Manfaat Jambu Biji

Manfaat jambu biji yang paling utama adalah dari kandungan vitamin C nya. Jambu biji merupakan buah yang umum dijumpai di wilayah Asia. Berbentuk bulat dengan daging buah berwarna putih atau merah dan terdapat banyak biji-biji kecil didalam daging buahnya. Banyak nutrisi baik terkandung dalam jambu biji. Vitamin C yang terkandung pada sebuah jambu biji seberat 275 g , dapat memenuhi kebutuhan vitamin C dua orang anak pada usia 13-20 tahun.

Manfaat Jambu Biji Mengatasi Permasalahan Pencernaan

Senyawa astringents pada jambu biji membuat perlindungan perut dari diare. Penyembuhan disentri dengan menghambat pertumbuhan mikroba dan menghilangkan lendir ekstra pada usus ini, dilakukan oleh astringents sebagai disenfektan serta anti bakteri yang bersifat alkali. Karetenoid dan kalium memperkuat disinfeksi terhadap hal tersebut.

Selain sebagai pencegahan diare, jambu biji juga  mengatasi keluhan sembelit. Manfaat jambu biji sebagai salah satu sumber serat.  Bijinya yang tertelan pun berfungsi sebagai mengatasi pencahar yang sangat baik. Sifat jambu biji tersebut membuat pembentukan perut dan penahan air yang membersihkan usus dan sistem ekskretoris secara menyeluruh. Hal ini akan menjadikan kesehatan sistem pencernaan baik dan mencegah terjadinya gejala kanker pada usus yaitu gejala kanker usus besar atau gejala kanker kolon

Manfaat Jambu Biji Sebagai Obat

  • Sebagai obat damam dan batuk

Vitamin C yang kaya terkandung dalam jambu biji, ampuh mencegah infeksi dingin dan virus. Jus jambu dan rebusan daun jambu memberikan manfaat mengurangi lendir saat batuk. Sebagai disinfektan tenggorokan yang menghambat mikroba pada saluran pernapasan dan paru-paru.

  • Mengurangi Hipertensi

Manfaat jambu mencegah dari penebalan darah, sehingga mempertahankan fluiditas darah dan mengurangi tekanan darah. Jambu juga membantu mengurangi kolesterol dalam darah Penelitian telah menunjukkan bahwa bahan makanan yang kurang serat (seperti tepung halus) menambah tekanan darah, karena konversi cepat untuk gula. Jambu sangat kaya serat dan hipoglikemik sehingga efektif membantu menurunkan tekanan darah dan memicu kerja jantung lebih baik yang mencegah timbulnya gejala penyakit jantung.

Manfaat Jambu Biji Sebagai Menu Diet

Mengkonsumsi jambu untuk makan siang sebagai menu diet, mampu menahan rasa lapar sampai malam. Hal ini di karenakan jambu mengandung serat yang kaya sehingga mengikat makanan pada lambung. Protein, vitamin dan mineral pada jambu membuat perut lebih cepat kenyang tanpa kolesterol dan karnohidrat. Namun hal ini sebaliknya bagi berat bandang ramping atau cenderung tipis. Kekayaan nutrisi yang diserap baik oleh tubuh, menjaga metabolisme yang justru menaikkan berat badan.

Post Date: Monday 04th, August 2014 / 12:22 Oleh :
Kategori : Buah Buahan