Sponsors Link

25 Manfaat Tebu Hijau untuk Kesehatan

Sponsors Link

Tanaman tebu selalu identik dengan bahan dasar pembuat gula pasir. Hal ini dikarenakan mayoritas penggunaan tanaman ini memang untuk membuat gulapasir putih. Di samping itu, tanaman yang memiliki nama latin Saccharum officinarum ini juga banyak diambil sari tebunya. Tanamam yang masuk dalam family Poaceae ini memiliki batang yang kokoh, batang beruas dan berserat atau berserabut, dan kulitnya keras. Di Indonesia, terdapat berbagai macam jenis tebu diantaranya tebu hitam, tebu telur, tebu kuning, dan tebu hijau. Banyak manfaat yang bisa diambil dari tanaman tebu ini. Berikut ini kita akan membahas berbagai macam manfaat tebu hijau di dalam kehidupan sehari-hari:

ads

Baca juga:

  1. Bahan Dasar Pembuatan Gula Pasir – Tebu yang rasanya manis memiliki kadar gula yang tinggi. Dari 100 gram tebu, kandungan gulanya sebesar 25,8 gram. Pada nira tebu terdapat 3 jenis gula yaitu sukrosa, fruktosa, dan glukosa. Gula yang dapat dikristalkan hanyalah sukrosanya saja.Oleh karena itu, tebu sangat cocok digunakan sebagai bahan dasar pembuatan gula pasir. Banyaknya gula pasir yang dihasilkan, tergantung dari seberapa besar kemampuan mesin untuk memisahkan sukrosa dari nira tebu. (Baca juga: Manfaat Gula Aren Untuk Asam Lambung)
  2. Mencukupi Kebutuhan Energi – Kandungan terbesar dari sari tebu adalah gula dan karbohidrat dimana kedua zat ini berperan dalam memenuhi kebutuhan energi. Jika badan terasa lemas tak berenergi, alangkah baiknya meminum sari tebu. (Baca juga: Manfaat Olahraga Bowling)
  3. Mencegah Osteoporosis – Tebu kaya akan kalium dan kalsium, dalam 100 gram tebu terdapat 163 mg kalium dan 32,56mg kalsium. Zat ini terbukti baik untuk kesehatan tulang sehingga dapat mencegah osteoporosis.
  4. Menghindari Penyakit Stroke – Seseorang yang mendapatkan asupan kalium cukup, beresiko lebih rendah untuk terkena penyakit stroke. Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk mendapatkan asupan kalium yang cukup, dapat mengkonsumsi nira tebu. (Baca juga: anfaat Obat Statin)
  5. Menjaga Kesehatan Ginjal – Kalium pada tebu bekerja sebagai agen yang menjaga kalsium agar tidak mengendap di ginjal yang dapat mengakibatkan batu ginjal. Ginjal mampu menyaring kalium dalam darah dan mengeluarkannya bersama urin. Dengan kata lain, kalium dapat menjaga kesehatan ginjal kita. (Baca juga: Manfaat Daun Kelor Untuk Ginjal)
  6. Menjaga Kinerja Otak – Otak dapat bekerja dengan baik jika aliran oksigen ke dalam otak mencukupi. Salah satu zat yang berperan membawa oksigen ke otak adalah kalium. Karena tebu memiliki kalium yang cukup banyak maka tebu sangat baik untuk menjaga kinerja otak.
  7. Menjaga Fungsi Sel Saraf – Selain membawa oksigen ke otak, kalium ternyata juga membantu dalam pengiriman pesan dalam sistem syaraf. Mineral ini juga penting untuk menjaga kesehatan sel saraf. Sel saraf yang sehat mampu menjalankan fungsinya dengan baik. Asupan sari tebu memberikan asupan kalium yang cukup tinggi sehingga mampu membantu untuk menjaga fungsi sel saraf. (Baca juga: Manfaat Olahraga Untuk Kesehatan Otak)
  8. Menurunkan Tekanan Darah – Tebu memiliki kandungan kalsium yang cukup. Zat ini berperan penting dalam proses penurunan tekanan darah. Oleh karena itu, penderita tekanan darah tinggi dianjurkan untuk mengkonsumsi sari tebu.
  9. Memperkuat Tulang dan Gigi – Asupan kalsium yang cukup dapat memperkuat tulang dan gigi. Salah satu kandungan nutrisi pada tebu adalah kalsium sehingga tebu baik untuk memperkuat tulang dan gigi. Selain itu kandungan fosfornya juga berperan dalam pembentukan gigi sehingga sari tebu mencegah kerusakan pada gigi. (Baca juga: Manfaat Olahraga Bagi Tulang)
    Sponsors Link

  10. Mencegah Sakit Tenggorokan – Sakit tenggorokan atau radang tenggorokan dapat dicegah dengan mengkonsumsi sari tebu. Peradangan ini diakibatkan oleh infeksi jamur atau virus pada saluran tenggorokan. Ternyata tebu mengandung niasin yang cukup banyak dimana niasin ini memiliki efek anti inflamasi atau anti radang.
  11. Mencegah Flu dan Pilek – Sistem imun yang kuat membuat tubuh kuat menahan virus penyebab flu dan pilek yaitu virus influenza. Sari tebu mengandung riboflavin dan asam pantonenat yang berperan dalam meningkatkan sistem imun tubuh. Dengan kata lain, sari tebu juga mampu digunakan sebagai asupan untuk mencegah flu dan pilek. (Baca juga: Manfaat Jahe saat Flu)
  12. Menghidrasi Tubuh – Saat cuaca panas secara otomatis tubuh akan lebih banyak mengeluarkan cairan berupa keringat daripada berupa urin. Hal ini dikarenakan tubuh berusaha untuk menjaga suhunya terhadap suhu luar yang panas. Kehilangan cairan dalam jumlah besar membuat tubuh mengalami dehidrasi. Kandungan air dan mineral dalam sari tebu mampu menghidrasi tubuh sehingga tubuh tidak mengalami dehidrasi.
  13. ads
    Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh – Sari tebu sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan tebu mengandung riboflavindan asam pantonenat yang mampu memperkuat sistem imun tubuh. (Baca juga: Manfaat Ester C)
  14. Mencegah Penyakit Kardiovaskular – Kardiovaskular lebih dikenal dengan istilah penyakit jantung. Kandungan niasin yang tinggi pada tebu mampu mencegah memenuhi kebutuhan vitamin B3 dalam tubuh sehari-hari dan mencegah penyakit jantung.
  15. Mencegah Diabetes – Banyak yang mengatakan bahwa sari tebu aman untuk penderita diabetes. Mengapahal ini bisa terjadi? Ternyata semua itu tidak lepas dari kandungan vitamin B3 pada niasin yang mampu mengendalikan kadar gula dalam darah. Dengan kata lain mencegah diabetes. Walaupun demikian, penggunaan dalam dosis tinggi justru bekerja secara berkebalikan yaitu meningkatkan kadar gula dalam darah. (Baca juga: Manfaat Diabetasol)
  16. Mencegah Terjadinya Arterosklerosis – Arterosklerosis merupakan penyempitan pembuluh darah akibat pengendapan kolesterol dan lemak lain. Konsumsi niasin dalam jumlah besar mampu melebarkan pembuluh darah sehingga darah dapat mengalir ke seluruh tubuh dengan baik. Sari tebu memiliki kandungan niasin yang cukup untuk tubuh.
  17. Mengatasi Mimisan – Rebusan tebu mampu mengatasi mimisan. Untuk mengatasi mimisan, rebusan ini dicampur dengan gula dan sedikit garam.Ketika sudah dingin, rebusan disaring dan diminum. (Baca juga: Manfaat Tebu)
  18. Mengobati Kanker Payudara – Tebu memiliki kandungan mineral berupa alkali dalam jumlah yang besar. Zat ini membantu mengobati penderita kanker payudara. Untuk mendapatkan hasil maksimal, konsumsilah secara rutin. Penggunaan alkali berlebih berbahaya untuk tubuh kita.
  19. Menghindari Infeksi Lambung – Lambung yang kekurangan kalium akan tentan terhadap infeksi. Mineral terbesar dalam tebu adalah kalium. Oleh karena itu sari tebu sangat baik untuk menghindari infeksi lambung. (Baca juga: Manfaat Daun Mengkudu Muda)
  20. Mengobati Penyakit Kuning – Penyakit kuning diakibatkan karena meningkatnya kadar bilirubin di dalam darah. Biliburin adalah zat pemberi warna kuning yang terdapat pada faeses dan urin yang dihasilkan oleh hati. Oleh karena itu, penyakit ini bisa timbul jika fungsi hati menurun. Tebu dapat meningkatkan fungsi hati, sehingga sari tebu dapat menyembuhkan penyakit kuning.
  21. Menjaga Kesehatan Mata – Tebu mengandung riboflavin, zat ini dipercaya mampu mengatasi berbagai masalah mata seperti mata lelah, katarak, dan glaukoma. (Baca juga: Manfaat vitamin A untuk Mata)
  22. Menjaga Kesehatan Rambut – Rambut yang sehat merupakan rambut dambaan wanita. Rambut sehat dapat dimiliki dengan mengkonsumsi sari tebu hijau karena kandungan riboflavin di dalamnya.
  23. Menjaga Kesehatan Kulit – Sari tebu dapat digunakan untuk menjaga kesehatan kulit. Hal ini tidak terlepas daritebu yang kaya akan nutrisi. (Baca juga: Manfaat Sabun Zaitun)
  24. Mencegah Penuaan Dini – Darah yang mengalir ke seluruh tubuh mengakibatkan fungsi organ dan sistem tubuh bekerja dengan baik. Tubuh menjadi lebih segar dan fit sehingga mencegah terjadinya penuaan dini. Mengkonsumsi sari tebu hijau memungkinkan kita dapat menikmati hal ini.
  25. Menjaga Kesehatan Kuku – Selain rambut dan kulit yang sehat, ternyata sari tebu yang mengandung riboflavin juga dapat menjaga kesehatan kuku. (Baca juga: Manfaat Minyak Zaitun Merek Herborist)

Banyak sekali manfaat tebu hijau yang sudah kita bahas. Jika kita mampu mengolahnya dengan baik, kita akan mendapatkan manfaat dari tebu hijau yang sebaik-baiknya.Apapun yang diciptakan oleh TuhanYMEpastinya memiliki manfaat. Hanya saja banyak dari kita yang belum mengetahuinya. Bahkan rumput di jalan pun sebenarnya juga memiliki manfaat. Kita saja yang sering mengabaikanya. Penggunaan yang tepat akan memberikan manfaat, dan penggunaan yang salah akan memberikan kerugian. Jadi, gunakanlah dengan bijak. Begitu juga untuk tebu, baik ketika kita mengkonsumsinya, menanamnya, memanennya, maupun saat mengolahnya. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 14th, June 2017 / 09:08 Oleh :
Kategori : Herbal