Sponsors Link

6 Manfaat Rumah Kaca Bagi Tumbuhan

Sponsors Link

Mendengar tentang kata rumah kca, mungkin beberapa orang akan berfikiran tentang efek rumah kaca, atau global warming. Padahal sebenarnya rumah kaca adalah bangunan yang terbuat dari gelas atau plastik bening yang di dalamnya digunakan sebagaitempat untuk budidaya tanaman. Suhu yang ada di dalam rumah kaca akan lebih panas dibandingkan dengan diluar rumah kaca, oleh karena itu, peningkatan suhu di bumi yang semakin panas akan terasa seperti di dalam rumah kaca, dan disebut efek rumah kaca.

ads

artikel terkait:

Mekanisme Rumah Kaca

Rumah kaca terbuat dari gelas kaca atau plastik fiber bening yang digunakan sebagai perantara yang berefek untuk menangkap energi dari matahari. Panas matahari yang sudah tertangkap di dalam rumah kaca akan terperangkap di dalam rumah kaca tersebut. Sehingga keadaan suhu di dalam rumah kaca tetap terjaga panasnya. Tujuan utama dari rumah kaca adalah memanaskan tumbuhan dan tanah yang ada di dalam rumah kaca menjadi lebih hangat. Rumah kaca bekerja dengan menangkap radiasi elektromagnetik dari cahaya matahari dan mencegah terjadinya konveksi.

artikel terkait: manfaat pasta gigimanfaat aquaproof

Manfaat Rumah Kaca

Meskipun suhu udara yang ada di dalam rumah kaca menjadi lebih panas, namun hal ini justru mendatangkan manfaat. Beberapa manfaat yang dihasilkan dari rumah kaca diantaranya:

  1. Mengembangkan Beberapa Jenis Tumbuhan

Rumah Kaca digunakan untuk mengembangkan beberapa jenis tanaman seperti bunga, buah dan tanaman seperti tembakau. Beberapa jenis tanaman tersebut dapat dikembangkan varietasnya menjadi lebih baik dan lebih unggul ketika ditanam di dalam rumah kaca.

artikel terkait: manfaat boraks

  1. Menjaga Kehangatan Tumbuhan

Di beberapa negara tertentu, seperti negara yang dilalui oleh 4 musim akan sulit untuk mengembangkan beberapa tanaman karena udara yang kurang mendukung untuk beberapa jenis tanaman tersebut. Diperlukan rumah kaca untuk menjaga kehangatan tumbuhan, seperti ketika pada musim dingin dan awal musim semi yang udaranya sangat dingin dibandingkan dengan musim yang lain. Udara dingin yang terlalu ektrim dapat membuat beberapa jenis tumbuhan tidak akan sanggup untuk bertahan, sehingga hanya ada beberapa tumbuhan yang tetap hidup.

Untuk menjaga agar tanaman tetap hidup di musim dingin dan awal musim semi, negara dengan cuaca ekstrim menggunakan rumah kaca untuk menjaga beberapa jenis tanaman agar tidak mati karena udara hangat yang ada di dalam rumah kaca.

artikel terkait: manfaat plafon rumah

ads
  1. Mencegah Tanaman Terserang Hama

Adanya tumbuhan, pastinya akan ada hama yang menyerang. Karena ibaratnya, tumbuhan adalah makanan bagi hama. Untuk menyelamatkan beberapa jenis tumbuhan tertentu agar tidak terserang hama, perlu dilakukan penanganan seperti dengan menempatkan tanaman di dalam rumah kaca. Menyimpan atau menanam tumbuhan di dalam rumah kaca akan lebih terlindungi dibandingkan di alam bebas. Selain hama, tanaman yang hidup di dalam rumah kaca juga tidak akan terserang sejenis penyakit tanaman.

artikel terkait: manfaat pondasi rumah

  1. Melindungi Tanaman Dari Cuaca Ekstrim

Rumah kaca akan melindungi tanaman dari udara yang ekstrim, baik udara panas maupun udara dingin yang ekstrim. Dengan adanya rumah kaca,tumbuhan akan dapat tetap berthan meskipun di luar sedang terjadi udara yang sangat dngin maupun udara sanatlah panas. Di beberapa negara dengan cuaca ekstrim, rumah kaca sangat diperlukan bahkan dengan instalasi dengan biaya mahalpun tetap akan dilakukan untuk menjaga beberapa jenis tumbuham agar tetap bertahan hidup.

artikel terkait: manfaat memelihara ikan discuc di rumah

  1. Menjaga Pasokan Makanan Pada Negara Dengan Garis Lintang Tinggi

Daerah atau negara yang terletak pada garis lintang yang tinggi cenderung hanya memiliki jenis tumbuhan yang sedikit. Beberapa tumbuhan sebagai pasokan pangan juga tidak dapat hidup di negara dengan garis lintang yang tinggi. Untuk menjaga agar pasokan pangan tetap terjaga, tumbuhan pangan dapat ditanam di dalam rumah kaca agar pasokan pangan terpenuhi.

artikel terkait: manfaat hidroponic

  1. Mengontrol Kadar Air Yang Diperlukan Oleh Tumbuhan

Tumbuhan yang ditanam di dalam rumah kaca akan lebih terkontrol jumlah air yang masuk ke dalam tumbuhan tersebut. Tumbuhan yang hidup di dalam rumah kaca akan terhindar dari hujan dan pengairan yang tidak perlu. Air yang disiramkan di tumbuhan akan dikontrol setiap harinya. Sehingga tumbuhan mendapatkan jumlah air yang sama setiap harinya. Air yang masuk tidak terlalu banyak dan juga tidak terlalu sedikit. Sehingga kualitas tanaman menjadi lebih baik. Di daerah empat musim, rumah kaca sangat diperlukan untuk menjaga agar tanaman tidak terkena angin kencang dan juga hujan es dan salju. Tumbuhan akan lebih aman dan terhindar dari kerusakan.

artikel terkait: manfaat bulu landak

Rumah kaca memiliki berbagai manfaat untuk tumbuhan. Berbeda dengan efek rumah kaca, rumah kaca sengaja dibuat untuk menangkap energi elektromagnetik dari matahari dan memerangkapnya di dalam rumah kaca untuk menjaga kehangatan tanaman. Selain itu, menanam tumbuhan di dalam rumah kaca juga memiliki banyak manfaat lain agar tumbuhan tetap terjaga.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 01st, March 2017 / 04:55 Oleh :
Kategori : Teknologi