Manfaat Kuning Telur (Poin 4 Sangat Mengejutkan)

Manfaat kuning telur sebenarnya cukup penting bagi tubuh, kuning telur banyak mengandung mineral, vitamin, zat besi, dan kandungan gizi yang cukup tinggi. Kuning telor merupakan bakal embrio yang akan menjadi anak ayam nantinya. Kuning telur menjadi hal yang menakutkan karena dituding mengandung banyak kolesterol yang tidak baik bagi tubuh

Namun tidak semua benar adanya, banyak kandungan lain yang bahkan tidak ditemukan pada putih telur tapi dimiliki kuning telur. Berikut pembahasan mengenai manfaat kuning telur.

Kandungan Gizi Kuning Telur

gizi kuning telur

Tabel Daftar Gizi Kuning Telur 1)

Kandungan gizi kuning telur ini yang menjadikan manfaat kuning telur bagi kesehatan. Berikut ini beberapa diantaranya :

  • Mengandung banyak mineral

Zat gizi mineral essensial digunakan untuk mengelola fungsi tubuh. 13 macam mineral seperti potasium, selenium, magnesium dan besi terdapat pada kuning telur. Memang bagian putih telur juga mengandung mineral, namun kandungan mineral di kuning telur lebih besar ketimbang yang ada pada putih telur.

  • Mengandung Kolin
Kandungan nutrisi, vitamin dan mineral membantu memperbaiki kesehatan jantung dan kardiovaskuler. Kandungan kolin pada kuning telur meregulasi fungsi kardiovaskuler yang dapat menekan resiko gejala penyakit jantung. Kandungan kolin juga merupakan zat anti inflamasi, yang akan mengurangi rasa sakit pada penderita penyakit inflamasi seperti osteoporosis atau arthritis.
  • Kaya Zat Besi
Pada ibu hamil ada kecenderungan mengalami kekurangan darah, karena kandungan hemoglobin menurun. Mengkonsumsi telur kuning mentah, dapat mensiasati masalah ini. Tentunya baik pula bagi pertumbuhan janin.

Manfaat Kuning Telur Bagi Kesehatan


1. Sumber Melengkapi Kebutuhan Gizi Tubuh

Kuning telur merupakan sumber utama kebutuhan gizi tubuh manusia, kuning telur mengandung sangat banyak mineral dan vitamin yang penting untuk tubuh. Bahkan kuning telur juga merupakan salah satu sumber makanan yang paling banyak mengandung vitamin b kompleks, manfaat vitamin b kompleks tentu sangat penting bagi tubuh kita.

Kuning telur dapat dikatakan sebagai salah satu makanan super yang memiliki gizi lengkap untuk tubuh manusia yang dapat memenuhi angka kecukupan gizi.


2. Meningkatkan Fungsi Otak

Kuning telur memiliki kandungan AA dan DHA  yang sangat cocok untuk meningkatkan fungsi otak manusia, nutrisi ini sangat penting untuk pertumbuhan anak-anak, wanita hamil, dan orang orang yang membutuhkan tambahan nutrisi untuk keseimbangan fungsi saraf dan otaknya.

Penting untuk otak :


3. Meningkatkan HDL (Kolesterol Baik)

Lemak yang terkandung dalam telur memang membuat sebagian orang menjadi khawatir dalam mengkonsumsi nutrisi sehat ini. Orang yang memiliki tingkat HDL yang tinggi cenderung dapat menghindari berbagai penyakit berbahaya seperti jantung, risiko stroke, dan berbagai masalah kesehatan lainnya2).

Penting untuk HDL


4. Kesehatan Jantung dan Kardiovaskular.

Ok, poin ke empat ini mungkin menjadi kepanikan masyarakat dalam mengkonsumsi kuning telur. Jangan khawatir lemak yang terkandung dalam telur termasuk dapat meningkatkan HDL, sehingga aman untuk kesehatan jantung dan masalah kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah). Khasiat ini didapatkan dari kandungan kolin yang sangat tinggi di kuning telur.

Studi yang dilakukan oleh University of Connecticut telah membuktikan hubungan konsumsi telur dengan orang yang mengkonsumsi telur 3 – 4 butir per hari. Hasilnya membuktikan bahwa tidak ada perubahan terhadap level kolesterol yang terkandung dalam tubuh mereka, studi ini telah direview oleh Dr. Maria-Luz Fernandez3).

5. Baik Untuk Kesehatan Mata, Tulang, dan Gigi

Kuning telur memiliki kandungan vitamin A, E, D, K yang sangat membantu kesehatan mata, tulang dan gigi. Selain itu kuning telur juga memiliki kandungan vitmain B12 atau yang dikenal dengan b kompleks yang cukup baik bagi tubuh kita termasuk di antaranya adalah tulang dan gigi.

6. Sumber energi yang sangat besar

Kuning telur merupakan salah satu makanan yang dapat meningkatkan energi yang sangat ampuh, memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi membuat anda akan langsung ‘melejit’. Jika anda kekurangan energi atau lemas ada baiknya mengkonsumsi telor dibandingkan konsumsi minuman berenergi yang berbahaya.

Penting untuk energi:

kuning telur

Manfaat Kuning Telur Bagi Rambut

Manfaat kuning telur yang mengandung vitamin A, D, E, protein, lipid, dan mineral bagus untuk kesuburan rambut. Selain itu protein yang terdapat pada telur bisa melapisi rambut dengan sempurna. Kandungan lipid atau lemak yang ada pada kuning telur juga dipercaya bermanfaat untuk membuat rambut lebih lembut. Telur melembabkan rambut kering dengan mencampurkan kuning telur, dengan madu, minyak almond dan minyak zaitun.

Oleskan pada rambut kemudian tutup dengan rambut, setelah meresap cuci rambut sampai bersih. Pada rambut berninyak, juga dapat dilakukan treatment creambath dengan kuning telur dicampur dengan perasan jeruk.

Ramuan ini dioleskan dan dibiarkan meresap dulu pada kulit kepala selama tiga puluh menit. Kemudian bilas hingga bersih. Selanjutnya, anda akan menikmati rambut yang cantik berkilau dan bebas dari minyak dengan manfaat buah jeruk.

Referensi   [ + ]

1, 3. Cholesterol &Health,Chris Masterjohn, July 2005. Diakss 31 Oktober 2014
2. Authoritynutrition, 10 proven health benefits of eggs, diakses 31 Oktober 2014
Post Date: Monday 04th, August 2014 / 10:03 Oleh :
Kategori : Makanan