Sponsors Link

40 Manfaat Lobster Bagi Kesehatan Tubuh

Sponsors Link

manfaat lobsterBagi yang penggemar makanan sea food, pasti sudah tak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Lobster, biasa di kenal sebagai udang raksasa memang menggoda selera. Bentuk serta ukuran yang bisa di bilang raksasa untuk sebangsa udang, benar benar menggoda perut untuk mencicipinya Apalagi di masak sesuai dengan bumbu masakan favorit. Tentu semakin menggugah selera makan.

ads

Menu lobster memang menjadi menu favorit di restoran sea food manapun. Pasalnya, meskipun bentuk dan ukuran yang besar ini ternyata di barengi dengan rasa yang gurih serta tekstur dagung yang lembut. Bahkan boleh jadi lebih lembut dan gurih di banding dengan udang-udang jenis biasanya. Dibalik makanan yang nikmat ini, terkandung beberapa manfaat lobster yang mungkin dapat membuat tubuh menjadi lebih bertenga, salah satunya daging lobster memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Meski begitu, sebenarnya masih bnayak manfaat lobster lainnya yang bisa di dapat.

Manfaat lobster untuk kesehatan :

1. Penghasil Protein Tinggi

Meskipun makanan ini masuk dalam kategori ‘hati-hati bagi obesitas’, namun bukan berarti tidak berhak mengonsumsinya. Sebab siapa sangka manfaat lobster ini ternayata kaya akan kandungan protein hewani. Sangat di anjurkan untuk anak-anak yang masih dalam tahap pertumbuhan untuk mengonsumsi makanan ini.

2. Baik untuk Pembentukan Sel Baru

Manfaat lobster ini memang kaya akan kandungan protein. Sehingga memakan lobster untuk anda memang di perlukan. Sebab mampu membantu dalam proses pembentukan sel baru serta mengganti sel sel yang rusak. Dengan begitu sistem tubuh anda lebih berjalan lancar.

3. Mencegah Penyakit Kwashiorkor

Manfaat lobster juga sangat baik mengatasi penyakit yang berhubungan dengan mal nutrisi, salah satunya adalah penyakit kwashiokhor. Biasanya di tandai dengan membuncitnya perut, lalu tangan dan kaki menjadi kurus kering. Hal ini bisa terjadi karena kurangnya asupan gizi, terutama gizi protein. Untuk itu di sarankan bagi penderita kwashiokhor mengonsumsi makanan ini.

4. Baik untuk Perkembangan Sel Otak

Manfaat lain yang dapat diperoleh dari mengonsumsi lobster adalah mampu menstimulus perkembangan dan pertumbuhan sel otak. Keadaan protein apalagi yang berasal dari laut, lebih mendukung adanya kandungan zat omega 3. Zat ini sangat aktif dalam pembentukan se otak, dimana mampu mendorong untuk bekerja maksimal. Penelitian terakhir membuktikan, anak yang mengonsumsi omega 3 memiliki ingatan lebih tajam.

5. Cepat Mengatasi Memar dan Luka Lebam

Keadaan jatuh, memar dan luka lebam merupakan kejadian yang tidak bisa kita perhitungkan. Beberapa orang ketika mengalami luka tersebut, ada yang cepat sembuh ada juga yang lama. Salah satu cara untuk mengatasi luka lebam dan memar tersebut ialah dengan mengonsumsi lobster. Sebab kandungan proteinya mampu membantu tubuh untuk memperbaiki sel rusak akibat memar dan lebam tadi.

6. Membantu Pemasokan Energi Cadangan

Memakan lobster tentu membuat kenyang, bukan? Memang dalam kendungan lobster terrdapat kalori yang cukup untuk membuat menjadi kenyang. Apalagi protein yang di dalamnya juga sangat banyak. Jika kandungan protein yang banyak tadi tidak di gunakan, maka akan di simpan dalam bentuk energi dalam tubuh.

7. Kandungan Asam Amino Essensial

Dalam lobster juga terdapat asam amino essensial. Dimana asam amino ini tidak bisa di produksi oleh tubuh kita. Untuk itu cara pemenuhanya adalah dengan mengonsumsi dari luar. Misalnya dari makanan yang mengandung asam amino essensial tersebut.

8. Cepat Menyembuhkan Proses Peradangan

Manfaat lobster lainnya juga terdapat pada kandungan yang menakjubkan di dalam daging lobster adalah adanya omega 6 (asam arakhidonat atau AA) dan omega 3 (asam eikosapentaenoat atau EPA serta asam dokosaheksanoat atau DHA). Kandungan ini sangat aktif dan baik untuk memproduksi prostaglandin. Dengan di bantu pengubahan dari omega 6, hak ini dapat membantu menyembuhkan peradangan.

9. Mencegah dan Mengurangi Resiko Stroke

ads

Bukan hanya itu, manfaat lobster yang ada dapatkan dari omega 6 adalah mampu mengurangi resiko stroke. Sebab dengan adanya zat omega 6, kelenturan dinding pembuluh darah semakin terjaga. Akibatnya kemungkinan dan resiko terjadinya stroke serta jantung koroner juga menurun.

10. Menghaluskan Kulit

Lobster yang dikonsumsi ternyata juga baik untuk merawat dan menjaga kesehatan kulit. Sebab di dalamnya terdapat kandungan vitamin E dan vitamin A yang bekerja aktif untuk membantu menjaga peremajaan kulit anda agar tetap halus dan lembut

11. Menambah Sistem Kekebalan Tubuh

Dalam kandungan 100 gram lobster, terdapat kandungan vitamin C yang mampu di jadikan penambah sistem kekebalan tubuh. Akan merasakanya ketika tubuh anda lelah, maka sebaiknya memakan vitamin C. Mengonsumsi lobster juga membantu memperbaiki sistem imunnitas.

12. Baik untuk Pertumbuhan Tulang

Lobster merupakan makanan yang amat baik dikonsumsi untuk usia anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Pasalnya lobster memiliki kandungan fosfor dan kalsium yang cukup tinggi. Kedua zat ini sangat membantu pembentukan tulang untuk menjadi kuat dan kokoh. Bukan hanya itu, tapi juga membantu memperbaiki struktur tulang.

13. Memperkuat Pertumbuhan gigi

Gigi adalah salah satu organ penting untuk membantu anda makan, apalagi kalau patah, tidak dapat mennggunya untuk tumbuh kembali. Sebab gigi hanya mengalami masa tumbuh 2 kali, masa gigi susu serta gigi permanen. Ketika dua masa itu sudah terlewati, maka gigi tidak akan tumbuh lagi. Untuk itu sangat penting bagi kita menjaga serta merawat pertumbuhan gigi. Zat yang sangat berperan dalam hal ini adalah kalsium dan fosfor. Kedua senyawa itu baik untuk memperkuat gigi agar menancap pada akarnya, juga memperkuat struktur gigi untuk tidak patah.

14. Satu makanan, Sejuta Nutrisi

Anda mungkin perlu sesekali memberikan lobster sebagai daftar menu masakan rumah. Sebab meskipun hanya satu daging lobster, sudah memenuhi beberpa nutrisi yang cukup baik untuk tubuh anda. Misalnya vitamin B12, B6, C, A, E, serta beberapa mineral seperti kalium, kalsium, fosfor, magnesium, dan seng. Apalagi di perkaya akan zat omega 3 dan omega 6 yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan otak si kecil. Kandungan tersebut juga sangat bermanfaat untuk orang tua, yakni penurun resiko penyakit kardiovaskular seperri jantungkoroner, artherosklerosis, dan stroke.

15. Menurunkan Berat Badan

Lobster ternyata cukup ampuh untuk membantu menurunkan berat badan. Pasalnya makanan ini memiliki kandungan lemak yang rendah. Apalagi kandungan kalori yang tidak terlalu tinggi ini juga tidak terlalu membahayakan.

Selain 15 manfaat utama di atas, lobster sebenarnya juga memiliki segudang manfaat, diantaranya adalah :

  1. Sumber energi
  2. Mempercepat penyembuhan luka
  3. Meningkatkan sel darah merah
  4. Membantu pemenuhan gizi seimbang.
  5. Meningkatkan kinerja otak.

Manfaat dari Kandungan Lobster

Lobster atau di kenal sebagai udang raksasa di kenal baik sebagai makanan penghasil protein tinggi. Dalam satu cangkir daging lobster, lalu memasak dengan di tumis, maka akan menemukan 129 kalori. Cukup banyak bukan? Namun hal itu juga di imbangi dengan protein yang di hasilkan, yakni sebesar 28 gram. Bahkan angka ini mencapai 16% dari rekomendasi diet 2000 kalori. Kandungan manfaat lobster yang di miliki juga bukan hanya itu, berikut ini diantaranya :

  1. karbohidrat
  2. serat
  3. vitamin B
  4. vitamin B6
  5. vitamin B12
  6. vitamin E
  7. vitamin A
  8. vitamin C

Mineral yang ada dalam lobster juga cukup banyak, misalnya seperti :

  1. fosfor
  2. kalium
  3. magnesium
  4. seng yang paling mendominasi

Sebenarnya masih ada vitamin lainya yang terkandung dalam lobster ini, akan tetapi kadarnya sangat kecil. Bahkan beberapa orang beranggapan mengonsumsi lobster sama saja juga mengonsumsi supplement multivitamin.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 10th, July 2015 / 07:12 Oleh :
Kategori : Makanan