3 Manfaat Daun Sukun Untuk Pengobatan

Advertisement

Manfaat daun sukun sepertinya belum banyak yang mengetahuinya, karena biasanya orang memanfaatkan buah sukun untuk diolah menjadi berbagai macam panganan. Buah sukun merupakan buah yang sangat nikmat, apalagi jika digoreng dengan balutan tepung. Enak dinikmati selagi masih hangat dan ditemani secangkir teh. Untuk bagian daunnya, biasanya belum banyak dimanfaatkan bahkan daunnya terkadang sampai mengering dan akhirnya hanya menjadi sampah.

Manfaat Daun Sukun Untuk Pengobatan

Seperti manfaat daun salam ataupun manfaat daun pepaya, sejumlah zat penting yang terkandung pada daun sukun  menjadikannya tanaman herbal yang digunakan untuk pengobatan berbagai permasalahan kesehatan. Berikut ini beberapa diantaranya :

1. Menyehatkan Ginjal

Sukun daun dapat digunakan sebagai alternatif untuk menjaga kesehatan ginjal. Metode Pengolahan :

  • Rebus daun sukun hingga mendidih
  • Minum 1 cangkir setiap hari secara rutin dan teratur untuk menjaga ginjal tetap sehat dan berjalan sesuai dengan semestinya.

Kalium pada daun sukun membantu terurainya endapan batu ginjal, sehingga uraian batu ginjal terbawa urin dan keluar dari dalam tubuh. Hal ini merupakan kabar baik bagi penderita batu ginjal

2. Menyehatkan Jantung

Bagi penderita gejala penyakit hipertensi juga dapat memanfaatkan khasiat daun sukun. Daun sukun yang berwarna kuning dan masih berada di pohon memiliki zat phenol dan quercetin yang menurunkan tekanan darah. Daun Sukun juga dapat menyehatkan jantung, karena daun sukun sangat baik untuk menjaga kesehatan pembuluh darah. Metode Pengolahan:

  • Sediakan daun sukun tua yang masih di pohon (tingkat kimia maksimum)
  • Cuci secara menyeluruh dan kemudian dikeringkan di bawah sinar matahari sampai kering
  • Rebus dengan 5 gelas air, tunggu sampai air mendidih dan tinggal Separuh
  • Saring dan siap untuk diminum segera

Hal tersebut berdampak baik bagi jantung karena dapat mengurangi hipertensi dan mampu mengurangi kerusakan sistem kardiovaskuer, sehingga menekan terjadinya penyakit jantung.

3. Anti Inflamasi

Selain mengobati penyakit jantung, daun juga dapat menilai untuk mencegah peradangan. Dari beberapa sumber mengatakan bahwa daun sukun juga sifat sebagai anti inflamasi. Metode Pengolahan:

  • Sediakan daun sukun tua yang masih di pohon
  • Cuci bersih secara menyeluruh dan kemudian dikeringkan di bawah sinar matahari sampai kering
  • Rebus dengan 5 gelas air tunggu sampai air mendidih dan tinggal separuhya
  • Saring rebusan dan siap untuk langsung diminum langsung
  • Konsumsi selama 1 bulan.

Daun Sukun

Daun Sukun

Daun sukun memiliki daun dengan jenis daun lebar dengan warna hijau gelap, dan akan menguning berkerut dan gugur pada waktunya. Tanaman sukun diperkirakan berasal dari negara tropis, dan sudah dikembangkan diberbagai negara. Selain itu, buah sukun dapat digunakan untuk menggantikan manfaat nasi atau manfaat kentang untuk menyuplai karbohidrat, sehingga dijuluki sebagai bread fruit.

Sejumlah asam amino essensial terkandung oleh manfaat daun singkong yang tidak diproduksi tubuh seperti lysine, histidine, tryptophan, valin dan berbagai minirel penting seperti zat tannin, hidrosianat dan riboflavin. Apabila dilihat dari segudang kandungannya yang baik bagi tubuh, tidak salah jikalau manfaat daun sukun mampu memberi pertolongan untuk berbagai jenis penyakit.


Hal yang paling pertama adalah memilih daun yang baik, yaitu daun yang masih menempel di cabang dan tua. Karakteristik daunnya berwarna hijau gelap, karena kadar kandungan kimia pada daun tua lebih maksimal.

  • Cucu daun yang terpilih hingga bersih
  • Jemur sampai kering
  • Rebus dalam 2 liter air, hingga airnya tinggal setengah
  • Kemudian tambahkan 1 liter air lagi dan rebus lagi sampai mendidih
  • Saring rabusan sebelum di minun

Air yang telah direbus berwarna merah seperti air teh pahit.  Air rebusan harus dihabiskan pada hari yang sama dengan pembuatan, jangan dibiarkan untuk besok. Hindari penggunaan aluminium untuk merebusnya, tapi gunakan tempat yang terbuat dari Stainless Steel. Hal ini dikhawatirkan kandungan kimia aluminium yang dapat terkonsentrasi dalam air rebusan. Penggunaan wadah rebusah tanah liat, lebih dianjurkan untuk di pakai. Konsumsi setiap hari secara teratur dan rasakan manfaatnya. Namun penggunaan obat-obatan herbal seperti rebusan daun sukun ini harus melalui pertimbangan dokter. Hal ini untuk mengetahui ada atau tidaknya efek sampingnya bagi tubuh.


Advertisement
, , ,
Post Date: Monday 04th, August 2014 / 09:44 Oleh :
Kategori : Tumbuhan
Cari Artikel Manfaat
Sponsored links