Sponsors Link

4 Manfaat Daun Sirih untuk Penyakit Maag

Sponsors Link

Maag  merupakan penyakit asam lambung yang semakin banyak diderita masyarakat saat ini. Faktor utamanya tidak lain adalah gaya hidup yang tidak sehat. Ketidakteraturan pola makan biasanya menjadi penyebab utama seseorang terkena penyakit maag. Tuntutan pendidikan maupun pekerjaan memang telah menjadi suatu keharusan saat ini, namun tidak seharusnya kita melupakan hal yang lebih penting lagi, yaitu kesehatan tubuh kita.

Artikel terkait:

Asam lambung sejatinya bermanfaat bagi tubuh karena dapat membunuh kuman dan bakteri yang masuk melalui makanan. Namun pada penderita maag, kadar asam lambung yang seharusnya dapat membantu mencerna makanan, diproduksi secara berlebih sehingga menyebabkan berbagai gangguan kesehatan.

Gejala Maag

  • Merasa mual-mual dan disertai muntah.
  • Perut terasa kembung
  • Perut terasa perih sebelum maupun sesudah makan
  • Perut terasa sakit saat buang air besar
  • Sendawa berlebih
  • Pada penderita maag kronis kemungkinan muntah disertai darah

Jika Anda mengalami gejala-gejala diatas Anda harus lebih waspada karena kemungkinan besar Anda menderita penyakit maag. Penyakit maag biasanya lebih mudah diketahui saat perut terasa perih dalam keadaan kosong dan tetap terasa perih meskipun setelah makan.

Penyakit maag bukanlah penyakit yang dapat Anda sepelekan begitu saja karena berkaitan dengan kesehatan lambung dan pencernaan. Jika dibiarkan terus menerus mungkin dapat terjadi komplikasi yang lebih berbahaya bagi kesehatan. Di dalam artikel ini dibahas mengenai salah satu Solusi Maag, yaitu dengan memanfaatkan daun sirih.

Manfaat Daun Sirih Untuk Penyakit Maag

Nama latin tumbuhan ini adalah Piper Betle L, namun tahukah Anda tanaman sirih ini merupakan tanaman asli Indonesia? Ya. Oleh karena itu sudah sepantasnya kita berbangga hati dan tidak lupa melestarikan alam. Kembali ke daun sirih, tanaman ini biasanya tumbuh dengan merambat atau bersandar pada batang tanaman lain.

Dari banyak khasiat tumbuhan herbal dan ramuan tradisional alami untuk penyakit maag, kali ini saya akan membahas mengenai manfaat daun sirih untuk penyakit maag. Daun sirih seperti yang kita ketahui memiliki begitu banyak manfaat bagi kesehatan dan telah banyak digunakan sebagai tanaman herbal dari generasi ke generasi.

Artikel terkait:

  1. Menetralkan asam lambung

Pernahkah Anda merasa mual, pusing, pegal? Mungkin itu merupakan salah satu pertanda berlebihnya kadar asam lambung pada tubuh. Selain menyebabkan penyakit maag, berlebihnya kadar asam lambung memang dapat berdampak negatif pada kesehatan. Untuk menetralkan asam lambung berlebih ini, sebenarnya kita juga dapat menggunakan air rebusan daun sirih. Mengapa? Karena pada daun sirih sendiri terkandung mineral yang baik untuk menjaga kadar asam lambung agar tetap stabil.

Penting untuk menetralkan asam lambung:

sponsored links
  1. Mencegah ulkus lambung

Menurut penelitian daun sirih dapat membantu menebalkan dinding lambung sehingga tidak rentan terkikis karena meningkatnya asam lambung atau biasa disebut ulkus lambung. Hal ini dikarenakan daun sirih dapat bekerja sebagai gastroprotektif yang melindungi lambung dari pengikisan dan radang bahkan luka karena kandungan antibiotik yang dimilikinya.

  1. Mengurangi peradangan lambung

Peradangan lambung dapat dipicu oleh berlebihnya kadar asam lambung. Peradangan pada lambung biasanya ditandai dengan gejala rasa perih dan nyeri, seakan tertusuk banyak jarum pada perut. Kandungan anti-inflamasi yang ada pada daun sirih sangat bermanfaat untuk mengurangi peradangan lambung tersebut.

Baik juga untuk mengurangi peradangan lambung : Manfaat Jahe Untuk Sakit Maag

  1. Mengurangi resiko komplikasi lambung

Salah satu resiko komplikasi dari meningkatnya kadar asam dalam lambung adalah munculnya kanker lambung. Kanker lambung juga bisa dipicu oleh radikal bebas. Daun sirih mengandung banyak senyawa antioksidan. Oleh karena itu, dengan secara rutin mengkonsumsi ekstrak daun sirih dapat membantu mengurangi resiko terjadinya komplikasi pada lambung.

Baca juga untuk sakit maag kronis:

Dengan gaya hidup yang serba cepat faktanya seseorang bisa lebih rentan terkena penyakit maag, tidak heran obat maag semakin populer dipasaran. Namun lagi-lagi ketergantungan akan obat-obatan kimia juga beresiko pada kesehatan organ dalam kita. Maka dari itu, bagi Anda yang ingin memulai hidup sehat alangkah baiknya mulai mengatur pola makan yang baik dengan menu yang sehat dan tentu saja tidak lupa berolahraga ringan secara teratur.

Cara Menggunakan Daun Sirih Sebagai Herbal

  • Siapkan 7 lembar daun sirih segar
  • Siapkan 100 ml air
  • Rebus daun sirih bersamaan dengan air sampai mendidih
  • Setelah air rebusan mendidih matikan api dan biarkan hingga air menjadi dingin
  • Saring air rebusan ke dalam cangkir atau gelas

Demikian cara membuat ramuan herbal dari daun sirih. Rasanya memang tidak akan semanis khasiatnya, namun lebih baik daripada terus bergantung pada obat kimia. Untuk dapat merasakan hasil yang maksimal ekstrak daun sirih dapat diminum secara rutin 2 kali sehari. Selain direbus daun sirih juga dapat dihaluskan dengan cara digiling atau dibelender kemudian diseduh dengan air panas.

Manfaat air rebusan daun sirih lainnya:

Tips: Minum secara teratur di jam yang sama, sebaiknya sesudah makan siang dan makan malam. Diusahakan diminum sambil duduk karena jika diminum sambil berdiri air yang masuk akan langsung menuju usus. Selain itu minum secara perlahan agar lambung dapat bereaksi dengan baik.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Monday 21st, November 2016 / 02:55 Oleh :
Kategori : Herbal