Manfaat Jamur

Manfaat jamur menjadikannya salah satu sayuran yang sering dicari pada berbagai macam olahan kuliner. Sayuran yang satu ini memiliki berbagai varietas yang banyak, hal inilah yang menjadikannya amat populer dibanding dengan sayuran-sayuran sejenisnya. Tanaman jamur mimiliki ciri tumbuhan dengan bentuk-bentuk yang khas, sehingga menjadikannya sayuran yang juga mempercantik tampilan suatu makanan. Beberapa jenis varietas jamur, dibudidayakan di negeri sendiri seperti jamur meramg, jamur tiram dan shitake.

Berbagai jenis makanan yang menggunakan jamur didalamnya, menjadikannya mempunyai rasa yang unik terhadap makanan tersebut, yang sangat menggugah selera. Namun tidak hanya enak dinikmati, jamur dengan berbagai jenisnya memilik kandungan yang sangat baik dan berdampak positif terhadap kesehatan yang mengkonsusinya.

Kandungan Sehat Pada Manfaat Jamur Tiram

Jamur tiram merupakan salah satu jenis jamur yang sering digunakan di Indonesia sendiri. Seperti makanan alami lainnya, manfaat jamur tiram tidak kalah dengan sayuran lainnya seperti manfaat sawimanfaat bayam ataupun manfaat daun singkong. Berbagai jenis jamur, memiliki kandungan kalori yang cukup bagi yang sedang menjalanka program diet, selain itu berbagai jenis asam amino essensiale, vitamin B kompleks dan sejumlah mineral penting terdapat pada manfaat jamur tiram.

Jamur pangan seperti jamur tiram, memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga menjaga kesehatan jantung dari peningkatan resiko terjadinya gejala penyakit jantung. Selain itu, baik pula dikonsumsi oleh orang yang rentan terhadap gejala penyakit diabetes dan sangat baik terhadap tekanan darah yang menjauhkan dari gejala penyakit hipertensi.

Manfaat Jamur Merang Terhadap Kesehatan Tubuh

Jamur merang sangat khas dibuat campuran sop-sopan atau pada makanan berkuah. Bentuknya yang khas, bulat tidak terlalu besar dengan warna kecoklatan. Jamur merang awalnya merupakan budidaya bangsa asia timur, dan kemudian tersebar bududayanya sampai ke Indonesia. Banyak kandungan dari manfaat jamur merang, yang sangat baik jika dikonsumsi secara teratur dan tentu saja dalam porsi yang seimbang.

Kandungan nutrisis seperti vitamin B kompleks, vitamin C dan mineral penting seperti fosfor, kalium dan magnesium terdapat pada semangkuk sayur jamur merang. Vitamin B kompleks dan vitamin C pada manfaat jamur, mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari berbagai penyakit. Kandungan yang sangat baik ini akan optimal pula jika pengolahan jamur merang, dikombinasikan dengan berbagai sayuran kaya gizi seperti pada manfaat kacang merahmanfaat buncis ataupun manfaat kol.

Tentu saja, makanan seperti jamur adalah asupan baik dibanding fast food yang sudah merajai pola makan kebanyakan orang.

Post Date: Monday 04th, August 2014 / 09:47 Oleh :
Kategori : Tumbuhan
Latest From Tumbuhan