 10 gr yang sebelumnya telah dicuci terlebih dahulu.

2. Melawan Kanker

Kandungan karotenoid yang terdapat dalam buah arbei merupakan manfaat antioksidan, ternyata dapat mengurangi risiko penyakit kanker. Selain itu, kandungan ini juga mampu mencegah atau mengganggu proses yang dapat mengarah ke pembentukan sel-sel kanker. Bagi yang mengkonsumsi buah arbei ini, tidak akan mudah terserang kanker.

3. Mengobati Tumor

Peneliti dari Australia menemukan bahwa buah arbei langka yang berada di ujung utara negara bagian Queensland adalah obat tumor yang mampu dikembangkan. Senyawa buah arbei ini bisa mematikan tumor kepala dan leher serta benih tumor itu sendiri. Senyawa itu bekerja dengan cara membunuh sel tumor secara langsung, memotong pasokan darah dan kemudia mengaktivasi sistem pertahanan tubuh yang dirusak akibat tumor. Tak ada efek samping sama sekali, justru senyawa itu bekerja lebih cepat dari yang telah diduga sebelumnya.

4. Mengobati Maag

Meski buah arbei memiliki vitamin C dan rasanya asam, namun vitamin C ini tidak memberikan efek samping yang membahayakan bagi lambung. Jadi, bagi siapapun yang menderita maag, dapat dengan tenang jika mengkonsumsi buah arbei ini. Cara penggunaannya cukup dengan mengolah buah arbei tersebut menjadi sebuah jus hingga akhirnya diminum.

5. Melawan Penyakit Tifus

Tifus merupakan salah satu penyakit yang terjadi akibat adanya peradangan pada usus, dan ditandai dengan demam yang tinggi. Untuk mencegah penyakit ini, maka manfaat buah arbei adalah salah satu solusinya agar tubuh dapat terbantu dalam melawan penyakit infeksi bakteri tifus itu sendiri.

6. Menangkal Penyakit Hati

Penyakit hati yang umumnya dikenal dengan penyakit hepatitis adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dan alkohol maupun obat-obatan. Mulailah mengkonsumsi buah arbei, maka penyakit gangguan hati ini akan berhasil ditangkal. Hal ini dikarenakan, manfaat buah arbei memiliki kandungan flavonoida yang juga berasal dari tumbuhan Silybum Marianum L.

7. Meringankan Gejala Diare

Buah arbei memiliki kandungan fitonutrien yang dapat melindungi tubuh terhadap penyakit seperti diare. Selain itu, buah ini juga mampu melancarkan pencernaan dan mampu mengobati penyakit perut. Sejumlah buah-buahan lain juga sangat baik bagi pencernaan seperti :

8. Menunda Proses Penuaan

Buah arbei memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, maka buah arbei mampu membersihkan tubuh secara mendalam sehingga dapat menunda proses penuaan yang sering dialami oleh setiap manusia. Bahkan sebuah penelitian dari Harvard sudah membuktikan bahwa mereka yang mengkonsumsi buah arbei, mampu memperlambat kehilangan memori hingga tiga tahun lamanya. Manfaat antioksidan ini juga banyak ditemukan pada :

 9. Merawat Kulit Wajah

Buah arbei, dapat digunakan untuk merawat kulit sebab buah ini memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Dan vitamin ini, mampu melembutkan kulit yang kering. Cara mengolahnya cukup mudah :

  1. Campurkan satu sendok teh mentega cair dengan sari buah arbei yang segar
  2. Kemudian, oleskan campuran ini pada wajah dan diamkan selama setengah jam
  3. Setelah itu, cucilah wajah dengan sabun dan bubuhkan tonik wajah

10. Pemutih wajah alami

Selain itu, buah arbei juga mampu menjadi pemutih bagi kulit yang kusam. Caranya juga cukup mudah :

  • Dengan membelah buah arbei menjadi dua bagian
  • Lalu, oleskan bagian dalam buah ke seluruh wajah dan biarkan selama semalam
  • Setelah itu, cuci wajah pada pagi harinya dengan bersih

Banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa buah arbei mampu merawat kulit wajah. Salah satunya pakar kosmetologis Juliana Yu MD H yang menurut beliau, buah yang kaya vitamin C seperti buah arbei ini berpotensi sebagai antioksidan yang dapat membantu mempertahankan keelastisan kulit.

11. Menguatkan Stamina Tubuh

Buah arbei memiliki sumber mineral yang dapat membantu memulihkan stamina tubuh agar tidak lemas. Bahkan menurut para ahli herbal, buah arbei mampu merawat keadaan darah dan ginjal, melancarkan urine, mengeluarkan dahak dan memperbaiki peredaran darah.

12. Menjaga Gigi dan Gusi Tetap Sehat

Karena memiliki kandungan vitamin C yang tinggim buah arbei juga bermanfaat untuk menjaga gigi dan gusi agar tetap sehat. Bahkan, kandungan manfaat kalsium dan fosfor pada arbei juga diyakini bermanfaat untuk kesehatan gigi dan gusi.

Manfaat Buah Arbei Kaya Akan Antioksidan

Manfaat buah arbei juga mengandung saponin (glikosida yang banyak ditemukan dalam tumbuhan), favonoida (senyawa kimia aktif yang dikenal dengan nama silimarin dapat dipakai sebagai obat atau pelindung dari penyakit hati), polifenol (sebagai antioksidan), memiliki sifat antioksidan, memiliki sifat anti bakteri dan vitamin C.

Dari sekian banyak kandungan penuh gizi itulah akhirnya buah arbei memiliki manfaat yang cukup besar. Sebagai buah yang mengandung antioksidan, buah arbei sangat penting untuk membentuk kekebalan tubuh karena dapat menetralkan radikal bebas sehingga buah arbei dapat melindungi tubuh dari berbagai infeksi.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Monday 23rd, February 2015 / 03:59 Oleh :
Kategori : Buah Buahan