7 Manfaat Pohon Glodokan Untuk Lingkungan dan Kesehatan

Manfaat Pohon GlodokanPohon glodokan atau polyalthia longifolia dan juga sering disebut dengan glodogan tiang adalah salah satu jenis pohon yang terkenal di Indonesia. Pohon ini menjadi salah satu pohon yang disebut dengan pohon evergreen karena bisa tumbuh dengan baik walau perubahan cuaca dan iklim terjadi di sekitarnya sehingga tidak akan terpengaruh dan tidak menyebabkan daun dari pohon ini berguguran. Pohon glodokan bisa tumbuh tinggi tegak lurus mencapai 30 hingga 35 meter yang terlihat sangat indah dan menjadi salah satu tanaman sumber antioksidan. Tanaman ini juga bisa dipindahkan pada saat sudah mencapai ketinggian 1 hingga 2 meter. Namun jika pohon ini dipindahkan saat sudah setinggi 5 meter, maka pohon ini bisa stress dan akan kering dalam waktu yang lumayan lama sekitar 1 bulan dan baru bisa tumbuh kembali. Ada beberapa manfaat pohon glodokan yang bisa digunakan oleh manusia yang dalam ulasan berikut ini akan kami jelaskan sebagai tambahan informasi.

  1. Mengurangi Polusi Udara

Pohon glodokan ini sangat tepat jika ditanam di jalan raya, taman kota dan ruangan hijau terbuka lainnya. Hal ini disebabkan karena pohon glodokan sangat efektif digunakan sebagai pohon peneduh jalan sekaligus juga mengurangi polusi udara yang terjadi. Dengan menanam pohon glodokan ini, maka udara di sekitar pohon tersebut akan semakin bersih yang membuat orang orang di sekitarnya juga bisa lebih segar.

  1. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Dalam segala bagian pohon glodokan ini mengandung tiga senyawa diterpenoid yakni asam polyalthialdoat, hidroksi cleroda dan juga olide yang terbukti sebagai solusi kanker khususnya sel kanker leukemia.

  1. Mengandung Antioksidan

Tidak hanya seluruh pohon yang sangat baik digunakan sebagai peneduh dan menyerap polusi, namun bagian biji dari pohon glodokan ini memiliki manfaat antioksidan yang sangat kuat sehingga bisa digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit berbahaya dalam tubuh.

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Dari hasil sebuah penelitian, ekstrak kulit akar pohon glodokan ini memiliki 50% metanol yang sangat penting untuk menurunkan tekanan darah normal dan juga hipertensi dalam percobaan tahun 2005 dimana objek yang digunakan pada saat itu menggunakan seekor tikus.

  1. Mengatasi Demam

Pohon ini juga sudah sejak lama digunakan sebagai pengobatan tradisional dari berbagai bagian dari pohon glodokan tersebut dan salah satunya adalah untuk menurunkan demam sekaligus mengatasi gejala yang ditimbulkan seperti sakit kepala.

  1. Mengatasi Diabetes

Dari sebuah penelitian juga membuktikan jika beberapa bagian dari pohon glodokan bisa diekstrak yang nantinya digunakan untuk para penderita diabetes sebab kemampuan kandungan dalam pohon ini yang bisa menjaga kadar gula dalam darah sehingga lonjakan gula darah bisa dicegah.


  1. Menangkal Racun

Biji dari pohon glodokan ternyata juga bisa digunakan untuk mengeluarkan racun dalam tubuh. Bagian biji tanaman ini yang dibuat menjadi bubuk berwarna coklat agak kehitaman dengan rasa pahit sedikit pedas ini di uji coba terhadap tikus yang terkena obat nyamuk bakar dan terbukti jika tikus tersebut bisa bertahan lebih baik dibandingkan tikus yang tidak diberikan bubuk biji glodokan tersebut. Dari penelitian tersebut terbukti jika tikus bisa bertahan hingga 83.2% terhadap pengasapan pekat obat nyamuk bakar karena pengaruh kandungan dalam biji tersebut.

Tidak hanya sebagai tanaman untuk memperindah dan peneduh di pusat kota, ternyata beberapa bagian dari tanaman ini seperti akar, daun dan juga biji membuat manfaat pohon glodokan semakin lengkap khususnya karena kandungan antioksidan tinggi yang terdapat di bagian biji, akar dan juga daun glodokan. Semoga ulasan yang kami berikan kali ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda seputar kegunaan pohon yang mungkin belum anda ketahui sebelumnya.

, , ,
Oleh :
Kategori : Tumbuhan