Kandungan Nutrisi dan Manfaat Jambu Biji

Advertisement

Manfaat jambu biji yang paling utama adalah dari kandungan vitamin C nya. Jambu biji merupakan buah yang umum dijumpai di wilayah Asia. Berbentuk bulat dengan daging buah berwarna putih atau merah dan terdapat banyak biji-biji kecil didalam daging buahnya. Banyak nutrisi baik terkandung dalam jambu biji. Vitamin C yang terkandung pada sebuah jambu biji seberat 275 g , dapat memenuhi kebutuhan vitamin C dua orang anak pada usia 13-20 tahun.

Kandungan Buah Jambu Biji

Tak heran jika jambu biji disebut “buah super.” Dibandingkan dengan jumlah yang sama pada buah nanas, jambu biji mengandung 30 kalori lebih banyak per porsi, 3 kali lipat protein dan memiliki serat 4 kali lebih besar. Berikut ini kandungan di dalam sebuah jambu biji :

manfaat jambu biji

  • vitamin A (21% dari nilai harian), yang penting untuk menjaga selaput lendir yang sehat dan kulit
  • folat (20%), bagus untuk wanita hamil untuk mencegah cacat tabung saraf.
  • Flavonoid termasuk beta karoten (inhibitor kanker)
  • lycopene, yang pada jambu biji merah muda telah ditemukan untuk melindungi kulit terhadap sinar UV dan membantu mencegah kanker prostat
  • lutein dan cryptoxanthin, kedua antioksidan
  • Kalium – Kandungan kalium ini sama seperti yang pada manfaat pisang dan penting terhadap denyut jantung serta regulator tekanan darah.

Jumlah zat penting lainnya dalam jumlah yang lebih kecil pada jambu biji, dapat disebutkan :

  • Asam pantotenat
  • Niasin
  • Vitamin B6 (pyridoxine)
  • Vitamin E dan K
  • Mineral magnesium
  • Tembaga
  • Mangan
  • Menanamkan dismutase enzim superoksida.

Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan

Kandungan pada jambu biji diatas, memberikan manfaat jambu biji yang sangat baik untuk kesehatan seperti berikut :


1. Mengurangi Hipertensi

Manfaat jambu mencegah dari penebalan darah, sehingga mempertahankan fluiditas darah dan mengurangi tekanan darah. Jambu juga membantu mengurangi kolesterol dalam darah Penelitian telah menunjukkan bahwa bahan makanan yang kurang serat (seperti tepung halus) menambah tekanan darah, karena konversi cepat untuk gula. Jambu sangat kaya serat dan hipoglikemik sehingga efektif membantu menurunkan tekanan darah dan memicu kerja jantung lebih baik yang mencegah timbulnya gejala penyakit jantung.


2. Mengatasi Diabetes

Pada manfaat yang terkait dengan tekanan darah yang disebutkan di atas, asupan jambu biji juga dapat membantu pasien diabetes, seperti manfaat buah mengkudu. Tingginya kandungan serat dalam jambu biji membantu mengatur penyerapan gula oleh tubuh, yang memungkinkan untuk menurunkan insulin dan glukosa dalam tubuh. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi jambu biji dapat membantu mencegah munculnya diabetes tipe-2.


3. Menyehatkan Tiroid

Jambu merupakan sumber yang baik sebagai sumber zat tembaga, yang merupakan zat penting untuk mengatur metabolisme tiroid, yang membantu untuk mengontrol produksi hormon dan penyerapan. Kelenjar tiroid adalah salah satu kelenjar yang paling penting dalam tubuh untuk mengatur hormon dan fungsi sistem organ tubuh, sehingga jambu biji ini dapat membantu menyeimbangkan kesehatan fungsi tubuh.


4. Mengoptimalkan Penglihatan

Jambu merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin A seperti yang ditemukan pada manfaat wortel. Jambu biji dikenal sebagai booster kesehatan bagi penglihatan. Hal ini dapat membantu memperlambat munculnya katarak, degenerasi makula, dan kesehatan umum pada penglihatan mata. Tidak hanya mencegah terjadinya degradasi penglihatan, tapi menjaga penglihatan dimasa-masa penurunan kekuatan mata.


5. Mengobati Sembelit

Jambu biji adalah salah satu sumber terkaya dari serat makanan dalam hal buah. bagian bijinya, jika tertelan keseluruhan atau dikunyah, berfungsi sebagai obat pencahar. Kedua, sifat jambu biji tersebut, membantu pembentukan gerakan usus yang sehat dan membantu tubuh dalam mempertahankan air, dan benar-benar membersihkan usus.

Dikatakan bahwa sembelit dapat menyebabkan 72 jenis penyakit, sehingga bantuan dengan sembelit akan bermanfaat. Total kesehatan tidak dapat disangkal, yang dipengaruhi oleh pencernaan. Sering konsumsi jambu biji dapat memastikan kesehatan pencernaan, seperti yang ada di manfaat pepaya.


6. Mengatasi Diare

Senyawa astringents pada jambu biji, membuat perlindungan terhadap diare. Penyembuhan disentri dengan menghambat pertumbuhan mikroba dan menghilangkan lendir ekstra pada usus ini, dilakukan oleh astringents sebagai disenfektan serta anti bakteri yang bersifat alkali. Selain itu, nutrisi lainnya dalam jambu biji seperti vitamin-C, karotenoid dan kalium, memperkuat sistem pencernaan sekaligus desinfektan. Jambu biji juga bermanfaat dalam mengobati gastroenteritis untuk alasan yang sama dinyatakan di atas.


7. Sebagai obat demam dan batuk

Vitamin C yang kaya terkandung dalam jambu biji, ampuh mencegah infeksi dingin dan virus. Jus jambu dan rebusan daun jambu memberikan manfaat mengurangi lendir saat batuk. Sebagai disinfektan tenggorokan yang menghambat mikroba pada saluran pernapasan dan paru-paru.


[/two_thirds]

Manfaat Jambu Biji Untuk Perawatan Kulit

Tidak hanya naik untuk menjaga kesehatan tubuh, namun jambu biji kaya akan zat astringents yang menghindari masalah kulit. Buah jambu biji yang telah masak, memiliki kandungan zat astringents lebih banyak, termasuk pada daunnya. Untuk mendapatkan manfaat ini, cukuo dengan memakan buahnya secara langsung atau dengan merebus buah dan daunnya terlebih dahulu.

Jambu biji akan mengencangkan daerah kulit yang kendur. Selain astringents, jambu biji sangat kaya vitamin-A, B, C dan potasium yang merupakan antioksidan yang baik untuk detiksifikasi. Menjaga kulit tetap bersinar dan bebas dari tanda-tanda penuaan dini, kerutan dan gangguan kulit lainnya.

Manfaat Jambu Biji Sebagai Menu Diet

Mengkonsumsi jambu untuk makan siang sebagai menu diet, mampu menahan rasa lapar sampai malam. Hal ini dikarenakan jambu biji mengandung serat yang kaya, sehingga mengikat makanan pada lambung. Protein, vitamin dan mineral pada jambu membuat perut lebih cepat kenyang tanpa kolesterol dan karbohidrat. Namun memang kekayaan nutrisi yang diserap oleh tubuh, menjaga metabolisme yang justru menaikkan berat badan.

Advertisement
, , ,
Post Date: Monday 04th, August 2014 / 12:22 Oleh :
Kategori : Buah Buahan
Cari Artikel Manfaat
Sponsored links