Manfaat Kulit Semangka

Advertisement

kulit semangkaManfaat kulit semangka sering kita abaikan setelah bagian daging buahnya dikonsumsi dan berakhir di tempat sampah, padahal sebenarnya ada khasiat yang terkandung di dalamnya. Bagian daging buah memang menjadi bagian utama yang dikonsumsi, namun jangan salah bagian kulit yang menjaga daging justru memiliki khasiat yang tidak bisa diremehkan. Salah satunya adalah manfaat kulit semangka ini, yang tidak kalah dari manfaat buah semangka itu sendiri.

Manfaat Kulit Semangka Untuk Kecantikan kulit

Manfaat kulit semangka yang paling penting adalah untuk kecantikan kulit dan masalah estetika. Bagian kulit buah sebaiknya jangan langsung dibuang karena ada manfaat tak ternilai  yang terkandung dalam kulitnya. Sebagian orang mengkonsumsi semangka hanyalah daging buahnya saja. Memang daging buah dari semangka memiliki kesegaran yang sangat luar biasa karena kaya akan air mineral alami yang mampu menghilangkan dahaga dan mengatasi dehidrasi. Kandungan airnya yang melimpah itu menjadikan bagian kulit semangka mampu menghilangkan kotoran-kotoran yang menempel pada kulit dan membuat kulit semakin halus.

Kulit semangka mengandung likopen yang beguna untuk menjadi perawatan kulit yang berjerawat. Likopen merupakan sejenis antioksidan yang juga terdapat pada manfaat jeruk yang mampu memberikan perawatan terhadap sel kulit sehingga kulit tampak bersih alami.

Cara Penggunaan 1

Untuk menggunakan kulit semangka yang baik untuk kulit sangat sederhana, caranya adalah sebagai berikut

  1. Bersihkan kulit semangka dari dagingnya hingga hanya terdapat putihnya saja.
  2. Iris sesuai selera dan tempelkan pada kulit yang ingin di treatment.

Cara Penggunaan 2

  1. Haluskan kulit semangka (bagian putih saja)
  2. Tempelkan pada kulit yang ingin di treatment
  3. Lakukan selama 5 -10 menit secara rutin

Manfaat Kulit Semangka Untuk Mengobati Berbagai Penyakit

Berbagai macam buah alami memang berkhasiat untuk kesehatan tubuh, namun bagian kulitnya juga dimanfaatkan menjadi bahan untuk pembuatan obat-obatan tradisional, salah satunya dengan manfaat kulit semangka ini. Kandungan alami manfaat kulit semangka seperti kalium ini ditemui dengan kadar yang cukup tinggi yang memberikan manfaat untuk memperlancar aliran darah sehingga menghindarkan dari masalah kardiovaskuler seperti gejala penyakit jantung. Berikut ini adalah permasalahan kesehatan yang bisa diobati oleh kulit semangka :

  1. Mengatasi gejala hipertensi
  2. Membersihkan ginjal
  3. Mengatasi infeksi kandung kemih
  4. pencegahan gejala penyakit anemia

Pembuatan ramuan dengan kulit semangka ini juga tidak sulit, hanya saja diperlukan ketelatenan untuk membuatnya. Cara pembuatan resep pengobatan dengan manfaat kulit semangka ini juga tidak sulit, caranya sebagai berikut :

  • Keringkan kulit semangka kemudian tumbuk sampai halus
  • Ambil 20 gram kulit semangka kering untuk dimasak dengan air secukupnya
  • Minum secara teratur air rebusan tersebut selama sebulan

Lihat perkembangan selama satu bulan pengkonsumsian. Lanjutkan terapi pengobatan alternatif dengan kulit semangka ini, jika penyakit berangsur – angsur sembuh.

Efek Kulit Semangka Untuk Kesehatan Lainnya

1. Melawan Radikal Bebas

Menurut Journal Ilmu Pangan dan Pertanian, citrulline adalah senyawa yang ditemukan dalam kulit semangka, zat citrulline sangat ampuh untuk mengusir radikal bebas. Zat citrulline selanjutnya akan dijadikan asam amino yang pada akhirnya dimanfaatkan oleh hati dan perlindungan sistem kekebalan tubuh dan menjaga tubuh dari racun berbahaya yang berada di dalam tubuh.

2. Meningkatkan Libido

Para peneliti dari Texas A&M’s Fruit and Vegetable Improvement Center telah mencatat bahwa citrulline membantu pembuluh darah rileks dan bahkan dapat membantu penyembuhan disfungsi ereksi. Bahkan, kemampuannya untuk meningkatkan aliran darah menyebabkan citrulline semangka untuk disebut sebagai  obat alami yang dapat meningkatkan libido.

Kandungan kulit semangka masih terus dilakukan penelitian yang sangat penting untuk di manfaatkan. Saat ini kulit semangka tidak begitu banyak digunakan dan cenderung di buang. Penelitian lebih lanjut dapat menemukan berbagai potensi lainnya yang terkandung dalam semangka.

Advertisement
,
Post Date: Monday 04th, August 2014 / 09:30 Oleh :
Kategori : Buah Buahan
Cari Artikel Manfaat
Sponsored links