Sponsors Link

30 Manfaat Susu Almond Bagi Kesehatan

Sponsors Link

Manfaat susu almond baru populer dan di perhitungkan dalam dunia kesehatan sekitar tahun 2011. Sebelumnya mungkin kita lebih sering dengar atau minum susu kedelai. Jika susu kedelai di buat dari kacang kedelai, nah jika susu almond di buat dari kacang almond.

susu almondSusu almond sejatinya adalah sari dari kacang almond. Minuman ini biasa di konsumsi untuk mengganti susu dalam kebutuhan makanan 4 sehat 5 sempurna. Selain itu, sari kacang almond juga digunakan sebagai bahan masakan dalam sebuah resep makanan. Untuk makanan, manfaat minyak almond sudah lama terkenal baik untuk tubuh.

Susu almond berwarna lebih pucat dan lebih kental dibandingkan susu pada umumnya. Susu almond bisa Anda buat sendiri di rumah. Namun kebanyakan kini susu almond sudah di produksi oleh industri di berbagai negara. Susu almond kini mulai populer hingga di mungkinkanakan  menggeser popularitas susu kedelai.

Kandungan susu almond

susu almond berbahan dasar kacang almond. Kacang almond sendiri memliki kandungan nutrisi yang kompleks. The UK institute menemukan kandungan kacang almond terdapat probiotik.

Selain itu kacang almond juga mengandung vitamin E, serat, selenium, magnesium, seng, mangan, natrimun, fosfor, zat besi, kalsium, tembaga, dan juga asam amino triptofan.

Namun kandungan yang ada ketika sudah di olah menjadi minuman susu almond, kandungan utamanya sebagai berikut:

Kandungan secangkir susu almond
Kalori 60 kalori
Serat 1 gram
Lemak 2,5 gram
Kalium 180 ml
Protein 2 gram
Kalsium 200 ml
Karbohidrat 10 gram
Gula 7 gram

Sayangnya susu almond memiliki kandungan protein yang lebih rendah dari susu sapi. Sehingga tidak bisa menjadi pengganti susu bagi balita atau usia anak-anak yang masih membutuhkan susu formula pengganti ASI.

Manfaat susu almond

Berikut ini adalah manfaat yang bisa di dapat dari susu almond:

  1. Mencegah penyakit jantung

Bagi mereka yang ingin mencegah sebelum terkena resiko jantung baik untuk mengkonsumsi minuman ini. Kandungan susu almond memiliki lemak tak jenuh juga baik untuk mereka yang punya penyakit jantung. Selain itu kandungan flavonoidnya juga sangat baik untuk mencegah penyakit jantung.

  1. Cocok bagi vegetarian

Bagi Anda yang sedang menjalani diet atau memang seorang vegetarian yang tidak ingin konsumsi makanan dari produk hewani, Anda bisa mengkonsumsi susu almond dalam menjaga kebutuhan nutrisi tubuh Anda. Susu almond juga merupakan produk nabati, yang tidak mengandung kolesterol, sehingga baik untuk para vegetarian.

  1. Mencegah kerusakan kulit

Salah satu minuman produk nabati ini memiliki sifat antioksidan yang tinggi. Susu almond membantu untuk menguatkan membran sel tubuh kita yang membuatnya terhindar dari kerusakan sel. Susu ini sangat baik untuk kesehatan kulit. Kerusakan kulit yang diakibatkan pancaran sinar matahari terlalu lama bisa dihindari dengan minuman susu almond.

  1. Mengurangi resiko kanker

Sifat antioksidan dari susu almond salah satunya berasal dari kandungan vitamin E yang di butuhkan untuk menangkal radikal bebas yang menyebabkan timbulnya penyakit kronis seperti kanker. Antioksidan dari vitamin E bisa mengurangi pertumbuhan sel kanker di organ-organ tubuh kita.

  1. Baik bagi ibu hamil

Susu almond bisa memicu pertumbuhan sel secara sehat dan juga pembentukan jaringan tubuh. Susu almond bagi ibu hamil dapat membantu pertumbuhan janinnya secara sempurna. Resiko bayi lahir cacat bisa dihindari dengan mengkonsumsi susu almond saat masa kehamilan.

Baik untuk ibu hamil :

  1. Memperlancar sistem pencernaan

Susu almond kaya akan kandungan seratnya. Seperti kita tahu, serat sangat dibutuhkan tubuh untuk memperlancarkan pencernaan. Kekuarangan serat maka akan beresiko kesulitan BAB. Oleh karena itu dengan konsumsi susu almond setiap hari bisa memenuhi kebutuhan harian tubuh akan serat.

  1. Mengurangi resiko kanker usus

Ini adalah dampak jangka panjang yang bisa dihindari jika kita memiliki sistem pencernaan yang lancar. Dengan rutin BAB setiap harinya maka akan membuat endapan kotoran di dalam usus tidak bertahan lama. Manfaatnya usus kita akan di bersihkan setiap harinya dan terhindar dari kerusakan usus.

  1. Menunjang program diet

Susu almond memiliki kandungan kalori yang membuat penggemukan dalam jumlah sedikit. Kandungan lemak jenuh yang sedikit akan membuat program diet anda berjalan dengan baik. Ditunjang dengan kandungan mangan, tembaga, ribovlafin, hingga karbohidrat yang membuat energi Anda tetap terpenuhi selama program diet.

  1. Mengatasi hipertensi

Susu almond memicu tubuh untuk melepaskan pottassium yang bisa mengendalikan tekanan darah. Kondisi ini dapat membantu aliran darah dapat berjalan dengan normal. ditunjang dengan kandungan lemak jenuh yang baik untuk jantung membuat darah yang dipompa oleh jantung berjalan dengan baik.

Baik untuk mengatasi hipertensi :

  1. Mengurangi resiko stroke

Manfaat lainnya selain mengatasi hipertensi juga akan membuat Anda terhindar dari resiko stroke. Peredaran darah yang lancar dan apalagi susu almond tidak mengandung kolesterol yang ini baik untuk membuat sistem peredaran darah lebih normal. Endapan kolesterol jahat dalam aliran darah bisa dikurangi. Sehingga resiko stroke pun dapat dihindari.

  1. Baik untuk pertumbuhan tulang

Seperti halnya manfaat susu lainnya, Susu almond memicu pertumbuhan sel sehat dengan baik. Selain itu kandungan kalsium susu almond cukup tinggi dan mampu memenuhi 30% kebutuhan harian tubuh akan kalsium. Bagi usia remaja yang masih dalam tahap pertiumbuhan, minuman ini cocok untuk membantu mempercepat pertumbuhan tulang semasa tahap pertumbuhan.

  1. Mencegah osteoporosis

Sedangkan bagi orang dewasa, terpenuhinya 30% kalsium dari jumlah kebutuhan harian tubuh dapat membantu mengurangi resiko osteoporosis. Osteoporosis juga dapat kita cegah dengan manfaat susu kedelai yang tinggi kalsium. Masalah persendian ini memang sering sekali di derita orang dewasa hingga lanjut usia. Oleh karena itu sedari awal perlu mencegahnya dengan membentuk sel-sel tulang agar lebih kuat, salah satunya dengan susu almond.

  1. Pengganti susu sapi

Tahukah Anda bahwa 20% populasi di dunia alergi dengan susu sapi dan juga susu kambing. Di saat tubuh kita membutuhkan asupan nutrisi di dalam susu sebagai peengkap makanan sehat kita perlu mencari pengganti susu hewani yang tetap memenuhi kebutuhan nutrisi bagi tubuh. Susu almond salah satu susu nabati terbaik yang bisa Anda konsumsi.

  1. Memperkuat gigi

Kandungan vitamin D, zat besi, dan kalsium pada susu almond tidak hanya bermanfaat bagi tulang. Nutrisi yang terdapat pada susu almond tersebut juga dibutuhkan oleh gigi kita. Minumlah susu almond secara rutin agar kesehatan gigi Anda turut terjaga.

  1. Minuman bagi penderita diabetes

Bagi penderita diabetes tentu menghindari konsumsi gula baik dalam makanan maupun minuman. Jika kita amati, seringkali susu-susu yang diminum tidak nikmat rasanya jika tanpa di beri gula. Bagi penderita diabetes itu mungkin suatu pantangan. Namun dengan meminum susu almond, rasanya akan tetap nikmat walau dalam kondisi tawar atau tanpa diberi gula. Ini bisa menjadi alternatif bagi Anda penderita diabetes yang menghindari gula.

Baik untuk diabetes:

  1. Menambah massa otot

Kandungan vitamin B seperti ribovlafin baik untuk pertumbuhan dan kesehatan otot Anda. Ditambah lagi dengan kandungan zat besi yang tinggi di dalam secangkir susu almond akan membantu pertumbuhan massa otot Anda.

  1. Membuat kulit tampak cerah

Memiliki kulit cerah tentu merupakan keinginan setiap orang. Susu almond memiliki kandungan vitamin E yang mampu mencukupi 50% kebutuhan harian tubuh akan vitamin E. Peru kita ketahui, bahwa vitamin yang dibutuhkan kulit adalah vitamin E. Banyak produk kosmetik berasal dari buah-buah yang mengandung banyak vitamin E. Vitamin E dapat membuat kulit tubuh Anda nampak cerah alami.

  1. Memperlambat penuaan dini

Penuaan dini bisa disebabkan oleh tubuh yang kekurangan asupan makanan/minuman yang memiliki kandungan zat antioksidan. Kandungan vitamin E dan flavonoid secara praktis akan memberikan manfaat terhadap penampilan Anda. Zat antioksidan dalam susu almond membantu menangkal radikal bebas, dan memperlambat penuaan dini.

Baik untuk mengatasi penuaan dini :

  1. Menurunkan berat badan

Salah satu tujuan dari diet adalah menurunkan berat badan. Kandungan kalori dalam susu almond lebih rendah daripada susu sapi, jika susu sapi terdapat sekitar 146 kalori, sedangkan susu almond hanya 60 kalori saja. Ini akan membuat Anda berhasil dalam mengurangi berat badan Anda.

Baik untuk menurunkan berat badan :

  1. Meningkatkan kemampuan kognitif

Kemampuan kognitif bisa ditandai dengan menguatnya daya ingat. Banyak peneliti mengungkapkan bahwa daya kognitif bisa di tingkatkan seiring dengan kebutuhan lemak baik (HDL) tercukup di dalam tubuh setiap harinya. Itulah mengapa susu almond bermanfaat bagi perkembangan kognisi kita. Hebatnya kalori yang ada pada susu almond sepenuhnya adalah lemak sehat yang meningkatkan fungsi otak kita.

  1. Mencegah arthritis

Arthritis bisa juga disebut dengan peradangan pada persendian. Biasanya akan ada rasa nyeri dan kebengkakan pada persendian tulang kita. Penyakit ini bisa dihindari jika asupan kalsium yang dibutuhkan tercukup setipa harinya. Susu almond memiliki kandungan kalisium yang sangat tinggi dan membantu mengurangi resiko arthritis.

Herbal untuk mencegah arthritis lainnya:

  1. Kesehatan ginjal

Susu almond berbeda dengan susu lainnya yang memiliki mineral yang mengancam kesehatan jantung. Kandungan rendah akan fosfor dan potasium dapat meringankan kinerja gindal Anda. Akibatnya fungsi ginjal Anda akan terhaga dengan baik.

Baik untuk kesehatan ginjal:

  1. Menyehatkan mata

Ini jarang diketahui orang-orang. Kandungan di dalam susu almond baik untuk menjaga kesehatan mata. Susu almond mengandung vitamin A, E, dan D. kandungan vitamin yang cukup membuat mata Anda mampu menyesuaikan dengan cahaya yang masuki, sehingga kerusakan mata bisa dihindari.

Baik untuk mata:

  1. Menguatkan sistem imune
sponsored links

Susu almond memiliki sifat antioksidan dari vitamin E yang cukup tinggi. Susu almond ini membantu proses metabolisme sel-sel tubuh berjalan dengan baik. Ditunjang dengan asupan zat besi, magnesium, tembaga yang bagus untuk membentuk sel darah putih yang berperan sebagai pembentuk sel-sel imune yang dibutuhkan tubuh

  1. Mencegah penyakit kardiovaskular

Susu almond memiliki kandungan yang rendah akan sodium dan bebas dari kolesterol jahat. Selain itu justru susu almond mengandung asam lemak omega 3 yang tinggi yang berfungsi untuk menjaga tekanan darah serta mengurangi resiko penyakit kardiovaskular.

Baik untuk mencegah kardiovaskular:

  1. Bisa digunakan sebagai pengganti masker

Susu almond yang kaya dengan sifat antioksidannya sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Anda bisa membuat susu almond sebagai pengganti masker untuk perawatan kulit Anda. Bagaimana caranya?

  • Ambil segengngam kacang almond
  • Cuci kacang almod hingga bersih
  • Kemudian blender kacang almond
  • Selanjutnya saring hingga terpisah dari ampasnya
  • Adonan tersebut bisa anda gunakan langsung pada wajah
  • Jika ingin menambah kekentalan Anda bisa menambahkannya dengan madu
  • Oleskan pada wajah dan biarkan 10-15 menit lalu bilas dengan air hangat

Baik untuk masker :

  1. Memperbaiki struktur otot

Tidak hanya menambah massa otot, kandungan vitamin B seperti zat besi dan ribovlafin pada susu almond juga membantu memperbaiki struktur sel otot yang rusak. Kerusakan sel otot biasa diakibatkan kesalahan gerak saat latihan berat atau cedera saat berolahraga.

  1. Mengurangi resiko diabetes

Jika susu almond saja sangat baik bagi penderita diabetes, tentu bagi Anda yang belum terkena diabetes bisa mendapatkan manfaat susu almond ini. Susu almond memang rendah akan karbohidrat yaitu hanya sekitar 8 gram saja. Walaupun demikian karbohidrat tersebut dapat dijadikan sebagai energi dan mampu menyimpan gula sebagai lemak, sehingga resiko diabetes bisa dihindari.

  1. Mencegah resiko batu empedu

Batu empedu disebabkan karena kadar kolesterol yang terlalu banyak mengendap di saluran emedu menuju usus. Konsumsi susu almond yang rendah kolesterol dan justru memiliki kandungan kolesterol baik akan membuat kita terhindari resiko batu empedu.

  1. Membuat tubuh tetap berenergi

Susu almond membantu proses metabolisme sel-sel lebih cepat. Penyerapan yang dilakukan di dalam sistem pencernaan juga diperbaiki. Kandungan karbohidrat, zat besi, dan kalori baik membuat tubuh kita tetap berenergi dalam menjalani aktivitas berat.

Manfaat susu almond memang cukup banyak untuk kesehatan, khasiat paling utama yang dirasakan adalah tambahan energi serta sangat membantu menurunkan berat badan. Diet dapat sukses dengan mudah dengan bantuan susu almond. Selain itu susu almond juga bermanfaat untuk ibu hamil.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Sunday 05th, April 2015 / 14:35 Oleh :
Kategori : Minuman