Manfaat Akar Kuning

Advertisement

Manfaat akar kuning mulai dikenal khasiatnya karena mampu mengobati kerusakan hati yang terjadi. Akar kuning pada awalnya ditemukan pada hutan-hutan tropis pada wilayah Indonesia tepatnya Kalimantan. Penduduk asli kalimantan telah lama menggunakan akar kuning sebagai salah satu bahan pengobatan tradisional yang sering dikonsumsi. Tidak heran jika saat ini banyak ditemukan penjual akar kuning baik baik online ataupun dipasaran namun karena banyak orang yang mencarinya, sering kali ditemukan akar kuning palsu di pasaran. Maka dari itu pada artikel ini akan kita bahas selengkapnya mengenai akar kuning ini.

Mengenal Tanaman Akar Kuning

Tanaman akar kuning termasuk kedalam klasifikasi tanaman langka untuk pengobbatan penyakit. Peredarannya sendiri dapat dijumpai pada daerah hutan yang memiliki intensitas matahari dengan keadaan tanah yang lembab. Petamakali tanaman ini mulai dikenal didaerah hutan Brazil yang kemudian dijumpai pada hutan di Kalimantan oleh suku dayak. Tanaman akar kuning memiliki sebutan yang berbeda di Indonesia sendiri sering disebut dengan tanaman tali kuning, ataupun Sirawanan yang biasa disebut oleh orang Jawa.

Kandungan senyawa yang baik dari akar kuning terdiri dari saponin, alkoloid dan zat lender. Keseluruhannya ini yang membuat rasa pahit seper yang dirasakan pada ramuan pengobatannya seperti yang juga dirasakan pada manfaat mengkudu ataupun manfaat pare. Tapi jangan menyerah dulu dengan rasa pahitnya karena akar kuning dikatakan ampuh mengobati berbagai penyakit akut.

Manfaat Akar Kuning Mengobati Berbagai Penyakit Akut

Tanaman yang memiliki rasa pahit biasanya mengandung zat-zat yang melawan berbagai penyakit berbahaya seperti gejala penyakit liver sebagai anti malaria sampai pencegahan gejala kanker. Kandungan saponin dan tannin yang bersinergis mampu menghadang bakteri dan virus yang menyebabkan penyakit. Jadi tidak heran kalau akar kuning banyak dicari sebagai media pengobatan. Obat-obatan tradisional seperti ini biasanya dibuat ramuan yang kemudain airnya diminum seperti pada manfaat daun sambiloto. Untuk merasakan manfaat akar kuning dapat merebus akar kuning yang sudah bersih kemudian, dan minum ramuan akar kuning secara teratur.

Advertisement
Post Date: Monday 04th, August 2014 / 09:38 Oleh :
Kategori : Tumbuhan