Sponsors Link
     Sponsors Link

7 Manfaat Ikan Cucut Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Sponsors Link

ikan cucutTahukah anda mengenai ikan cucut? atau pernahkah anda melihat ikan cucut ? Ikan cucut yang di ambil dari nama latin yaitu Rhizoprionodon acutus yang merupakan jenis elasmobranchii.  Selain termasuk pada jenis ikan bertulang rawan, ikan ini mempunyai bentuk tubuh pipih atau ramping. Penyebaran ikan yang mempunyai kerangka tulang rawan ini berada hampir diseluruh diperairan Indonesia. Namun penangkapan ikan cucut ini masih terbatas pada jenis ikan cucut dasar dan hanya sebagai pelengkap tangkapan ikan laut jenis tuna. Mengenai ukuran tubuh, ikan cucut merupakan salah satu spesies ikan yang mempunyai ukuran yang berbeda sesuai genus yang dimiliki. Tertanya tak banyak orang yang mengetahui bahwa ikan cucut memiliki banyak manfaat bagi kelangsungan hidup manusia.

Lalu apa saja manfaat ikan cucut bagi kelangsungan hidup manusia ?

Pemanfaatan ikan cucut ini dapat dilakukan secara menyeluruh dengan sebagian besar organ yang terdapat pada tubuh ikan cucut. Hal ini tentu berbanding terbalik dengan pemanfaatan pada jenis ikan lainnya. ikan cucut ini merupakan ikan yang kaya akan manfaat karena pada daging, kerangka tulang, gigi, kulit,hati bahkan organ dalam dari ikan cucut dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk berbagai kepentingan.

Dari beragam organ tersebut, bagian yang paling mengandung nilai ekonomis tinggi yakni hati dan sirip ikan cucut. Bahkan banyak nelayan membuang daging ikan cucut yang telah diambil sirip dan hatinya kelaut.

Kandungan Gizi Ikan Cucut

Seperti yang kita ketahui bahwa berbagai jenis ikan mempunyai kandungan protein dan omega 3 yang sangat bagi dalam menunjang kesehatan manusia. gizi yang terdapat didalamnya dapat diserap oleh tubuh setelah kita menngkonsumsinya. Komposisi kimia yang terdapat pada ikan cucut sangat bergantung dari jenis dan variasi spesies yang kita konsumsi. Berikut kandungan nutrisi atau gizi Ikan Cucut (Rhizoprionodon Acutus) dengan takaran 100 gr :

  1. Jumlah Kandungan Air Daging Ikan Cucut = 73,6 gr
  2. Jumlah Kandungan Protein Daging Ikan Cucut = 21,7 gr
  3. Jumlah Kandungan Mineral Daging Ikan Cucut = 1,2 gr

Daging ikan itu sendiri merupakan asupan nutrisi bagi tubuh yang tersusuun oleh beragam zat yang bermanfaat dalam mengoptimalkan masa pertumbuhan maupun menjaga kualitas kesehatan tubuh manusia.

Berikut penjabaran manfaat ikan cucut menurut organ tubuh yang dimiliki :

1. Manfaat Hati Ikan Cucut

Jika dilihat dari segi komersial dan tingginya nilai ekonomi pada suatu barang maka hati ikan cucut merupakan piranti utama dari beberapa organ tubuh seperti daging, kerangka tulang, kulit bahkan bagian organ dalamnya sekalipun. Hal ini disebabkan karena ikan cucut mempunyai kandungan minyak yang tinggi akan vitamin A dan kandungan skualen yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai bidang seperti kesehatan yang dijadikan sebagai obat penyakit tertentu dan bidang kecantikan pada suatu produk kosmetik seperti manfaat daging keong, dan manfaat ikan betutu yang juga bisa bermanfaat bagi kesehatan manusia.

2. Manfaat Sirip Ikan Cucut

Sirip yang terdapat pada ikan cucut merupakan organ yang dapat mempunyai nilai ekonomis tinggi. Harganya yang cukup mahal menjadikan sirip ikan cucut rentan dieksploitasi secara berlebihan guna memenuhi keperluan dan kebutuhan manusia. dari segi kuliner sirip ikan cucut diolah menjadi serat-serat yang nantinya dijadikan campuran sup yang mempunyai nilai jual tinggi dan sangat di gemari oleh para wisata kuliner yang selalu ingin mencicipi sirip ikan cucut. Dan tidak kalah nikmat dengan manfaat sirip hiu yang menjadi wisata kuliner juga, namun tidak semua orang menggemari wisata kuliner ini.

3. Manfaat Daging Ikan Cucut

Jika pada umumnya, daging merupakan organ atau bagian tubuh ikan yang paling diutamakan maka pada ikan cucut ini justru dagingnya kurang diminati. Masyarakat pada umumnya akan memilik ikan tuna yang mengandung protein tinggi daripada daging ikan cucut. Meskipun begitu, penelitian telah membuktikan bahwa protein yang terkandung pada daging ikan cucut juga baik bagi tubuh jika dikonsumsi dengan benar. Serta memperhatikan paparan merkuri yang kemungkinan dapat menjadikan ikan cucut ini tidak boleh dikonsumsi. Namun berbeda dengan manfaat daging lindung dan manfaat ikan hiu bagi kesehatan manusia, Daging dari ikan tersebut tidak terlalu membahayakan bagi kesehtaan tubuh manusia.

4. Manfaat Kulit Ikan Cucut

Ikan cucut tidak mempunyai sisik pipih berjajar seperti ikan jenis lain, namun kulit yang dimiliki ikan ini justru dapat dimanfaatkan dalam pembuatan aksesoris. Tekstur kulit ikan cucut mempunyai kemiripan dengan tekstur kulit hewan ternak. Untuk itu, kulit ikan cucut dapat dijadikan untuk aksesoris yang menggunakan kulit sebagai bahan utamanya seperti sepatu, tas, dan jaket kulit. Dan banyak para peminat aksesoris untuk mencari tahu dari bahan  kulit ikan cucut sehingga banyak juga penggemar kulit ikan cucut yang dijadikan sebagai bahan aksesoris. (baca: manfaat kulit semangka dan manfaat daun sirsak)

5. Manfaat Gigi Ikan Cucut

Ikan cucut merupakan jenis ikan yang dapat mempunyai 150 gigi yang baik jika pertumbuhan ikan tersebut terjadi secara sempurna. Panjang dari gigi ikan cucut ini akan mencapai 1.5 inci dan yang paling diminati adalah jenis mako. Ikan cucut yang mempunyai gigi dengan kriteria diatas dapat dijual dengan nilai ekonomi yang tinggi. Pemanfaatan gigi ikan cucut ini dapat berupa aksesoris atau perhiasan yang menggunakan olahan gigi ikan cucut sebagai pernak-pernik pada gelang, kalung, anting dan cincin yang banyak di buru oleh para pecinta pernak-pernik.

6. Manfaat Kerangka Tulang Ikan Cucut

sponsored links

Ikan cucut merupakan jenis ikan yang mempunyai tulang rawan dan karakteristik tulangnya mempunyai kemiripan dengan hiu dan ikan pari. Namun disisi lain, kerangka tulang ikan cucut ternyata dapat dijadikan sebagai bahan perekat dan bahan utama dalam pembuatan obat dalam bidang farmasi seperti manfaat ikan salmon juga baik bagi kesehatan manusia.

7. Manfaat Usus atau Organ Dalam Ikan Cucut

Usus yang pada dasarnnya merupakan bagian dari organ dalam dapat dimanfaatkan untuk kepentingan industri pangan dan non pangan karena usus usus dalam organ ikan curut mengandung enzini protease didalamnya. Selain itu, usus ikan cucut juga dapat dijadikan bahan utama dalam pembuatan insulin.

Informasi Lainnya Mengenai Ikan Cucut

Dalam faktor lain untuk mendukung kelengkapan lainnya mengenai ikan cucut, akan di jelaskan juga beberapa hal penting yang belum anda ketahui mengenai apa saja faktor pendukung lainnya pada ikan cucut. Ikan cucut meurpakan ikan yang hampir di seluruh dunia terdapat ikan cucut.

Berikut adalah faktor pendukung lainnya pada ikan cucut : 


1. Klasifikasi Ikan Cucut

Ciri – ciri yang terdapat pada ikan cucut ini menjadikannya mudah untuk dikenali sebagai jenis ikan yang mempunyai kerangka tulang rawan atau disebut sebagai elasmobranchii. Sepintas ikan yang tergolong sebagai elasmobranchii ini sangat mudah dibedakan dengan beberapa ikan yang mempunyai kerangka tulang keras atau Teleostei. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai ikan cucut ini, Berikut klasifikasinya :

  • Kingdom/ Kerajaan : Animals atau Animalia
  • Phylum : Chordata
  • Sub Filum : Vertebrata atau Bertulang Belakang
  • Kelas : Chondrichthyes atau dikenal sebagai Ikan Cartilaginous
  • Sub Kelas : Elasmobranchii (Terdapat Pada Jenis Ikan Hiu dan Ikan Pari)
  • Sub Ordo : Euselachii
  • Ordo : Carcharhiniiformes (Ground Sharks)
  • Famili : Carchahinidae
  • Genus : Rhizoprionodon
  • Spesies : Rhizoprionodon Acutus
  • Nama Inggris : Milk Shark
  • Nama Lokal : Hiu Pisangan


2. Ciri – Ciri Morfologi Ikan Cucut

Setelah diatas telah dibahas mengenai kasifikasi dari ikan cucut, maka kita akan akan mendalami lebih jauh mengenai ciri – ciri morfologi ikan cucut tersebut.

  1. Pada umumnya ikan yang tergolong pada jenis ikan bertulang rawan tidak mempunyai organ tubuh berupa penutup insang.
  2. Ikan Cucut tidak mempunyai lembaran-lembaran sisik yang berjajar dan berbentuh pipih seperti yang sisik yang terdapat pada beberapa jenis ikan lainnya.
  3. Karena tidak adanya penutup insang, Ikan cucut mempunyai celah insang (Gill Openings atau Gill Slit) yang terdapat pada dua sisi kepala dan terletak dibelakang area mata.
  4. Ikan Cucut merupakan ikan yang bersifat sebagai predator
  5. Ikan cucut mempunyai habitat yang sangat bervariasi yakni dari inshore atau perairan dekat pantai hingga Trench atau palung laut dalam.
  6. Ikan cucut mempunyai bentuh tubuh pipih disertai ekor yang cukup kuat
  7. Ikan cucut mempunyai mulut yang terletak pada ujung paling depan dibagian bawah.
  8. Ikan cucut mempunyai gigi yang bersifat Triangular atau beberapa bagian gigi yang berderet bisa digantikan.
  9. Pada umumnya, Ikan cucut mempunyai ekor berbentuk heterocercal yakni berbentuk cagak disertai cuping pada bagian atas lebih cepat berkembangannya dibandingkan bagian pada cuping bawah.
  10. Dengan ekor yang berbentuk heterocercal, ikan cucut dapat terbantu pergerakannya dalam menangkap mangsa.


3. Fungsi Beberapa Organ Tubuh Ikan Cucut

Ikan cucut merupakan jenis ikan bertulang rawan yang hampir mirip dengan ikan jenis hiu dan pari. Beberapa organ yang terdapat pada tubuh ikan cucut mempunyai fungsi yang bermacam- macam. Celah insang yang dimiliki oleh ikan cucut sangat bervariasi tergantung dari spesies dan genus yang dimiliki. Secara umum, biasanya terdapat 6 hingga 7 liang atau celah insang didalamnya. Celah atau liang insang ini berfungsi dalam mengeluarkan air pernapasan ikan cucut. Terdapat juga lapisan kulit dermal denticles yang berfungsi sebagai pelindung kulit ikan dari serangan parasit dan dapat juga untuk menambah atau menaikkan dinamika air.


4. Beberapa Faktor yang Mempengaruhi Kandungan Gizi Daging Ikan Cucut

Tidak semua daging ikan mengandung gizi atau nutrisi baik bagi pertumbuhan bahkan aman untuk dikonsumsi oleh manusia. ikan yang hidup pada wilayah tertentu dimana plankton yang dijadikan pakan ikan ataupun air dari habitat ikan tersebut telah tercemar merkuri maka sudah jelas bahwa ikan tersebut tidak aman untuk dikonsumsi. Merkuri merupakan zat kimia berbahaya yang akan menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan manusia.

Beberapa hal diatas merupakan faktor-faktor yang membuat komposisi daging ikan menjadi sangat bervariasi antara jenis ikan satu dengan jenis ikan lainnya. komponen penyusun dari daging ikan dapat dipengaruhi oleh faktor intrinsik yang bersumber dari ikan itu sendiri dan juga dapat berasal dari faktor ekstrinsik yang bersumber dari luar.


5. Cara Menentukan Kadar Lemak Pada Daging Ikan Cucut

Cara mudah untuk mengetahui seberapa banyak kadar kandungan lemak pada daging ikan, kita bisa melihatnya melalui warna yang terdapat pada daging. Hal ini dikarenakan kadar lemak akan direfleksikan melalui beberapa warna yang bervariasi sebagai berikut :

  • Daging ikan yang mempunyai kandungan pigmen atau zat warna kuning, merah muda, dan abu – abu biasanya mengandung lemak dengan kadar lebiih dari 5 %
  • Daging ikan yang mempunyai pigmen warna putih biasanya mempunyai kadar kemak yang lumayan rendah

Mayoritas masyarakat akan memilih ikan dengan kualitas daging yang mengandung protein tinggi serta minim kandungan lemak didalamnnya. Semakin tinggi kandungan lemak pada pada daging maka akan menjadikan daging tersebut kehilangan kesegaran dan mudah rusak ketika tidak segera diolah.


6. Saran

Diatas telah dipaparkan mengenai manfaat ikan cucut beserta klasifikasi, habitat, dan beberapa informasi pendukung lainnya. Jika ditinjau dari beberapa manfaat ikan cucut diatas, maka dapat disimpulkan bahwa sebagian besar organ atau bagian tubuh ikan ini dapat dimanfaatkan oleh manusia dalam berbagai keperluan. Namun sangat perlu diingat bahwa ikan cucut juga perlu dijaga habitatnya agar keberlangsungan hidupnya dapat terjamin.

Lalu, pemanfaatan segala macam organ atau bagian ikan juga nantinya akan semakin mempunyai nilai ekonomi yang tinggi jika dilihat dari segi komersial.


Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 07th, October 2015 / 05:07 Oleh :
Kategori : Daging