6 Manfaat Susu Kedelai Bagi Kesehatan dan Efek Sampingnya

Manfaat susu kedelai cukup terkenal di Indonesia sebagai salah satu minuman yang sangat menyegarkan dan baik untuk kesehatan. Susu kedelai atau yang dipanggil juga dengan sebutan susu kacang ini merupakan salah satu minuman yang sangat terkenal di Indonesia. Susu kedelai merupakan salah satu olahan kacang kedelai  yang sangat mudah dijumpai dimanapun. Selain rasanya yang enak dan disukai, susu kedelai mempunyai manfaat yang tak kalah penting untuk tubuh.

susu kacang kedelai

Susu kacang kedelai

Kandungan Susu Kacang Kedelai

Kandungan susu kacang kedelai terletak pada komponen dalam kedelai yang mencakup karbohidrat, serat (fiber), vitamin E dan K, asam lemak essensialnya. Lisin adalah jenis asam amino yang banyak terkandung dalam susu kedelai.

Protein

Susu kedelai merupakan sumber protein yang sangat lengkap yang dibutuhkan oleh tubuh. Kedelai mengandung  sembilan asam amino esensial. Tubuh akan mengubah asam amino menjadi protein baru, termasuk antibodi penting untuk fungsi sistem kekebalan tubuh, protein struktural yang memegang peranan pada jaringan, dan enzim yang membantu sel-sel menghasilkan energi. Setiap cangkir susu kedelai tanpa gula, mengandung 7 gram protein.

Vitamin dan Mineral

Susu kedelai juga kaya akan kandungan vitamin dan mineral lain yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Berikut beberapa kandungan vitamin dan mineral dari susu ini :

  • Kalsium
  • Zat Besi
  • Riboflavin
  • Vitamin B12

Manfaat Susu Kedelai

Manfaat susu kedelai sangat efektif untuk beberapa permasalahan kesehatan, kandungan protein yang tinggi serta vitamin dan mineral dapat membantu berbagai masalah berikut ini :


1. Kesehatan Jantung (kardiovaskular)

Penyakit jantung merupakan salah satu masalah kesehatan yang paling sering dialami oleh seorang pria. MayoClinic.com (portal kesehatan dunia) merekomendasikan untuk melakukan diet rendah lemak jenuh dan sodium serta tinggi protein untuk mencegah masalah kardiovaskular. 1 cangkir susu kedelai mengandung 3.6 gram lemak, 6.3 gram protein, 104 kalori dan hanya 0,5 gram lemak jenuh.

Selain rendah kalori, lemak, dan tinggi protein, rasio lemak jenuh dan tak jenuh susu kedelai dapat memantu tekanan darah tinggi dan kolesterol.

Baik Untuk Jantung :


2. Mengkontrol Tekanan Darah Tinggi

Kandungan seimbang antara lemak jenuh dan tak jenuh adalah salah satu komponen yang dapat membantu dalam mengatur menyeimbangkan tekanan darah tinggi. Selain itu kandungan vitamin E, asam folat dan B6 mampu mencegah terjadinya penyakit jantung. Tekanan darah tinggi juga dapat diminimalisir dengan kandungan magnesium pada susu kedelai.


3. Mengurangi Kolesterol Dalam Darah

Antioksidan dalam isoflavon pada kacang-kacangan seperti kedelai, mampu menaikkan kadar HDL yang baik untuk kesehatan jantung. Sedangkan lesitin dipercaya menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) dalam darah yang dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh.


4. Mengurangi Resiko Diabetes

Protein nabati pada susu kedelai dapat lebih mudah diolah oleh ginjal penderita diabetes, dibandingkan dengan protein hewani seperti susu sapi. Susu kedelai mengandung dua zat gizi mikro yang dapat berkontribusi terhadap perkembangan diabetes tipe 2: magnesium dan vitamin D. Meskipun zat ini bukan untuk pengobatan diabetes tipe 2, orang-orang yang memiliki nutrisi rendah terhadap dua zat ini memiliki risiko lebih besar terkena diabetes tipe 2.

1 cangkir penyajian susu kedelai dapat mencegah terjadinya kasus ini karena mengandung8,6 persen dari magnesium dan 18 persen vitamin D. Selain itu, susu kedelai adalah makanan yang aman bagi penderita diabetes tipe 2.

Penting untuk diabetes :


5. Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh bertambahnya usia dan kekurangan hormon. Fitoestrogen dalam kedelai dapat membantu mempercepat penyerapan kalsium oleh tubuh dan mencegah hilangnya massa tulang yang dapat menyebabkan osteoporosis. Untuk manfaat maksimal, pastikan untuk membeli susu kedelai yang diperkaya dengan kalsium tambahan dan vitamin D.

Penting untuk osteoporosis :


6. Membantu Menjaga Kesehatan Mental

Kasehatan mental adalah salah satu manfaat susu kedelai yang tidak terduga, lalu bagaimana peran susu kedelai ini pada kesehatan mental ? MayoClinic.com telah melist bahwa bunuh diri merupakan peringkat ke-7 dari penyebab utama kematian para pria. Susu kedelai dapat membantu mengurangi risiko ini karena mengandung sejumlah zat gizi mikro dengan potensi manfaat kesehatan mental.

1 cangkir susu kedelai mengandung 5,8 persen vitamin B-6, yang membantu tubuh Anda untuk membuat serotonin neurokimia meningkatkan suasana hati. Kadar magnesium yang juga membantu untuk meningkatkan tingkat serotonin dan mungkin sama efektifnya dengan beberapa obat antidepresan yang diperuntukkan pada orang depresi dan diabetes.

Kandungan vitamin D yang tinggi dalam susu kedelai juga dapat membantu untuk mencegah dan mengobati gangguan afektif musiman, kondisi depresi yang mempengaruhi orang yang hidup dalam tekanan tinggi

Penting Untuk Mood :


Manfaat Susu Kedelai Sebagai Pengganti Susu Sapi

Pencernaan yang kurang baik karena intoleransi laktosa dapat diatasi dengan mengganti susu sapi dengan susu kedelai. Pencernaan balita yang tidak dapat mencerna laktase pada susu sapi, sangat disarankan untuk diganti dengan protein susu kedelai.

Bagi anak-anak yang mengalami autisme, protein yang ada pada susu sapi atau keju seperti kasein dan glutein akan mengganggu fungsi otak, yang dapat memperparah autisme. Penggunaan susu sapi pun harus diganti dengan salah satunya susu kedelai, untuk memelihara fungsi otaknya.

Manfaat susu kedelai juga dapat dirasakan oleh vegetarian. Mereka juga membutuhkan manfaat susu, tapi tidak bisa mengkonsumsinya. Susu kedelai sangat cocok untuk penggantinya, untuk menyeimbangkan kebutuhan protein pada tubuhnya.

Manfaat Susu Kedelai Sebagai Menu Diet Sehat

Manfaat susu kedelai yang tak kalah adalah pemenuhan gizi bagi yang berdiet dengan susu kedelai. Susu kedelai rendah lemak, namun tinggi protein. Sehingga tak perlu takut gemuk untuk mengkonsumsinya. Kandungan karbohidrat oligosakaridanya pun, tidak terserap oleh air. Jadi anda tidak perlu was-was mengkonsumsinya.

Tidak disangka-sangka kedelai, sangat baik bagi kesehatan kita. Cobalah, untuk merasakan khasiatnya.

Efek Samping Susu Kedelai

Herbal ini harus dikonsumsi secara hati hati karena memiliki efek samping karena mengandung antinutrients (racun alami), ia memiliki sejumlah senyawa yang mengkhawatirkan yang dapat membahayakan kesehatan secara keseluruhan.

  • Kedelai mengandung goitrogens yang menyebabkan fungsi tiroid dapat tertekan.
  • Kedelai juga mengandung fitat yang mencegah penyerapan mineral.
  • Kedelai juga memiliki kandungan phytoestrogen yang kadang-kadang dapat memblokir hormon estrogen dan memiliki efek buruk pada jaringan tubuh manusia.

Efek samping kedelai juga memiliki bahaya jika anda mengalami salah satu penyakit ini :

  • Kanker payudara
  • Kerusakan Otak
  • Kelainan pada bayi

Jadi hati-hati dalam memanfaatkan susu kedelai sebagai minuman anda, gunakan dengan bijak dan teliti

,
Post Date: Monday 04th, August 2014 / 12:27 Oleh :
Kategori : Minuman