Manfaat Kuning Telur

Manfaat kuning telur sebenarnya, memiliki hal yang membantu kesehatan tubuh. Kuning telor merupakan bakal embrio yang tidak jadi pada awal terjadinya. Kuning telur menjadi hal yang menakutkan karena dituding mengandung banyak kolesterol yang tidak baik bagi tubuh. Namun tidak semua benar adanya, banyak kandungan lain yang bahkan tidak ditemukan pada putih telur tapi dimiliki kuning telur. Berikut pembahasan mengenai manfaat kuning telur.

Manfaat Kuning Telur Baik Bagi Kesehatan

Kandungan kuning telur ini yang menjadikan manfaat kuning telur bagi kesehatan. Berikut ini beberapa diantaranya :

  • Mengandung banyak mineral
Zat gizi mineral essensial digunakan untuk mengelola fungsi tubuh. 13 macam mineral seperti potasium, selenium, magnesium dan besi terdapat pada kuning telur. Memang bagian putih telur juga mengandung mineral, namun kandungan setiap mineralnya lebih besar ketimbang yang ada pada putih telur.
  • Mengandung Kolin
Kandungan nutrisi, vitamin dan mineral membantu memperbaiki kesehatan jantung dan kardiovaskuler. Kandungan kolin pada kuning telur meregulasi fungsi kardiovaskuler yang dapat menekan resiko gejala penyakit jantung. Kandungan kolin juga merupakan zat anti inflamasi, yang akan mengurangi rasa sakit pada penderita penyakit inflamasi seperti osteoporosis atau arthritis.
  • Kaya Zat Besi
Pada ibu hamil ada kecenderungan mengalami kekurangan darah, karena kandungan hemoglobin menurun. Mengkonsumsi telur kuning mentah, dapat mensiasati masalah ini. Tentunya baik pula bagi pertumbuhan janin.

Manfaat Kuning Telur Bagi Rambut

Manfaat kuning telur yang mengandung vitamin A, D, E, protein, lipid, dan mineral bagus untuk kesuburan rambut. Selain itu protein yang terdapat pada telur bisa melapisi rambut dengan sempurna. Kandungan lipid atau lemak yang ada pada kuning telur juga dipercaya bermanfaat untuk membuat rambut lebih lembut. Telur melembabkan rambut kering dengan mencampurkan kuning telur, dengan madu, minyak almond dan minyak zaitun. Oleskan pada rambut kemudian tutup dengan rambut, setelah meresap cuci rambut sampai bersih.
Pada rambut berninyak, juga dapat dilakukan treatment creambath dengan kuning telur dicampur dengan perasan jeruk. Ramuan ini dioleskan dan dibiarkan meresap dulu pada kulit kepala selama tiga puluh menit. Kemudian bilas hingga bersih. Selanjutnya, anda akan menikmati rambut yang cantik berkilau dan bebas dari minyak dengan manfaat buah jeruk.
Post Date: Monday 04th, August 2014 / 10:03 Oleh :
Kategori : Makanan
Latest From Makanan