Sponsors Link
     Sponsors Link

5 Manfaat Strawberry untuk Memutihkan Gigi dan Sehat

Sponsors Link

Fragra merupakan bahasa latin dari buah strawberry yang memiliki arti wangi, strawberry termasuk kedalam famili Rosaceae yang dikembang biakan di  daerah Amerika Utara dan disebut  buah Wuttahimheash atau yang memiliki arti berry hati pada zaman Yunani kuno buah strawberry dijadikan sebagai lambang dari dewi cinta. Orang yang pertama memberi nama strawberry adalah Charles Linneans dengan nama spesies Fragaria.

Nama strawberry sendiri memiliki asal-usul penamaannya secara etimologi yang dimana strawberry itu berasal dari kata Straw yang memiliki arti sedotan, karena pada saat itu para tukang kebun memiliki kegiatan dalam penanaman buah ini dengan menggunakan sedotan untuk menanamnya dan juga pada penanaman menggunakan sedotan sendiri dapat melindungi buah strawberry dari proses pembusukan. Pada awalnya buah ini dihindari untuk tidak dikonsumsi karena pada saat itu buah strawberry tumbuh di dekat tanah dan beranggapan bahwa buah strawberry terkontaminasi oleh ular dan juga katak, tetapi pada saat ini tumbuhan ini tumbuh di tanah seluas 25.000 hektar di kawasan Amerika Serikat dan juga di Amerika Utara.

baca juga :

Pada buah strawberry terkandung zat-zat yang baik untuk tubuh khusus nya bagi gigi, berikut merupakan beberapa manfaat dari strawberry bagi gigi manusia:

  1. Dapat dijadikan sebagai pasta gigi

Dalam strawberry terkandung senyawa yang baik bagi kesehatan gigi yang biasanya dapat dijadikan sebagai pasta gigi, sama seperti halnya pasta gigi yang dijual dipasaran strawberry pula mengandung senyawa yang sifat dan fungsinya memiliki peran yang sama pada pasta gigi biasanya. Didalam strawberry terkandung zat aktif antibakteri yang sama terdapat pada pasta gigi yang dijual dipasaran, dimana zat tersebut memiliki peran aktif bagi kesehatan gigi kita agar tidak terjadinya kerusakan-kerusakan yang akan dialami jika pada gigi tidak diberikan zat tersebut. Namun pada pasta gigi yang dijual di pasaran tidak dianjurkan pemakaian pasta gigi memiliki konsentrasi flour yang tinggi, pada pasta gigi yang dijual di pasaran sendiri terdapat zat aktif antibakteri dalam bentuk stanium flourida, natrium flourida, natrium monoflourosfat yang dimana jika pemakaian digunakan pada konsentrasi yang tinggi dapat menimbulkan efek samping yang berupa flourosis email. Maka penggunaan pasta gigi yang berbahan dasar strawberry akan lebih aman digunakan dalam pemakain pasta gigi karena memiliki fungsi dan peran yang sama pada pasta gigi yang ada di pasaran namun memiliki kandungan yang berbeda dengan pasta gigi yang ada di pasaran.

artikel terkait: manfaat xylitolmafaat air garam untuk mulutmanfaat odol

  1. Mencegah flourosis email

Flourosis email merupakan kerusakan email pada gigi secara kualitas yang faktor penyebabnya karena adanya peningkatan konsentrasi flour yang tinggi terjadi di sekitar ameloblast yang terjadinya selama pembentukan email gigi, tanda-tanda gigi mengalami flourosis email ini dilihat dari warna gigi yang tidak lagi putih seperti warna gigi pad umumnya yang berwarna putih sebagai gigi yang sehat dan juga gigi terlihat lebih pucat dan buram serta email gigi pun menjadi rapuh.

artikel terkait: memutihakna gigimanfaat lendir bekicotmanfaat pasta gigi

  1. Mencegah karies gigi

Karies gigi merupakan adanya perusakan pada tulang atau gigi yang diakibatkan oleh adanya gigi yang mengalami proses berjangkitnya penyakit yang pada awalnya dimulai dengan adanya permulaan pada gigi yang terjadinya infeksi lalu sampai dengan gigi mengalami karies atau kerusakan pada gigi tersebut, akibat adanya hal tersebut diakibatkan oleh adanya bakteri yang membuat terjadinya karies pada gigi.

Karies pada gigi dapat diatasi dengan penghambatan bakteri yang membuat terjadinya infeksi pada gigi dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung anti bakteri dan gosok gigi secara teratur dan benar dalam menggosok gigi, yang dimana strawberry dapat dibuat menjadi pasta gigi karena adanya kandungan katekin yang memiliki fungsi yang sama seperti pasta gigi yang dijual di pasaran dan oleh karena itu strawberry memiliki kandungan katekin yang dapat dijadikan antibakteri yang memiliki sifat bakterisid atau zat kimia didalamnya mampu membunuh juga menghancurkan bakteri yang ada pada gigi dan memiliki sifat bakteriostatik atau zat kimia yang ada didalamnya mampu menahan pertumbuhan dari bakteri tersebut yang dimana hal tersebut terhadap bakteri Streptococus mutans.

artikel terkait: manfaat kawat gigimanfaat gerah jarakmanfaat kumur air garam saat sakit gigi

sponsored links
  1. Merupakan self cleaning

Sama seperti halnya pasta gigi yang dijual di pasaran yang dapat membersihkan gigi agar kesehatan gigi menjadi lebih terjaga, strawberry juga dapat membersihkan gigi dan dapat membunuh bakteri yang dapat mengakibatkan timbulnya penyakit pada gigi karies dan sebagainya yang diakibatkan oleh bakteri Streptococus mutans. Hal itu dikarenakan karena adanya kandungan pektin yang dimana pektin tersenut sebagai serat alami yang memiliki fungsi sebagai pembersih gigi secara alami yang dihasilkan dari buah strawberry.

artikel terkait: manfaat larutan dalam kehidupan sehari-harimanfaat teh rosellamanfaat gosok gigi

  1. Mengurangi terjadinya plak pada gigi

Plak pada gigi merupakan salah satu penyakit pada gigi selain dari penyakit karies gigi yang dapat mempengaruhi kesehatan pada gigi, plak gigi sendiri merupakan adanya seperti lengketan yang menempel pada gigi dari hasil sisa makanan yang menempel lalu mengandung bakteri pada permukaan gigi. Pada plak gigi sendiri terdapat berbagai macam zat yang dapat mengalami deskuamasi atau adanya pelepasan elemen epitel pada gigi yang disebabkan dari hasil sisa makanan yang menempel pada permukaan gigi, pada email gigi akan dilapisi oleh namanya polikel yang dimana polikel tersebut merupakan lapisan organik yang tidak jelas bentuknya dari hasil pengendapan dari saliva yang nantinya membentuk sebuah glikoprotein yang dimana termasuk dalam polikel tersebut.

Polikel tersebut memiliki sifat yang sangat lengket sehingga mampu membuat bakteri-bakteri tertentu dapat dengan mudah melekat pada permukaan gigi. Pada strawberry terkandung katekin yang dimana katekin sendiri dapat membuat bakteri tidak dapt hidup bahkan hancur yang membuat terjadinya plak pada gigi, sehigga plak gigi dapat dicegah dengan melakukan perawatan gigi dengan strawberry.

artikel terkait: manfaat barleymanfaat potasiummanfaat daun singkong bagi ibu hamil

Berikut merupakan manfaat dari buah strawberry yang dapat mencegah gigi dari penyakit gigi yang dapat merusak gigi sehingga kesehatan gigi menjadi tidak sehat lagi karena adanya bakteri yang menempel pada permukaan gigi, adanya penyakit pada gigi karena kebiasaan pola hidup yang tidak bersih karena tidak teratur gosok gigi yang nantinya sisa makanan akan menimbulkan menempelnya bakteri-bakteri menempel pada gigi serta bukan hanya karena menempelnya sisa makanan lalu adanya bakteri yang menempel tetapi karena penggunaan pasta gigi yang memiliki konsentrasi flourida yang tinggi yang tidak dianjurkan oleh penggunaan yang seharusnya pada gigi. Maka gunakan lah pasta gigi yang memiliki konsentrasi flourida  yang rendah serta teraturlah dalam bergosok gigi dan menggunakan tata cara yang baik dalam menggosok gigi supaya akan menjadikan gigi menjadi lebih sehat dan terawat.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 09th, May 2016 / 17:13 Oleh :
Kategori : Buah Buahan