Sponsors Link

Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan Mata

Sponsors Link

Daun kelor, mungkin anda sering mendengarnya karena ada pepatah mengatakan “dunia tak selebar daun kelor” yang berarti bahwa dunia itu luas tidak seperti daun kelor yang kecil. Namun meskipun daun kelor ini kecil ternyata manfaatnya untuk kesehatan sangat banyak lho. Daun kelor bukanlah daun yang asing lagi bagi warga Indonesia terutama karena dipengaruhi oleh pepatah yang sangat terkenal tersebut. Ada banyak gangguan kesehatan yang ternyata bisa diobati dengan menggunakan daun kelor. Salah satu yang terkenal adalah untuk menjaga kesehatan mata.

artikel terkait:

Manfaat daun kelor untuk mata sudah banyak dikenal sejak lama namun karena tidak begitu populer sehingga orang yang mengetahui khasiat ini juga belum begitu banyak. Jadi bagi anda yang sudah mengetahui hal ini sekarang, mulai saat ini jika anda melihat tanaman kelor jangan membuangnya ya karena dianggap sebagai semak belukar menganggu. Jika perlu sebaiknya anda menanam daun kelor ini di sekitar rumah anda supaya bisa dijadikan obat herbal bagi beberapa gangguan kesehatan.

Manfaat daun kelor untuk mata

Jika anda saat ini masih ragu jika ingin mengonsumsi daun kelor maka sebaiknya hapus rasa ragu tersebut. Menurut WHO (organisasi kesehatan dunia) PBB bahwa sangat dianjurkan bagi anank-anak dan bayi untuk mengonsumsi daun kelor secara rutin. Hal ini dikarenakan daun kelor sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan anak serta sangat baik untuk masalah penglihatan sehingga anak memiliki penglihatan yang tajam dan bersih.

Berikut ini adalah kandungan gizi dan nutrisi yang ada  di dalam daun kelor:

  • Vitamin C

Daun kelor mengandung vitamin C yang tinggi bahkan lebih tinggi 7 kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan yang ada di dalam buah jeruk. Jadi jika anda menganggap bahwa sumber utama vitamin C ada di dalam jeruk atau tomat maka anda salah besar karena vitamin C di dalam daun kelor lebih banyak. Vitamin C ini sangatlah penting untuk kesehatan tubuh terutama dapat dijadikan sebagai antioksidan alami sehingga tubuh dapat melawan radikal bebas yang pada akhirnya dapat membuat tubuh menjadi sehat dan tidak mudah sakit.

artikel terkait: manfaat daun bunga matahari

  • Potassium

Kandungan gizi lainnya yang ada di dalam daun kelor adalah potassium. Senyawa mineral potassium ini sangatlah baik untuk kesehatan otak dan saraf. Jika anda selama ini hanya mengetahui pisang sebagai sumber potassium terbesar maka anda salah besar karena kandungan potassium yang ada di dalam daun kelor 2 kali lebih banyak dibandingkan dengan yang ada di dalam buah pisang.

artikel terkait: manfaat air mata

  • Vitamin A

Ada banyak manfaat dari vitamin A seperti menjaga kesehatan jantung, kesehatan mata, merawat kulit. Mengatasi diare dan masih banyak lagi penyakit lainnya. sumber makanan yang kaya akan vitamin A selama ini yang terkenal adalah wortel namu tahukah anda bahwa kandungan vitamin A di dalam daun kelor ini lebih banyak dibandingkan dengan yang ada di dalam wortel dimana 4 kali lebih banyak.

artikel terkait: manfaat wortel untuk mata

  • Kalsium

sponsored links
Kandungan lainnya yang ada di dalam daun kecil ini namun ternyata sangat besar adalah kalsium. Kalsium sangat penting bagi kesehatan tulang dan gigi. Selama ini mungkin anda memenuhi kebutuhan kalsium dengan meminum susu sapi namun tahukah anda bahwa di dalam daun kelor terdapat kalsium 4 kali lebih banyak dibandingkan yang ada di dalam susu sapi? Ya ini memang benar adanya. Jadi bagi anda yang memiliki bayi, balita dan remaja sebaiknya untuk memberikan daun kelor lebih banyak dibandingkan memberinya susu formula saja.

artikel terkait: manfaat biji bunga matahari untuk kesehatan

Semua kandungan yang ada di dalam daun kelor ternyata memiliki kadar yang mengejutkan dan itulah yang membuat bayi dan anak-anak sebaiknya mengonsumsi daun kelor secara rutin. Salah satu kandungan yang ada di dalam daun kelor adalah vitamin A. vitamin A inilah yang bermanfaat untuk kesehatan mata.

Vitamin A di dalam daun kelor

Vitamin A sangat dibutuhkan untuk mata supaya fungsi dari sel-sel yang ada di dalam mata tetap dapat bekerja dengan baik sehingga anda akan terhindarkan dari berbagai jenis penyakit mata misalnya saja katarak, rabun jauh, rabuh dekat, dan penglihatan buruk lainnya. cara kerja dari vitamin A pada mata ini adalah mengubahnya menjadi retinol. Retinol adalah senyawa alami di dalam vitamin A yang bekerja langsung pada sel-sel mata.

Retinol ini akan langsung bekerja di sel batang retina sehingga dapat meningkatkan kinerja visibilitas penglihatan mata sehingga mata menjadi memiliki penglihatan yang jernih dan tajam. Dengan mengonsumsi daun kelor secar rutin maka akan membuat objek yang tadinya terlihat buram akan menjadi jelas kembali. Jadi bagi anda yang sudah lansia dan memiliki pandangan kabur juga sangat diharapkan untuk mengonsumsi daun kelor.

artikel terkait: manfaat bio oilmanfaat daun sirsak utnuk kesuburanmanfaar daun salam kering

Cara mengolah daun kelor

Ada banyak jenis penyakit mata yang sangat menganggu penderitanya karena dirinya tidak bisa melihat dengan baik. apapun jenis penyakitnya biasanya membutuhkan pengobatan dari luar bukan dari dalam saja. nah berikut ini akan dipaparkan cara mengolah daun kelor untuk mengobati penyakit mata dari luar.

Cara yang bisa digunakan sangat sederhana. Anda hanya harus mengambil tiga lembar daun kelor yang sudah dicuci bersih kemudian tumbuk hingga halus. Usahakan anda memang benar-benar menumbuknya karena jika diblender maka akan menjadi lebih cair. Setelah tumbukan halus kemudian anda masukan ke dalam gelas yang telah terisi air. Setelah itu diamkan sebentar dan biarkan adonan mengendap di dasar gelas. Setelah itu gunakan air yang cukup bersih (tidak bersama endapan daun kelor) dan digunakan sebagai obat tetes mata.

Sangat mudah bukan membuatnya? Nah, anda tidak perlu khawatir lagi sekarang jika memiliki masalah pada mata karena bisa menggunakan daun kelor sebagai solusinya. Tenang saja, daun kelor ini aman digunakan dan mampu memberikan anda asupan vitamin A hingga 272 persen setiap harinya yang akan membuat penglihatan menjadi normal kembali.

artikel terkait: manfaat alinamin F tabletmanfaat facial detoxmanfaat oksigen murni

Demikian ulasan kali ini mengenai manfaat daun kelor untuk mata. Jika anda tahunya daun kelor hanya sebatas ucapan pepatah saja maka anda harus mencoba manfaat dari daun kelor ini ya. semoga bermanfaat..

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 28th, July 2016 / 06:01 Oleh :
Kategori : Herbal