15 Manfaat Susu Kambing Bubuk Untuk Meningkatkan Kesehatan

Dari para peneliti dan ahli gizi membuktikan jika susu kambing memiliki banyak nutrisi penting untuk tubuh baik dalam keadaan segar atau bubuk. Jika dibandingkan dengan susu lain, susu kambing jauh lebih mudah dicerna sehingga nutrisi didalamnya bisa terserap dengan sempurna. Di pasaran, susu kambing terdiri dari dua bentuk yakni cair dan bubuk yang masing masing memiliki kelebihan tersendiri. Dalam susu kambing cair nutrisinya masih terjaga karena tidak melewati tahapan seperti susu bubuk namun lebih mudah terkontaminasi mikroba seperti bakteri dan virus. Sedangkan untuk susu kambing dalam bentuk bubuk seperti manfaat susu Aulia memiliki daya tahan lebih lama dan tidak harus disimpan dalam lemari es serta tidak tercium aroma menyengat seperti susu kambing cair. Beberapa kandungan yang ada dalam susu kambing bubuk diantaranya adalah fosfor, kalium, gula, karbohidrat, kalsium, gula dan beberapa jenis vitamin seperti vitamin A, B2, C dan juga D. Berikut akan kami berikan beberapa manfaat susu kambing bubuk yang bisa didapatkan oleh tubuh.

  1. Menyehatkan Pencernaan

Asam lemak yang ada dalam susu kambing bubuk terbilang lebih kecil jika dibandingkan dengan susu sapi atau susu lainnya sehingga bisa dikonsumsi tubuh dengan baik. Ketika minum susu kambing ini, maka manfaat protein dalam bisa diserap lebih mudah tanpa harus menyebabkan iritasi seperti ketika minum susu sapi.

  1. Menguatkan Tulang

Susu kambing bubuk juga bisa memberikan manfaat kalsium. Dalam susu kambing mengandung sekitar 327 miligram mineral yang lebih banyak dari susu sapi. Ini sangat membantu untuk mencegah osteoporosis dan gangguan lain berhubungan dengan kaki sekaligus menguatkan tulang dan gigi.

  1. Memiliki Sifat Anti Inflamasi

Susu kambing bubuk juga memiliki sifat anti inflamasi yang bisa mengatasi peradangan dan mengurangi rasa sakit perut karena enzim unik bernama oligosakarida sehingga membantu untuk mengatasi radang usus.

  1. Melindungi Organ Hati

Asam lemak superior dalam susu kambing bubuk bisa membantu untuk mengatasi kadar kolesterol tinggi dalam tubuh sekaligus mencegah stroke, atherosclerosis, serangan jantung dan komplikasi koroner lain. Kadar potasium dalam susu kambing juga bisa menurunkan tekanan darah sekaligus mengatasi kelelahan organ jantung.

  1. Meningkatkan Metabolisme

Dalam susu kambing bubuk juga mengandung nutrisi tinggi jika dibandingkan dengan susu sapi. Membuat 1 cangkir susu kambing saja sudah bisa memberikan 20% vitamin B serta mengandung banyak fosfor dan manfaat potasium sehingga bisa meningkatkan metabolisme tubuh.

  1. Menyerap Gizi Lebih Maksimal

Manfaat susu kambing bubuk lainnya adalah komposisi kimia yang mendekati susu manusia dibandingkan susu sapi. Dengan ini, maka susu kambing bubuk bisa memberikan lebih banyak nutrisi, tidak memberi tekanan pada proses pencernaan sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  1. Melindungi Organ Jantung

Kandungan asam lemak dalam susu kambing dua kali lebih banyak dibandingkan susu sapi sehingga bisa menjaga keseimbangan kolesterol. Dengan ini, maka stroke dan penyakit jantung bisa dicegah. Sementara kadar kalium tinggi dalam susu kambing bubuk membantu untuk menurunkan tekanan darah karena potasium merupakan vasolidator bisa melemaskan pembuluh darah sekaligus menurunkan ketegangan sistem kardiovaskular.

  1. Lebih Rendah Laktosa

Susu kambing bubuk memiliki kandungan laktosa yang lebih rendah sehingga bisa dijadikan pilihan minuman terbaik bagi yang memiliki intoleransi laktosa dan tidak bisa minum susu sapi. Susu ini juga sangat mudah dicerna sehingga cocok untuk perut sensitif.

  1. Meningkatkan Kesehatan Otak

Dalam sebuah studi menunjukkan jika lipid yang terkandung dalam susu kambing bubuk bisa menurunkan peradangan sekaligus mengandung linoleic acid yang bisa menyehatkan otot dan saraf sekaligus meningkatkan kesehatan otak sehingga baik dikonsumsi anak anak.

  1. Baik untuk Ibu Hamil

Meski masih sedikit informasi yang diperoleh, namun susu kambing bubuk dikatakan baik untuk perkembangan janin untuk ibu hamil.

  1. Mencegah Anemia

Susu kambing bubuk memiliki kandungan zat besi dan bisa meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh. Untuk itu, susu kambing bubuk sangat baik dikonsumsi untuk mencegah terjadinya anemia.

  1. Menyeimbangkan pH Tubuh

Susu kambing bubuk memiliki kandungan alkalin yang dikenal bisa meningkatkan pH bahkan paling baik diantara semua jenis susu. Itulah mengapa susu kambing sangat baik dikonsumsi untuk menyeimbangkan pH dalam tubuh.

  1. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Susu kambing bubuk sangat kaya dengan asam lemak esensial dan juga trigliserida sehingga bisa dijadikan solusi kecantikan kulit yang sangat baik. Selain itu, kandungan alkalin dalam susu kambing bubuk juga bisa mencegah iritasi kulit. Sedangkan manfaat vitamin A dalam susu kambing merupakan vitamin penting untuk kulit dan asam laktat bisa menghidrasi dan mencerahkan kulit.


  1. Meningkatkan Kesehatan Rambut

Rambut membutuhkan pH yang seimbang seperti tubuh yang bisa didapatkan dari susu kambing bubuk. Membuat masker dari susu kambing bubuk nantinya juga bisa meningkatkan kesehatan rambut yang bahkan baik dicampur dengan shampo dan kondisioner.

  1. Membantu Pertumbuhan dan Perkembangan

Susu kambing bubuk merupakan sumber protein tinggi yang menjadi bagian terpenting dalam pertumbuhan dan perkembangan yang tidak bisa didapatkan dari manfaat susu kental manis. Protein merupakan bahan pembangun tubuh khususnya pada anak anak yang bisa dipenuhi dengan mengkonsumsi susu kambing bubuk tersebut.

Demikian ulasan dari kami tentang beberapa manfaat susu kambing bubuk untuk kesehatan tubuh. Selain bisa dijadikan minuman, susu kambing bubuk juga bisa dijadikan campuran hidangan penutup seperti puding, smoothie dan berbagai hidangan lain untuk mendapatkan peningkatan kesehatan dengan cara yang nikmat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Minuman