5 Manfaat Larutan Dalam Kehidupan Sehari-hari

Manusia merupakan makhluk hidup yang hampir lebih dari 60% bagian dari dirinya adalah cairan. Maka dari itu, cairan sangatlah penting bagi tubuh manusia, utamanya air. Air merupakan salah satu bagian yang tak terpisahkan dari manusia itu sendiri. Manusia pun, pada dasarnya hanya mampu hidup tanpa air hanya selama tiga hari saja. Selebihnya ia akan mulai merasakan dehidrasi, kekurangan cairan, bahkan bisa berujung pada kematian. Dalam hal ini, saya akan membahas mengenai larutan.

Larutan sendiri dibagi menjadi dua, yakni larutan elektrolit dan juga larutan non elektrolit. Mereka masing-masing punya kegunaan yang sangat penting bagi kehidupan manusia, bukan hanya soal hubungannya secara langsung dengan tubuh manusia itu sendiri akan tetapi juga untuk membantu pekerjaan manusianya. Maka dari itu, larutan dalam kehidupan sehari-hari sangatlah penting. Berikut adalah beberapa manfaat larutan dalam kehidupan sehari-hari, utamanya bagi manusia :

1. Penunjang kehidupan yang utama

Salah satu fungsi utama dari larutan dalam hal ini air, adalah sebagai penunjang kehidupan. Sudah jelas bahwa kebutuhan dari manusia salah satunya merupakan air yang sangat penting bagi tubuh manusia itu sendiri. Nah, air ini bisa menjadi konsumsi manusia dan bisa menunjang kehidupan manusia secara jasmaniah. Maka dari itu, salah satu manfaat yang paling utama dari larutan atau dalam hal ini air adalah penunjang kehidupan.

2. Penyimpanan Energi

Untuk perkara yang satu ini, larutan elektrolit adalah ahlinya. Larutan elektrolit sendiri memiliki banyak fungsi yang sangat berguna bagi manusia. Salah satunya adalah penyimpanan energi, sebagai contoh yang paling konkrit adalah aki.

3. Glukosa

Glukosa merupakan salah satu larutan yang masuk dalam jenis larutan non elektrolit. Larutan non elektrolit pun juga berfungsi penting bagi tubuh manusia. Glukosa biasanya terdapat di gula yang mampu memberikan energi pada tubuh manusia.

4. Garam Dapur

Ini merupakan salah satu bentuk konkrit yang lain dari larutan elektrolit itu sendiri. Kegunaan garam dapur pun tidak bisa dianggap remeh, meskipun garam dapur adalah salah satu bumbu dapur yang paling murah, akan tetapi ia memiliki larutan elektrolit yang melimpah yang baik untuk tubuh. Garam dapur ini bisa menambah nafsu makan, dan menetralkan kondisi Ph dalam tubuh.

5. Urea

Urea juga merupakan salah satu dari bagian larutan elektrolit. Urea ini sangat penting dalam menunjang kehidupan manusia karena ia bisa bersifat sebagai pupuk bagi tanaman dan menyuburkan tanah.


Seperti yang anda lihat manfaat larutan bagi kehidupan sehari-hari, baik itu larutan elektrolit maupun non elektrolit, begitu bermacam-macam. Masih banyak sebenarnya kegunaan dari larutan elektrolit maupun non elektrolit, karena mereka sangat penting. Karena itu, jangan pernah anda kekurangan larutan baik elektrolit maupun non elektrolit dalam hidup anda. Semoga bermanfaat!

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 15th, March 2016 / 04:43 Oleh :
Kategori : Nutrisi