10 Manfaat Minyak Almond Untuk Kecantikan dan Kesehatan

Khasiat minyak almond sudah dikenal sebagai satu bahan perawatan kecantikan yang sudah tidak diragukan lagi. Almond pada awalnya ditemukan sebagai kacang-kacangan yang sering dibuat sebagai bahan tambahan untuk pembuatan makanan. Namun seiring berjalannya waktu, almond kemudian diolah dan diambil minyaknya. Berikut merupakan manfaat almond bagi perawatan kecantikan dan juga memberikan manfaat untuk kesehatan.

Manfaat Minyak Almond Untuk Kulit

Almond sering dijadikan bahan pembuatan produk kecantikan atau kosmetik. Hal ini karena minyak almond mempunyai kandungan yang dapat memberikan kelembaban alami pada kulit. Penggunaan minyak almond langsung, sangat baik karena tidak terkontaminasi bahan kimia lain. Sama seperti manfaat minyak zaitun ini, juga dapat dicampur dengan bahan alami lain untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Berikut ini diantaranya :

1. Melembabkan dan Menghaluskan Kulit

Seiring dengan berjalannya waktu, kulit mengalami kerusakan akibat sengatan sinar matahari dan mengalami tanda-tanda penuaan. Minyak almond dapat digunakan sebagai pelembab kulit untuk melembutkan dan menghaluskan kulit. Dalam “Complementary Therapies In Clinical Practice” edisi Februari 2010, menyebutkan bahwa minyak almond merupakan properti emollient yang memberikan kemampuan untuk meremajakan dan menghaluskan kulit sehingga dapat meningkatkan warna kulit ((live strong)).

2. Meredakan Iritasi Kulit

Banyak hal yang dilakukan oleh tubuh dan melibatkan kulit secara langsung, sehingga membuatnya rawan terhadap iritasi seperti gatal-gatal, bengkak, bercak kemerahan oleh kulit sehingga seperti gatal dan bengkak. Kemudian kondisi kulit seperti psoriasis dan eksim yang menyebabkan peradangan pada kulit, serta kemerahan dan ruam gatal. Minyak almond sementara dapat meringankan peradangan dan iritasi yang terkait dengan kondisi tersebut. Namun sebelum menggunakan pada kulit, lakukan percobaan dengan sedikit saja menggunakan minyak ini, untuk mengetahui apakah ada alergi atau sensitivitas dari minyak almond.

3. Menyingkirkan Sel Kulit Mati

manfaat-minyak-almondKulit yang terlihat kusam biasanya dikarenakan sel-sel kulit mati, karena faktor eksternal seperti polusi, kotoran, keringat, dan sebagainya. Menyingkirkan sel-sel kulit mati tersebut akan mencerahkan kulit kembali dengan menyingkirkan sel kulit mati. Caranya :

  • Campur minyak almond dengan susu sebanyak satu sendok teh, sedikit air perasan lemon dan gram
  • Oleskan pada wajah, kemudian diamkan setidaknya 30 menit sebelum di bilas dengan air bersih
  • Untuk dibuat menjadi scrub, tambahkan 1 sendok teh gula pasir
  • Pijat scrub pada wajah dalam gerakan melingkar kecil untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati dan komedo

4. Mengatasi Kerutan

Kandungan minyak herbal seperti minyak almond juga mampu mengurangi kerutan pada wajah. Kandungan vitamin A dan B yang membantu menangani masalah kerutan, juga banyak terkandung pada kacang-kacangan lain seperti yang kita temui pada manfaat kacang merah dan manfaat kacang hijau. Penggunaannya pasti lebih baik karena bebas dari bahan kimia atau zat adiftif ataupun pewangi sensitif yang terdapat dalam produk kosmetik.

Manfaat Minyak Almond Perawatan Rambut

Tidak hanya baik untuk merawat kecantikan kulit, namun minyak almond kerap digunakan untuk menjaga keindahan rambut :

5. Menyehatkan Rambut

Minyak almond menyerupai manfaat seledri untuk melebatkan rambut, karena kandungan magnesium yang kaya dan dipakai dalam berbagai produk rambut. Kekurangan magnesium dapat menyebabkan berat rambut rontok. Minyak almond akan memperbaiki kualitas rambut dan engurangi rambut rontok. Gunakan minyak almond 1 hingga 2 kali dalam seminggu, cukup dengan mengoleskannya sambil memiji-mijit kulit kepala. Kemudian siapkan handuk yang sudah didalam air panas untuk membungkus kepala. Hal ini dilakukan untuk mengoptimalkan penyerapan minyak almond. ((stylecraze)).

6. Mengatasi Ketombe

Mungkin kita hanya mengetahui manfaat jeruk nipis untuk menghilangkan ketombe, padahal minyak almond mampu bekerja secara efektif dengan menyingkirkan sel-sel yang mati dan menyembuhkan kulit kepala. Campurkan gooseberry halus dan minyak almond, biarkan selama 30 menit pada rambut, kemudian cuci  rambut untuk menenangkan kulit kepala dan membuat rambut lebih bersinar.

7. Menjaga Kilauan Rambut

Minyak almond yang dikombinasikan dengan manfaat alpukat dapat dibuat menjadi masker rambut yang berfungsi menjaga kilau alami rambut. Campurkan minyak almond dengan buah alpukat yang telah halus, kemudian gunakan sebagai masker rambut. Biarkan selama 30 menit sebelum dicuci dengan sampo dan kondisioner.

Perawatan kecantikan dengan manfaat minyak almond untuk kecantikan harus dilakukanalami secara teratur, untuk menjadikan kulit dan rambut sehat yang cantik alami.

Manfaat Minyak Almond Bagi Kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat kesehatan yang didapatkan dari minyak almond :

8. Meningkatkan Daya Ingat

Minyak almond dapat memperkuat sistem saraf, sehingga membuat daya ingat menjadi lebih baik. Tambahkan sedikit minyak almond ke dalam segelas susu dan konsumsi secara teratur. Minyak almond merupakan sumber asam lemak omega 3, seperti yang ditemui pada manfaat minyak ikan dan lemak tak jenuh yang membuatnya ideal untuk konsumsi. Minyak almond juga dapat digunakan sebagai dressing salad yang lezat.

9. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Memijat dengan minyak almond meningkatkan sirkulasi darah tubuh dan juga membantu pengembangan sistem tulang pada bayi. Pijat bayi dengan minyak almond untuk kulit bayi yang lembut dan mengoptimalkan perkembangan tulang yang sehat.

10. Analgesik Alami

Sifat analgesik yang terkandung di dalam minyak almond, dapat membantu meringankan rasa sakit karena otot-otot yang tegang. Siapkan beberapa sendok makan minyak almond kemudian dipanaskan, pijat pada tubuh yang terasa pegal dan kaku otot.

Manfaat lainnya dari minyak almond ini sering digunakan sebagai pengganti minyak goreng biasa dalam memasak karena kandungan minyak essensialnya lebih baik dari minyak kepala sawit. Namun karena minyak almond berasal dari kacang-kacangan, penggunaanya harus dibatasi pada penderita alergi kacang-kacangan.



Artikel Lainnya



,
Post Date: Monday 04th, August 2014 / 10:02 Oleh :
Kategori : Nutrisi