7 Manfaat Zat Besi Bagi Remaja Baik Pria dan Wanita

Zat besi merupakan zat gizi penting dari banyak protein dan enzim dalam metabolisme. Zat besi berguna untuk mengirim oksigen ke seluruh tubuh, metabolisme energi, fungsi antioksidan dan juga sintesis DNA. Masa remaja menjadi masa transisi dari anak anak menuju dewasa sehingga kebutuhan akan zat gizi meningkat tajam khususnya zat besi untuk remaja perempuan. Apabila tubuh kekurangan zat besi, maka bisa menyebabkan kelelahan kronis dan masalah kesehatan lainnya. Baik anak anak remaja dan wanita lebih membutuhkan lebih banyak zat besi jika dibandingkan dengan pria. Ada begitu banyak manfaat zat besi bagi remaja dan dalam kesempatan kali ini akan kami jelaskan untuk tambahan informasi anda.

  1. Mengganti Hilangnya Zat Besi Saat Menstruasi

Setiap remaja wanita tentu akan mengalami siklus menstruasi setiap bulan. Siklus menstruasi tersebut membuat tubuh kehilangan cukup banyak zat besi lewat darah yang keluar ketika menstruasi. Ini membuat makanan, minuman atau suplemen zat besi sangat penting dikonsumsi agar bisa mengganti zat besi yang sudah hilang ketika menstruasi.

  1. Meningkatkan Fungsi Otot

Masa remaja merupakan waktu manusia untuk aktif dalam kegiatan fisik baik dalam sekolah, ekstrakurikuler atau olahraga sehingga kekuatan otot harus dijaga dengan baik. Zat besi menjadi elemen penting yang bisa menyediakan pasokan oksigen untuk melakukan kontraksi otot. Tanpa zat besi yang cukup, remaja akan mudah kehilangan nada otot dan elastisitas otot. Sedangkan kelemahan otot sendiri menjadi salah satu tanda dari anemia yang paling jelas terlihat.

  1. Meningkatkan Fungsi Otak

Perkembangan otak remaja nantinya bisa ditingkatkan apabila kebutuhan zat besi dalam tubuh sudah tercukupi. Suplai oksigen dalam darah akan dibantu zat besi, sedangkan otak akan menggunakan 20% asupan oksigen darah yang secara langsung juga berkaitan dengan kesehatan dan fungsi otak anak remaja selain banyak juga manfaat oksigen bagi kulit. Jika aliran oksigen menuju otak berjalan dengan baik, maka aktivitas kognitif bisa terangsang sekaligus menciptakan jalur baru saraf untuk mencegah gangguan kognitif seperti alzheimer dan demensia. Sedangkan bagi anak remaja, asupan zat besi penting untuk meningkatkan fungsi otak supaya bisa menyerap pelajaran dengan sangat baik.

  1. Mengurangi Letih Berlebihan

Aktivitas padat yang dilakukan anak remaja tentunya juga harus didukung dengan asupan vitamin dan mineral tinggi seperti salah satunya zat besi.Dengan mencukupi kebutuhan zat besi, maka para remaja bisa lebih cepat mengatasi lelah karena aktivitas sekaligus menjadi komponen penting dari hemoglobin.

  1. Meningkatkan Kekebalan

Zat besi juga kunci penting untuk meningkatkan kekuatan sistem kekebalan tubuh sehingga anak remaja akan terhindar dari berbagai jenis penyakit dan infeksi. Sel darah merah dibutuhkan untuk menyediakan oksigen untuk jaringan, organ serta sel yang mengalami kerusakan. Tanpa zat besi, maka hemoglobin juga tidak dapat diproduksi sehingga oksigen dan nutrisi yang penting untuk mempercepat proses penyembuhan juga berkurang.

  1. Meningkatkan Metabolisme Remaja

Zat besi juga menjadi komponen penting dalam metabolisme sumber energi tubuh anak remaja. Proses ini merupakan proses terjadinya energi yang diekstraksi dari makanan yang dikonsumsi dan selanjutnya akan dialirkan ke seluruh bagian tubuh sehingga anak remaja bisa tetap aktif dalam beraktivitas sehari hari.


  1. Meningkatkan Konsentrasi

Anak remaja yang masih aktif dalam sekolah atau perguruan tinggi tentunya membutuhkan tingkat konsentrasi tinggi. Mengkonsumsi asupan makanan yang mengandung zat besi menjadi sangat penting sebab bisa meningkatkan konsentrasi belajar anak remaja sekaligus meningkatkan kinerja kognitif mereka dimana meningkatnya aliran darah menuju otak akan menjernihkan otak dan pikiran kaum remaja sehingga bisa menyerap pelajaran dengan lebih baik selain banyak juga manfaat olahraga untuk otak.

Demikian ulasan dari kami tentang beberapa manfaat zat besi bagi remaja yang sangat penting untuk pertumbuhan, otak dan juga imun tubuh. Ada banyak sumber zat besi yang bisa dikonsumsi anak remaja seperti bayam, sereal, manfaat brokoli, taoge, buah buahan kering, kedelai, kacang polong, sayuran berdaun hijau, manfaat sayur lobak dan masih banyak lagi yang semuanya penting bagi anak remaja.

, , ,
Oleh :
Kategori : Nutrisi