10 Manfaat Lulur Susu Domba Bagi Kecantikan Wajah dan Kulit

A. Mengenal Susu Domba

Susu yang umumnya dikonsumsi maupun dijadikan bahan kosmetik adalah susu sapi. Namun penelitian terbaru justru mengungkapkan bahwa  susu domba mempunyai kandungan nutrisi yang lebih tinggi dibandingkan susu sapi, kerbau bahkan kambing. Akan tetapi produksi susu domba mempunyai jumlah yang lebih sedikit dibandingkan jumlah susu hewan ternak lain. Akan tetapi kandungan nutrisi atau mineral didalamnya jauh lebih padat serta tinggi. Susu domba mengandung double moizturizer yang mampu memutihkan kulit dalam jangka waktu yang tidak lama. Pemanfaatan susu domba menjadi bahan kosmetik juga tidak akan beresiko terhadap efek samping penggunaan karena berasal dari bahan yang alami.

B. Kandungan pada Susu Domba

Manfaat susu domba tidak hanya dirasakan dari segi kesehatan semata akan tetapi pemanfaatannya bisa diterapkan pada dunia kecantikan. Kandungan nutrisi yang terdapat pada susu domba mempunyai kadar yang jauh lebih tinggi dibandingkan susu hewan  lain.Berikut takaran nutrisi yang terkandung pada susu domba dalam satuan 100 gram:

  1. Air = 83 g
  2. Protein = 5.4 g
  3. Lemak = 6.0 g
  4. Karbohidrat = 5.1
  5. Energi = 95 kcal
  6. Laktosa (gula) = 4.9 g
  7. Asam Lemak Jenuh = 3.8 g
  8. Asam Lemak Tak Jenuh Tunggal = 1.5 g
  9. Asam Lemak Tak Jenuh Ganda = 0.3 g
  10. Kolesterol = 11 mg
  11. Kalsium = 170 IU

C. Manfaat Susu Domba untuk Kecantikan Kulit

Serangkaian produk kecantikan kulit menjadikan susu domba sebagai bahan utama karena kandungan didalamnya yang dapat menutrisi kulit. Produk susu domba yang terbuat dari bahan alami juga merebak dipasaran karena jaminan mutu kualitasnya. Ada beragam variasi produk susu domba yang dipakai untuk kecantikan kulit mulai dari melembabkan, memutihkan bahkan meremajakan kulit. Susu domba dapat dijadikan sebagai lulur, sabun, dan lotion untuk siang dan malam. Semua variasi produk tersebut mempunyai manfaat untuk merawat kecantikan kulit tanpa efek  samping berarti.

D. Kandungan Lulur Susu Domba

Produk lulur susu domba menjadikan kulit putih tanpa efek samping penggunaan dan iritasi. Kandungan didalamnya sangat bermanfaat untuk perawatan kecantikan kulit. Kandungan produk lulur susu domba merupakan hal yang harus diperhatikan sebelum mengaplikasikannya ke kulit. Kandungan bahan kimia pada produk lulur justru dapat merusak kulit walaupun secara fisik mendapatkan hasil yang instan. Berikut kandungan yang terdapat pada  lulur susu domba :

  • Collagen
  • Vitamin E
  • Vitamin C
  • Susu Domba
  • Protein susu
  • Mutiara

E. Manfaat Lulur Susu Domba Secara Umum

Lulur susu domba mampu mengatasi permasalahan kulit seperti kusam atau tona warna kulit yang cenderung coklat. Untuk mendapatkan kulit putih mulus tanpa mengalami efek samping penggunaan maka sangat cocok untuk memilih lulur susu domba sebagai rangkaian perawatan kecantikan kulit. Terlebih kandungan mutiara yang terdapat pada lulur susu domba dapat membuat kulit cerah dan putih secara optimal. Ditinjau dari segi keamanan produk, sudah jelas bahwa lulur susu domba layak bahkan dianjurkan pemakaiannya. Badan kesehatan dan keamanan produk kecantikan sudah menjamin mutu dan kualitasnya. Lalu apa saja manfaat pemakaian lulur susu domba?

Secara umum berikut beberapa manfaatnya :

  1. Memutihkan tona warna kulit

Kulit tubuh yang mengalami penggelapan akibat paparan sinar matahari dapat diatasi dengan menggunakan lulur susu domba guna mengembalikan kecerahan warna kulit. Kandungan mutiara dan moizturizer didalamnya dapat mencerahkan tona warna kulit dua kali lebih cepat. Dengan pemakaian yang teratur kulit akan kembali putih seperti sedia kala.

  1. Mencerahkan tona warna kulit

Kecerahan tona warna kulit akan membuat wajah berseri bukan? Warna kulit yang putih akan tetapi tidak mempunyai pigmen atau unsur cerah akan nampak pucat. Dengan kandungan moizturizer didalam lulur susu domba maka kecerahan warna kulit dapat didapatkan dengan penggunaan dan perawatan yang tergolong mudah.

Baik Untuk tona Kulit  (Manfaat sunblock wajah dan manfaat masker alpukat)

  1. Mengangkat sel kulit mati

Sel – sel kulit mati yang masih melekat pada kulit akan menumpuk sehingga dapat menyumbat pori – pori. Pada kulit wajah, pori – pori yang tersumbat ini akan menyebabkan peradangan yang berujung pada munculnya jerawat. Penggunaan lulur susu domba akan mengangkat sel kulit mati yang menumpuk pada permukaan kulit

Baca juga :

  1. Memutihkan lipatan – lipatan hitam

Pada bagian tubuh terdapat daerah lipatan – lipatan kulit yang namak hitam. Hal ini tentu menganggu penampilan dan rasa percaya diri bukan? Lulur susu domba ini dapat memutihkan ketiak bahkan selangkangan yang hitam. Kandungan moizturizer yang tinggi pada susu domba dapat berkerja secara optimal dalam memutihkan kulit yang hitam pada lipatan – lipatan tubuh.

  1. Membantu proses regenerasi kulit

Asam laktat yang terdapat pada susu merupakan kandungan yang mampu membantu proses regenerasi kulit dan membuatnya menjadi lembut. Kulit akan melakukan proses regenerasi pada waktunya dengan baik dan teratur. Penggunaan lulur susu domba ini akan membantu proses regenerasi kulit.

Baca juga :

  1. Menghilangkan noda dan bekas luka pada kulit

Luka yang terjadi pada kulit akan meninggalkan bekas yang membuat kemulusan kulit rusak. Untuk menghilangkan bekas luka ataupun noda jerawat tersebut sebaiknya menggunakan perawatan lulur susu domba yang kaya manfaat dan kandungannya sangat baik untuk menjaga dan mengembalikan kecantikan kulit.

Efektif juga untuk noda dan bekas luka :

  1. Membuat kulit terasa kenyal dan lembut

Kulit yang putih dan cerah saja belum cukup bukan? Lalu bagaimana mengatasi permasalahan kulit kasar dan kaku tanpa membahayakan kesehatan kulit? Jawaban yang tepat adalah melakukan perawatan menggunakan bahan alami sehingga terhindar dari bahaya efek samping penggunaan bahan kimia berbahaya. Akan tetapi penggunaan lulur susu domba yang mengandung alantoin juga dapat membuat kulit terasa kenyal dan lembut.

  1. Menghilangkan sisik pada kulit

Kulit kering akan rawan mengalami gejala bersisik apabila kelembutan dan kesehatan kulit tidak  terjaga. Untuk jenis kulit kering ini memang memerlukan nutrisi lebih guna menjaga kelembaban kulit. Jika kulit terlanjut kering dan bersisik, sebaiknya gunakan lulur susu domba untuk mengembalikan ph kulit seperti semula.

  1. Sebagai pengganti parfum

Lulur susu domba mengandung fragrance atau wewangian yang berasal dari minyak cendana atau minyak zaitun yang dapat mengharumkan kulit. Keharuman ini mengandur unsur relaksasi yang dapat menenangkan pikian.

  1. Menutrisi kulit

Kulit membutuhkan nutrisi guna kelembaban dan kesehatannya terjaga. Kandungan vitamin E dan protein hewani dapat menutrisi kulit. Proses pemberian nutrisi ini terjadi ketika pengolesan lulur susu domba mengenai permukaan kulit yang kemudian akan meresap kedalam pori – pori bagaian dalam kulit.

F. Cara Pemakaian atau Aturan Penggunaan Lulur Susu Domba

Segala macam dan bentuk perawatan kecantikan pasti mempunyai cara pemakaian atau aturan agar mendapatkan hasil yang maksimal. Terlebih jika menggunakan bahan kimia yang memerlukan takaran supaya terhindar dari efek samping atau bahaya zat kimia. Berikut aturan penggunaannya:

1. Digunakan sebagai pengganti sabun

Penggunaan lulur susu domba sangat bermanfaat untuk kulit dan aman digunakan dalam jangka waktu panjang. Cara pemakaiannya yakni :

  • Balurkan lulur keseluruh tubuh dalam kondisi kering
  • Ratakan sembari melakukan massage (pijatan) dengan gerakan memutar
  • Diamkan lulur dalam waktu 5 – 10 menit
  • Bilas dan keringkan menggunakan handuk yang bersih

2. Digunakan sebagai lulur perawatan kulit

Penggunaan lulur untuk perawatan kulit dapat dilakukan dengan jangka waktu dua kali dalam satu minggu. Cara penggunaannya yakni :

  • Balurkan lulur susu domba ke area ke bagian tubuh yang diinginkan
  • Gosok serta lakukan pijatan ringan dengan gerakan memutar selama 10 menit
  • Diamkan baluran lulur pada kulit selama 15 – 20 menit
  • Bersihkan menggunakan air dingin tanpa penggunaan sabun lalu keringkan

G. Amankah Penggunaan Lulur Susu Domba?

Untuk menjadi cantik tentu kita tidak harus mengorbankan kesehatan tubuh bukan? Nampaknya hal ini menjadi pertimbangan untuk mengetahui kadar keamanan pemakaian lulur susu domba bagi kesehatan tubuh. Untuk mengetahuinya dapat melakukan pengecekan terhadap komposisi atau kandungan yang terdapat pada lulur susu domba. Tidak jarang pemalsuan produk juga mengancam konsumen yang kurang teliti terhadap keaslian suatu barang. Inilah yang menjadikan pemakaian lulur susu domba berbahaya karena kandungan yang terdapat dalam lulur susu domba asli dan lulur susu domba palsu memiliki kadar komposisi yang sangat berbeda.

Lulur susu domba palsu cenderung menggunakan bahan kimia guna menghemat biaya produksi yang mahal karena menggunakan bahan – bahan alami. Sedangkan produk lulur susu domba asli mengandung beberapa kandungan nutrisi yang sangat baik untuk menjaga elastisitas, kelembutan bahkan mencerahkan tona kulit. Jadi kesimpulannya yakni yang menjadikan pemakaian lulur susu domba tidak aman adalah ketika memakai atau menggunakan produk lulur susu domba yang telah dipalsukan.

H. Tips Membedakan Lulur Susu Domba Asli dan Palsu

Untuk meraup keuntungan yang besar, sebagian kalangan secara sengaja memalsukan lulur susu domba menggunakan bahan – bahan yang tidak sewajarnya. Bukannya mempercantik kulit justru pemakaian lulur susu domba palsu yang mengandung bahan kimia berbahaya ini dapat merusak kulit bahkan mengancam kesehatan tubuh. Berikut tips membedakan lulur susu domba asli dengan lulur susu domba yang palsu:

  1. Datangi penjual yang terpecaya dan jangan tergiur dengan tawaran harga yang amat murah serta tidak wajar
  2. Periksa apakah dari segi bungkus mempunyai cacat produksi atau tidak
  3. Melihat tanggal kadaluarsa, hologram, no registrasi BPOM suatu produk
  4. Mengecek kode yang terdapat pada holoram di web resmi produsen lulur susu domba untuk menjamin keaslian produk secara online

I. Catatan Penting dan Saran

Dalam pemakaian lulur susu domba, perlu diperhatikan bahwa :

  1. Ketika mengaplikasikan lulur susu domba ke kulit sebaiknya tidak mendiamkannya dalam waktu yang terlalu lama karena optimalnya fungsi lulur tidak akan bertambah jika menggunakan waktu lebih lama.
  2. Tidak menggosok atau melakukan massage (pijatan) terlalu keras menggunakan lulur pada kulit karena dapat berpotensi melukai permukaan kulit.
  3. Tidak membeli produk lulur susu domba yang menawarkan harga tidak wajar karena rawan pemalsuan produk.
  4. Hindari pemakain lulur susu domba yang mengandung merkuri dan hidroquinon karena mempunyai dampak berbahaya dari segi kesehatan tubuh.
  5. Pemakaian lulur susu domba harus memerhatikan aturan pemakaian dan cara pemakaian yang benar

Saran

Di atas telah dipaparkan mengenai manfaat lulur susu domba secara detail berdasarkan komposisi yang terkandung didalamnya. Pemakaian lulur pada umumnya dilakukan dua kali dalam satu minggu. Selain itu, cara pemakaian yang aman untuk kulit juga telah dijelaskan  secara menyeluruh. Segala sesuatu yang berasal dari alam dan bersifat alami pasti mempunyai nilai lebih dibandingkan dengan penggunaan zat kimia. Tentunya hal itu jika pemakaian tidak dilakukan secara berlebihan.

Hasil yang diperoleh tentu saja tidak serta merta didapatkan saat itu juga karena kandungan alami yang tedapat didalamnya akan menjalani proses terlebih dahulu guna mendapatkan hasil yang permanen. Berbeda dengan penggunaan bahan kimia berbahaya pada kosmetik yang dapat memberikan hasil instan akan tetapi mempunyai efek samping penggunaan. Teliti sebelum menggunakan adalah suatu keharusan.

, , ,
Post Date: Sunday 06th, September 2015 / 05:08 Oleh :
Kategori : kecantikan