Manfaat Nanas

Manfaat nanas terdapat dari kandungan zat baik yang terkandung di dalamnya. Nanas adalah salah satu buah tropis yang banyak digemari di negeri sendiri. Rasa keasaman pada nanas, sering membuat nanas dijadikan macam-macam hidangan kuliner seperti rujak, asinan ataupun sebagai pelengkap pada resep masakan. Saat ini memperoleh nanas juga tidak susah, kita dapat menemukannya di pasar tradisional ataupun supermarket. Buah yang amat menyegarkan ini juga ada beberapa mitos yang menaunginya tapi manfaat nanas ternyata juga sangat beragam. Berikut akan kita bahas pada artikel ini.

Manfaat Nanas Bagi Tubuh

Nanas tidak hanya enak saat dinikmati tapi dibalik kenikmatannya itu, tersimpan manfaat nanas yang luar biasa. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Manfaat nanas meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Pada nanas terkandung zat asam amino yang kaya. Zat asam amino membantu peningkatan sistem imunitas tubuh dan menjaga ketersediaan energi pada tubuh agar tidak kelelahan.
  • Membantu Penyerapan Nutrisi
Manfaat nanas ini terkandung pada kandungan enzim bromelain yang membantu penyerapan nutrisi pada makanan sehingga memudahkan pencernaan. Pada orang-orang pasca operasi dapat memanfaatkan nanas untuk mengurangi peradangan.
  • Mencegah Dehidrasi
Kandungan yang kaya vitamin seperti pada manfaat buah semangka dan manfaat ketimun, nanas mengatasi kekurangan cairan pada tubuh. amasnfaat nanas dengan kandungan vitamin A dan C, mampu menangkal radikal bebas yang memicu tumbuhnya gejala kanker.

Manfaat Nanas Untuk Mengurangi Lemak

Kekayaan nutrisi pada nanas seprti vitamin A,C, tiamin, tembaga dan serat sudah tidak diragukan lagi. Namun salah satu yang cukup banyak andil adalah enzim bromelain. Enzim tersebut diyakini mampu mengurangi masalah lemak yang berlebih pada daerah sekitar perut dan pinggul. Bagaimana cara kerjanya?

Enzim bromelain membantu pencernaan pada usus. Pada penelitian baru-baru ini, mengkonsumsi jus nanas membantu membakar lemak karena kandungan enzim bromelain ini bekerja sama dengan enzim lain yang terdapat pada perut yaitu enzim lipase, mencerna kandungan lemak pada makanan yang kita makan. Selain itu, dengan kedua enzim ini, nafsu makan dapat diturunkan dan pembuangan sekresi lemak menjadi lebih optimal. Sehingga lemak-lemak terbantu untuk dikeluarkan dari tubuh. Pastinya bagian perut tanpa lemak bukan imoian lagi.

Tapi tentu saja yang perlu diingat, pengkonsumsian nanas tidak boleh berlebihan karena nanas dapat memicu penyebab terjadinya beberapa alaergi. Maka dari itu, konsumsilah setiap makanan dengan bijak untuk mendapatkan manfaatnya juga.

Post Date: Monday 04th, August 2014 / 09:59 Oleh :
Kategori : Buah Buahan