Manfaat Daun Sukun

Advertisement

Manfaat daun sukun sepertinya belum banyak yang mengetahuinya, karena biasanya orang memanfaatkan buah sukun untuk diolah menjadi berbagai macam panganan. Buah sukun merupakan buah yang sangat nikmat, apalagi jika digoreng dengan balutan tepung. Enak dinikmati selagi masih hangat dan ditemani secangkir teh. Untuk bagian daunnya, biasanya belum banyak dimanfaatkan bahkan daunnya terkadang sampai mengering dan akhirnya hanya menjadi sampah.

Seperti manfaat daun salam ataupun manfaat daun pepaya, sejumlah zat penting terkandung pada daun sukun dan menjadikannya tanaman herbal yang digunakan untuk pengobatan berbagai permasalahan kesehatan yang banyak terjadi. Akan kita bahas tuntas tentang manfaat daun sukun pada artikel ini.

Kandungan Gizi Pada Manfaat Daun Sukun

Daun sukun memiliki daun dengan jenis daun lebar dengan warna hijau gelap, dan akan menguning berkerut dan gugur pada waktunya. Tanaman sukun diperkirakan berasal dari negara tropis, dan sudah dikembangkan diberbagai negara. Selain itu, buah sukun dapat digunakan untuk menggantikan manfaat nasi atau manfaat kentang untuk menyuplai karbohidrat, sehingga dijuluki sebagai bread fruit.

Sejumlah asam amino essensial terkandung oleh manfaat daun singkong yang tidak diproduksi tubuh seperti lysine, histidine, tryptophan, valin dan berbagai minirel penting seperti zat tannin, hidrosianat dan riboflavin. Apabila dilihat dari segudang kandungannya yang baik bagi tubuh, tidak salah jikalau manfaat daun sukun mampu memberi pertolongan untuk berbagai jenis penyakit.

Manfaat Daun Sukun Untuk Pengobatan Berbagai Penyakit

Banyak yang menyebutkan, manfaat daun singkong mampu menangani berbagai penyakit berbahaya. Salah satunya adalah gejala batu ginjal. Kalium pada daun sukun membantu terurainya endapan batu ginjal, sehingga uraian batu ginjal terbawa urin dan keluar dari dalam tubuh. Bagi penderita gejala penyakit hipertensi juga dapat memanfaatkan khasiat daun sukun. Daun sukun yang berwarna kuning dan masih berada di pohon memiliki zat phenol dan quercetin yang menurunkan tekanan darah.

Selain itu juga memberikan pengobatan alternatif bagi penderita gejala penyakit diabetes untuk mestabilkan gula darah dalam tubuh. Hal tersebut juga berdampak juga pada kesehatan jantung yang terjaga karena hipertensi karena mampu mengurangi kerusakan sistem kardiovaskuer sehingga menekan terjadinya gejala penyakit jantung. Daun sukun, dapat dijadikan rebusan untuk diambil sarinya, untuk memperoleh manfaat baik dari daun sukun.

Advertisement
Post Date: Monday 04th, August 2014 / 09:44 Oleh :
Kategori : Tumbuhan