8 Manfaat Jeruk Sonkit Bagi Kesehatan Tubuh

Jeruk merupakan salah satu jenis buah yang memiliki banyak macam, jenis, bentuk, ukuran dan rasa. Namun apapun jenis jeruknya memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan kandungan lainnya yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Jeruk sonkit atau juga disebut dengan jeruk limau kasturi merupakan salah satu jenis jeruk yang pada umumnya ditambahkan pada sambal atau untuk membumbui masakan.

Jeruk sonkit memiliki ukuran yang lebih kecil daripada jeruk purut, berwarna hijau dan memiliki aroma wangi yang khas jeruk sambal. Di samping menjadi bumbu, terdapat juga manfaat jeruk sonkit atau manfaat buah kasturi untuk kesehatan tubuh. Nah, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai beberapa manfaat jeruk sonkit bagi kesehatan tubuh, yaitu:

1. Menghilangkan rasa lelah

Jeruk sonkit bisa dibuat minuman hangat yang sangat baik untuk dikonsumsi pada saat lelah setelah beraktivitas maupun tidak. Jeruk sonkit bisa diperas dan ditambahkan madu untuk mengurangi rasa asam, lalu ditambahkan air panas atau hangat. Mengkonsumsi minuman jeruk sonkit ini bisa menambah energi sehingga lelah yang dialami berkurang.

2. Meredakan batuk dan sakit tenggorokan

Seperti halnya dengan manfaat minum air lemon hangat, minum air jeruk sonkit hangat juga dapat membantu mengatasi tenggorokan gatal karena mengalami batuk atau penyebab lainnya. Untuk mendapatkan manfaat ini beberapa orang ada yang mecampurkannya dengan lada hitam, dengan madu, bahkan ada yang mencampurkannya dengan kecap.

3. Menambah daya tahan tubuh

Daya tahan tubuh yang lemah akan mengakibatkan tubuh lebih mudah terserang penyakit, mudah lelah, lemas dan tidak berenergi. Salah satu manfaat jeruk sonkit untuk kesehatan jika dikonsumsi secara rutin bisa menambah daya tahan tubuh, sehingga tubuh akan terjaga kebugarannya dan tidak mudah mengalami sakit.

4. Menyembuhkan demam dan panas

Salah satu manfaat jeruk kasturi lainnya adalah dapat meredakan panas dan demam. Selain dimanfaatkan air perasannya untuk diminum, jeruk sonkit atau kasturi bisa direbus  setelah dipotong-potong. Air rebusannya bisa digunakan untuk mengompres dahi, dengan menggunakan bantuan handuk yang lembut.

5. Mengobati sakit kepala dan pusing

Mudahnya pusing atau sakit kepala muncul bisa disebabkan karena daya tahan tubuh yang lemah dan tubuh yang kurang ternutrisi. Minuman jeruk sonkit hangat bisa menambah daya tahan tubuh, sekaligus bisa memberikan nutrisi bagi tubuh karena memiliki banyak kandungan vitamin, mineral dan nutrisi lain yang baik untuk kesehatan.

6. Mencegah penyakit kanker

Jeruk sonkit juga berkhasiat untuk membantu pencegahan kanker, karena memiliki kandungan senyawa antioksidan yang termasuk tinggi. Seperti halnya dengan manfaat air rebusan daun sirsak, khasiat dari rebusan jeruk sonkit bisa membantu melawan sel kanker dengan menghambat penyebarannya di dalam tubuh.

7. Membantu pengobatan hipertensi

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam jeruk sonkit dapat membantu menstabilkan tekanan darah dan sangat baik dikonsumsi bagi penderita hipertensi. Di samping itu, khasiatnya juga bisa menjaga kesehatan organ jantung dan mencegah terjadinya berbagai penyakit seperti stroke ataupun gangguan lainnya.

8. Melancarkan sistem pencernaan

Seperti manfaat minuman lemon madu, minum jeruk sonkit dengan atau tanpa madu dapat membantu melancarkan sistem pencernaan. Selain itu juga bisa mencegah munculnya gangguan pencernaan, karena dapat melawan bakteri jahat dalam usus dan memperbaiki saluran pencernaan.

Demikian ulasan mengenai manfaat jeruk sonkit bagi kesehatan tubuh, semoga bermanfaat.

, ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan