Sponsors Link
     Sponsors Link

Manfaat Daun Sirsak Untuk Kolesterol dan Cara Penggunaan

Sponsors Link

Kolesterol, pasti anda sudah sangat sering mendengar jenis penyakit ini, penyakit kolestrol ini sudah menyerang banyak sekali kalangan masyarakat luas, terutama mereka yang memiliki gaya hidup yang tidak sehat. Penyakit ini ditandai dengan kandungan kolestrol di dalam tubuh yang masuk ke dalam kategori tinggi.

Kolesterol pada dasarnya memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh kita. Kolestrol atau yang sering dikenal dengan nama lipoprotein dalam istilah kedokteran ini terbawa masuk ke dalam darah oleh zat protein dari makanan yang kita konsumsi. Kolestrol sendiri sebenarnya terbagi menjadi dua, yaitu :

  1. Kolestrol Baik

Merupakan jenis kolestrol atau lipoprotein yang bersifat melindungi. Zat lipoprotein yang dikenal dengan istilah HDL ini memiliki fungsi untuk mengangkut kolestrol – kolestrol dari sel sel tubuh dan membawanya kembali ke dalam hati. Kemudian, kolestrol yang masuk ke dalam hati ini akan dihancurkan.

  1. Kolestrol Jahat

Kolestrol jahat merupakan jenis kolestrol yang berbahaya bagi tubuh kita jika berlebihan jumlahnya. Kolestrol yang dikenal dengan istilah LDL ini berfungsi untuk mengangkut kolestrol dari hati menuju sel – sel tubuh yang membutuhkan. Ketika zat ini terlalu banyak di dalam tubuh, maka LDL akan mengendap pada bagian dinding arteri, sehingga dapat memicu berbagai macam penyakti.

Berapa batasan normal kandungan kolestrol yang pas untuk tubuh kita?

Secara umum, kandungan kolestrol di dalam tubuh kita dapat dikategorikan normal hingga cukup tinggi apabila kandungan kolestrol di dalam tubuh berkisar antara 160 – 200 mg. Apabila kandungan kolestrol di dalam tubuh sudah lebih dari 240 mg, bahkan mencapai 500 mg, maka anda dikategorikan memiliki kandungan kolestrol yang berlebihan dan sangat berbahaya.

Apa saja bahaya dari kolestrol yang tinggi?

Tingginya kandungan kolestrol di dalam tubuh tentu saja sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita. Banyak sekali dampak negative dan bahaya yang sangat buruk akibat dari tingginya kandungan kolestrol jahat di dalam tubuh. Apa saja yang merupakan bahaya dan dampak negative dari tingginya kolestrol jahat di dalam tubuh? Berikut ini adalah bahaya dari tingginya kolestrol di dalam tubuh :

  1. Penyakit Kronis

Karena tingginya kandungan kolestrol jahat di dalam tubuh, maka anda akan memiliki resiko yang tinggi untuk terserang berbagai jenis penyakit – penyakit kronis yang tentunya sangat berbahaya bagi tubuh anda. berikut ini adalah beberapa penyaklit kronis yang dapat muncul karena tingginya kandungan kolestrol di dalam tubuh anda :

  • Jantung
  • Asam urat
  • Stroke
  • Diabetes
  1. Kekurangan oksigen

Tingginya kolestrol di dalam tubuh akan mempengaruhi suplai oksigen ke seluruh tubuh, dan yang terpenting juga adalah suplai oksigen menuju otak. Dengan berkurangnya suplai oksigen ke seluruh tubuh dan juga ke bagian otak, maka anda akan mengalami kemungkinan untuk :

  • Mudah merasa lelah
  • Mengantuk
  • Menurunnya konsentrasi
  • Sesak nafas
  • Rasa berat di tengkuk
  • Rasa pegal di bagian pundak
  1. Penyumbatan pembuluh darah

Tersumbatnya pembuluh darah juga merupakan salah satu efek buruk dari tingginya kadar kolestrol di dalam tubuh, penyumbatan pada pembuluh darah dapat menyebabkan banyak hal, antara lain :

  • Serangan jantung
  • Anemia
  1. Kesemutan
  2. Menimbunnya lemak

Apa saja yang menjadi faktor penyebab tingginya kolestrol di dalam tubuh?

Ada banyak sekali faktor yang dapat mempengaruhi tingginya kadar kolestrol di dalam tubuh. Berikut ini adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan tingginya kolestrol tubuh :

  1. Gen atau keturunan
  2. Usia
  3. Pola Makan
  4. Rokok
  5. Alkohol
  6. Stress
  7. Kurang berolahraga
  8. Diabetes

Bagaimana mengatasi kolestrol tinggi?

Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi gejala tingginya kolestrol di dalam tubuh. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi tingginya kandungan kolestrol di dalam tubuh :

  1. Memperbaiki pola makan dan gaya hidup
  2. Sering berolahraga
  3. Sering minum air putih
  4. Menghindari makanan yang memiliki kolestrol jahat
  5. Mengkonsumsi makanan alami yang dapat menurunkan kadar kolestrol di dalam tubuh

Daun sirsak sebagai obat penurun kolestrol

sponsored links

Salah satu bahan herbal atau bahan alami yang diyakini dan terbukti mampu menurunkan kolestrol di dalam tubuh adalah daun sirsak. Daun sirsak memiliki bentuk daun pohon buah – buahan pada umumnya, dan saat ini menjadi salah satu alternative pengobatan dari koleestrol tinggi.

Pemeran utama dari daun sirsak yang mampu mencegah dan menurunkan kadar kolestrol di dalam tubuh ialah kandungan antioksidannya yang tinggi. Daun sirsak diyakini dan telah terbukti secara ilmiah memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga mampu memberikan manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh kita, terutama yang berhubungan fengan kadar kolestrol jahat di dalam tubuh, dengan adanya antioksidan ini, maka kandungan kolestrol di dalam tubuh bisa lebih terkontrol dan dan tubuh tidak akan mengalami kelebihan kolestrol.

Bagaimana mengolah daun sirsak untuk pengobatan dan pencegahan penyakit kolesterol?

Untuk mengolah daun sirsak menjadi salah satu ramuan herbal yang sangat bermanfaat dalam mengatasi tingginya kolestrol di dalam tubuh, anda cukup melakukan langkah – langkah yang simpel dan mudah berikut ini :

  1. Ambil beberapa lembar daun sirsak sesuai kebutuhan atau secukupnya
  2. Rebuslah daun sirsak dengan 1 gelas air
  3. Rebus hingga mendidih dan airnya hanya tersisia setengahnya saja
  4. Tuggu hingga rebusan menjadi hangat dan tidak panas, lalu minum hasil rebusan tersebut secara rutin paling tidak 2 kali dalam sehari

Selain dapat membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh, daun sirsak juga dapat bermanfaat untuk:

  1. Menyembuhkan asam urat
  2. Menjaga daya tahan tubuh
  3. Menghindarkan tubuh dari berbagai macam penyakit
  4. Menangkal radikal bebas

Itulah sedikit bahasan mengenai kolestrol dan bagaimana cara untuk menurunkan kadar kolestrol di dalam tubuh dengan menggunakan bantuan daun sirsak sebagai media pengobatan herbal. Semoga bermanfaat.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Saturday 23rd, May 2015 / 15:40 Oleh :
Kategori : Tumbuhan