Manfaat Susu Kedelai

Manfaat susu kedelai sangat bergam. Susu kedelai merupakan salah satu olahan kacang kedelai  yang sangat mudah dijumpai dimanapun. Selain rasanya yang enak dan disukai, susu kedelai mempunyai manfaat yang tak kalah penting untuk tubuh.  Berikut akan kita bahas mengenai susu kedelai dan manfaatnya.

Kandungan dan Manfaat Susu Kedelai

Manfaat kedelai terletak pada komponen dalam susu kedelai mencakup seperti karbohidrat, serat (fiber), vitamin E dan K, asam lemak essensialnya menyamai kandungan susu kedelai. Lisin adalah jenis asam amino yang banyak terkandung dalam susu kedelai. Komposisi yang baik, jika disandingkan dengan sereal. Kandungan-kandungan yang sangat baik pada susu kedelai inilah, yang menjadikannya sangat penting bagi kesehatan tubuh. Berikut adalah manfaat susu kedelai bagi tubuh :

  • Menekan Kolesterol  Dalam Darah

Antioksidan dalam isoflavon pada kacang-kacangan seperti kedelai, mampu menaikkan kadar HDL yang baik untuk kesehatan jantung. Sedangkan lesitin dipercaya menurunkan kadar LDL.

Protein hewani pada susu kedelai dapat lebih mudah diolah oleh ginjal penderita diabetes, dibandingkan dengan protein hewani seperti susu sapi.

Pada susu kedelai kandungan vitamin E, asam folat dan B6 mampu mencegah terjadinya penyakit jantung. Tekana darah tinggi juga dapat diminimalisir dengan kandungan magnesium pada susu kedelai.

Manfaat Susu Kedelai Sebagai Pengganti Susu Sapi

Pencernaan yang kurang baik karena intoleransi laktosa dapat diatasi dengan mengganti susu sapi dengan susu kedelai. Pencernaan balita yang tidak dapat mencerna laktase pada susu sapi, sangat disarankan untuk diganti dengan protein susu kedelai.

Bagi anak-anak yang mengalami autisme, protein yang ada pada susu sapi atau keju seperti kasein dan glutein akan mengganggu fungsi otak, yang dapat memperparah autisme. Penggunaan susu sapi pun harus diganti dengan salah satunya susu kedelai, untuk memelihara fungsi otaknya.

Manfaat susu kedelaijuga dapat dirasakan oleh vegetarian. Mereka juga membutuhkan manfaat susu, tapi tidak bisa mengkonsumsinya. Susu kedelai sangat cocok untuk penggantinya, untuk menyeimbangkan kebutuhan protein pada tubuhnya.

Manfaat Susu Kedelai Sebagai Menu Diet Sehat

Manfaat susu kedelai yang tak kalah adalah pemenuhan gizi bagi yang berdiet dengan susu kedelai. Susu kedelai rendah lemak, namun tinggi protein. Sehingga tak perlu takut gemuk untuk mengkonsumsinya. Kandungan karbohidrat oligosakaridanya pun, tidak terserap oleh air. Jadi anda tidak perlu was-was mengkonsumsinya.

Tidak disangka-sangka kedelai, sangat baik bagi kesehatan kita. Cobalah, untuk merasakan khasiatnya.

Post Date: Monday 04th, August 2014 / 12:27 Oleh :
Kategori : Minuman