Sponsors Link
     Sponsors Link

16 Manfaat Pisang Ambon untuk Kesehatan

Sponsors Link

manfaat pisang ambonPisang merupakan buah yang tentunya tak asing lagi bagi kita. Buah ini mudah kita jumpai dan kita dapatkan, seperti di pasar-pasar tradisional, maupun di pekarangan rumah penduduk. Banyak sekali jenis-jenis pisang yang bisa kita jumpai di negara kita ini. Salah satunya adalah pisang ambon. Seperti namanya, pisang ambon merupakan tanaman asli dari Indonesia. Saat ini, pisang ambon telah banyak dibudidayakan, baik di rumah-rumah penduduk maupun di kebun-kebun. Banyak sekali yang menyukai jenis pisang ini, karena ia memiliki rasa manis yang pas di lidah.


Pengolahan Pisang Ambon

Pisang ambon memiliki banyak fungsi, pisang yang sudah matang dapat dikupas maupun diiris, dikeringkan dan diawetkan. Sedangkan buah masih hijau yang biasanya dicuci dengan air mendidih, dikupas, diiris untuk dijadikan makanan ringan seperti keripik. Bisa juga dikeringkan, maupun ditumbuk hingga berbentuk seperti tepung yang biasa digunakan untuk membuat roti dan bubur. Tepung pisang sangat baik untuk penyembuhan berbagai macam penyakit sistem pencernaan (enteritis atau lambung), seperti diare, disentri, maupun gangguan pencernaan lainnya.


Kandungan Nutrisi pisang Ambon

Kandungan Nutrisi Pisang Ambon Per 100 gr sajian :

  • Kalori : 99 kkal
  • Protein : 1.2 gr
  • Karbohidrat : 26 gr
  • Kalsium : 8 mg
  • Zat Besi : 0.5 mg
  • Fosfor : 28 mg
  • Vitamin A : 146 SI
  • Vitamin B1 : 0.08 mg
  • Vitamin C : 3 mg
  • Air : 72 gr


Pisang ambon telah dikenal luas oleh masyarakat, ia menjadi salah satu alternatif buah yang biasa digunakan sebagai pencuci mulut. Tapi apakah anda tahu bahwa buah yang satu ini memang sangat baik untuk dimakan. Secara klinis, berbagai manfaat buah pisang ambon atau yang biasa disebut pisang hijau sangat beragam. Berikut ini beberapa manfaat pisang ambon, antara lain :

1. Sebagai Sumber Energi

Kandungan nutrisi pisang ambon diantaranya adalah kalori sebesar 99 kkal/ 100 gramnya. Hal ini dapat membantu menyumbangkan tambahan kalori yang dibutuhkan tubuh dalam melakukan proses metabolisme. Meskipun tidak terlalu besar, namun kalori dalam pisang ambon bisa dijadikan makanan alternatif membuat perut kita terasa kenyang saat kita kelaparan.

2. Kandungan Asam Folat

Para ahli gizi sering menyarankan bagi para wanita hamil untuk mengkonsumsi pisang. Hal ini dikarenakan adanya salah satu kandungan nutrisi dari manfaat pisang ambon yaitu asam folat alami yang mudah diserap oleh janin melalui rahim, yang berguna untuk membantu perkembangan otak dam sumsum tulang belakang janin. Saat seorang wanita hamil kekurangan asam folat, hal tersebut dapat mengakibatkan terganggunya perkembangan otak dan sumsum tulang belakang.

Hal ini dapat menyebabkan kelumpuhan, kerusakan jaringan otak, maupun memperbesar resiko keguguran. Untuk itu, seorang wanita yang sedang hamil sebaiknya selalu memenuhi kebutuhan asam folat dalam tubuhnya.

3. Mengobati anemia

Anemia merupakan sejenis penyakit yang dapat menyebabkan penderitanya merasa lemas dan lesu. Hal tersebut dikarenakan jumlah sel darah merah dalam tubuhnya  di bawah normal. Manfaat zat besi atau Fe dalam pisang ambon yang cukup tinggi sangat baik untuk membantu mengatasi gangguan anemia, yaitu dengan jalan meningkatkan sel-sel darah merah dalam tubuh.

4. Mengurangi gangguan usus

Bagi orang-orang yang memiliki gangguan organ usus dan perut, kandungan dalam manfaat pisang ambon dipercaya memiliki efek penyembuhan yang baik bagi kedua penyakit tersebut. Caranya cukup mudah dan sederhana, hanya dengan mengkonsumsi jus buah pisang ambon yang telah dicampur dengan manfaat susu secara rutin setiap hari. Pisang ambon dan beberapa jenis pisang lainnya dikenal untuk menetralkan asam di lambung sehingga sangat baik untuk menenangkan perut.

5. Mengobati gangguan liver

Untuk pasien dengan gangguan fungsi hati atau liver sangat dianjurkan mengkonsumsi 2 buah pisang ambon yang telah dicampur dengan 1 sendok makan manfaat madu secara rutin setiap hari. Hal ini dipercaya dapat membantu untuk meningkatkan nafsu makan serta untuk meningkatkan stamina bagi seseorang yang sedang menderita gangguan liver.

Khasiat seperti ini juga di dapat pada :

6. Menurunkan Resiko Diabetes

Selain beberapa manfaat pisang ambon yang disebutkan di atas, ternyata buah yang memiliki rasa manis ini juga berkhasiat dalam mengobati penyakit diabetes. Hal ini karena adanya kandungan gula yang cukup sederhana dalam pisang ambon  yang mudah diserap oleh tubuh, sehingga dapat membantu mengontrol kadar gula dalam darah penderita diabetes.

7. Menurunkan berat badan

Bagi seseorang yang sedang menjalani program diet, mengkonsumsi pisang ambon sangat baik untuk membantu program tersebut. Hal ini dikarenakan kandungan karbohidrat kompleks dalam pisang ambon tidak berpengaruh pada peningkatan kadar glukosa dalam darah secara drastis. Pisang ambon juga terkenal rendah lemak, sehingga aman untuk mendukung program diet. Serat yang terdapat pada pisang ambon juga berpengaruh pada penurunan berat badan serta mempercepat proses metabolisme tubuh. Selain itu, serat juga banyak terdapat pada :

Sebaiknya mengkonsumsi buah ini secara langsung tanpa adanya proses pengolahan terlebih dahulu seperti pisang goreng, kolak, atau milkshake. Hal ini dikarenakan

8. Membantu pengobatan hipertensi

Bagi seorang penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi, dianjurkan untuk mengkonsumsi manfaat pisang termasuk pisang ambon. Dalam buah ini mengandung senyawa kalium yang penting untuk membantu mengatur fungsi jantung, tekanan darah, saraf dan aktivitas otot. Kalium juga dapat mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit, menjadikan tekanan darah tetap dalam kondisi normal. Kandungan serat dalam pisang ambon juga berfungsi untuk mengikat lemak pada pembuluh darah.

9. Melancarkan sistem pencernaan

Gangguan sistem pencernaan dalam tubuh manusia bisa diakibatkan karena kesalahan dalam pola diet dan menu makanan yang kita konsumsi. Pisang ambon sangat kaya akan produk serat yang dapat membantu pencernaan. Selain itu manfaat vitamin B yaitu vitamin B-6 nya mampu menangkal diare. Pisang ambon juga memiliki sifat antacid serta mudah dicerna, sehingga baik dikonsumsi oleh orang-orang dengan gangguan asam lambung.

Menurut berbagai penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang makan pisang secara teratur akan memiliki dinding lambung yang kuat daripada orang-orang menghindari konsumsi pisang.

10. Mencegah serangan jantung

Serangan jantung bisa terjadi karena berbagai faktor, diantaranya adalah karena berkurangnya aliran oksigen ke jantung akibat penyempitan pembuluh darah yang disebabkan oleh penumpukan lemak pada dinding pembuluh darah. Kandungan kalium dalam manfaat pisang ambon dapat berperan sebagai tonik yang baik untuk jantung. Selain itu, kandungan serat dalam buah ini dapat membantu menurunkan kolesterol.

Sedangkan manfaat vitamin C dan manfaat senyawa flavonoid yang terkandung dalam pisang ambon merupakan agen antioksidan yang dapat mencegah terjadinya oksidasi lemak yang dapat menyebabkan serangan jantung.

11. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Karena berkaitan dengan zat antibodi dalam tubuh, maka setiap orang memiliki sistem kekebalan tubuh (sistem imun) yang berbeda-beda. Kandungan manfaat vitamin A, B-6, serta vitamin C yang terdapat pada pisang ambon dipercaya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari berbagai infeksi dan virus.

Peneliti dari Amerika Serikat menemukan bahwa lectin, senyawa kimia yang ditemukan dalam pisang ambon dapat menghambat perkembangan infeksi HIV dalam tubuh, yaitu dengan menghalangi masuknya virus.

12. Meredakan rasa nyeri

Pisang ambon dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk mengatasi rasa nyeri. Hal ini dapat membantu mengurangi rasa nyeri ringan seperti rasa nyeri sendi atau gejala pusing ringan. Khasiat seperti ini juga ada terdapat pada :

13. Menjaga kesehatan mata

sponsored links

Pisang ambon banyak memiliki kandungan vitamin A ada pisang ambon yang berfungsi untuk membantu menjaga kesehatan mata. Cara meningkatkan kinerja bagian retina sebagai penerima cahaya maupun bayangan dari objek yang sedang kita lihat.

14. Menjaga daya ingat

Kandungan vitamin B dalam pisang ambon cukup tinggi, sehingga mampu membantu mempertahankan aktivitas kerja sistem saraf. Hal ini nantinya dapat mendorong seseorang untuk berkonsentrasi lebih lama.

15. Menambah mood dan menghindari stress

Kandungan sorotonin dan kalium yang cukup tinggi pada manfaat pisang ambon, dapat membantu membuat perasaan menjadi rileks dan tenang. Hal ini juga dapat menambah mood atau suasana hati, membuat perasaan lebih bahagia, serta menghindarkan dari gangguan stress serta kelelahan.

16. Masker wajah

Bagi mereka yang ingin mendapatkan kulit indah, pisang hijau juga dapat membantu mempercantik penampilan kulit. Caranya cukup sederhana, yaitu dengan menghaluskan potongan pisang yang telah dicampur dengan madu atau bisa juga dengan manfaat minyak zaitun. Setelah berbentuk menyerupai pasta, oleskan pada wajah sebagai masker.

Konsumsi Pisang Ambon yang Sehat

Pisang ambon bisa dikonsumsi setiap hari, tetapi dalam jumlah yang sewajarnya saja yaitu hanya 1 atau 2 buah per hari. Pisang dapat dikonsumsi sebelum atau sesudah makan. Untuk menjaga daya tahan dan kesegaran pisang ambon, sebaiknya disimpan dalam lemari es.

Namun konsumsi pisang ambon juga tidak berlebihan, karena pisang ambon memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi yaitu sekitar 85-100 kalori per buahnya. Terlalu banyak konsumsi kalori dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan seperti obesitas, menurunnya daya tahan tubuh, serat bisa meningkatkan resiko diabetes.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 21st, April 2015 / 13:59 Oleh :
Kategori : Buah Buahan