Manfaat Daun Binahong

Manfaat daun binahong akhir-akhir banyak menjadi buah bibir karena kegunaannya yang semakin populer untuk mengatasi berbagai permasalahan kesehatan. Daun binahong seperti terdengar asing ditelinga, namun sebenarnya tanaman ini adalah salah satu jenis tanaman herbal, terlebih lagi pada bagian daunnya.

Tumbuhan ini berasal dari daratan Cina dan kemudian menyebar ke berbagai wilayah asia seperti korea dan Indonesia. Di Indonesia baru pada waktu belakangan ini menaruh perhatian terhadap daun binahong karena mampu mengatasi berbagai penyakit kronis pada tubuh manusia. Ulasan mengenai manfaat tentang daun binahong akan dikupas tuntas pada artikel ini.

Manfaat Daun Binahong Bagi Kesehatan

Telah banyak penelitian yang dilakukan, namun penelitian baru-baru ini daun binahong mengandung zat antioksidan flavonoid dan senyawa terpenoid yang mampu menagkal radikal bebas yang menyebabkan zat karsinogen memicu sel kanker. Mengkonsumsi daun binahong, dapat menurunkan resiko gejala kanker terjadi pada tubuh, seperti juga pada manfaat daun sirsak atau manfaat kulit manggis.

Diantaranya lagi adalah zat alkoloid yang umum bagi pengobatan gejala penyakit diabetes, karena memiliki sifat hipoglikemik yang akan menurunkan kadar gula darah dalam tubuh, yang juga terdapat pada manfaat brokoli dan manfaat bayam . Lain lagi dengan senyawa saponin yang memberikan penurunan terhadap kadar kolesterol yang menyehatkan jantung. Berbagai macam manfaat dan binahong inilah, yang banyak menjadikan daun bunahong untuk alternatif penobatan berbagai penyakit.

Resep Pengobatan Dengan Manfaat Daun Binahong

Berbagai penyakit dapat diberikan daun binahong, untuk alternatif penyembuhannya. Pengobatan dengan tanaman herbal memang relatif lebih lama sembuh, namun tanpa efek samping yang berarti ketimbany pengobatan dengan bahan kimia. Umumnya air rebusan daun binahong yang digunakan untuk pengibatan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Kencing manis : gunakan sebelas lembar daun binahong yang direbus, lalu minum rebusan airnya setiap hari
  • sesak nafas : rebus tujuh lembar daun binahong, kemudian minum setiap hari sekali
  • tekanan darah rendah : rebus delapan lembar daun binahong, air rebusannya diminum setiap hari
  • Batuk yang menyebabkan muntah darah : rebus sepuluh lembar daun binahong, dan minum rebusannya setiap hari
  • penyakit paru-paru : gunakan sepuluh lembar daun binahong dan direbus, dan minum ramuan ini setiap hari
Pengobatan alternatif ini, harus dilakukan dengan rutin namun juga harus diseimbangi dengan konsumsi air putih untuk menyeimbangkan kadar rebusan daun binahong pada tubuh. Semoga bermanfaat..
Post Date: Monday 04th, August 2014 / 09:44 Oleh :
Kategori : Tumbuhan