13 Manfaat Ubi Rambat Ungu Untuk Kesehatan Tubuh

Ubi ungu merupakan jenis umbi yang paling banyak dikreasikan menjadi berbagai macam makanan seperti gorengan, keripik dan berbagai macam camilan lainnya. Karena di samping warnanya yang menarik, ubi ungu memang memiliki rasa khas yang nikmat walaupun sudah diolah menjadi berbagai macam makanan.

Di balik rasanya yang enak, ternyata banyak sekali manfaat ubi ungu bagi kesehatan tubuh karena mengandung banyak nutrisi bermanfaat seperti vitamin (A, C dan E), karbohidrat, mineral, kalium, kalsium dan lain sebagainya. Ada beberapa manfaat ubi rambat ungu untuk kesehatan tubuh, seperti di bawah ini:

  • Ubi rambat ungu mengandung karbohidrat yang mana bisa dimanfaatkan sebagai pengganti nasi untuk konsumsi sehari-hari, sehingga dapat menjadi alternatif bagi orang yang sedang diet atau mengurangi konsumsi nasi.
  • Manfaat lainnya adalah bisa melancarkan pencernaan karena ubi rambat ungu memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, yang bisa menjaga saluran pencernaan dan mencegahnya mengalami masalah.
  • Manfaat ubi jalar bagi kesehatan tubuh lainnya adalah untuk memperlancar proses peredaran darah di dalam tubuh, sehingga secara tidak langsung ikut andil dalam mencegah berbagai macam gangguan kesehatan.
  • Nutrisi yang terkandung di dalam ubi rambat ungu juga bisa membantu mengatasi penyakit asma yang sering kambuh, sehingga untuk mencegahknya bisa dengan makan ubi rambat ungu secara rutin.
  • Manfaat ubi rambat ungu untuk kesehatan tubuh lainnya adalah dapat membantu tubuh dalam mencegah penyakit kanker, karena di dalamnya juga mengandung antioksidan yang cukup tinggi untuk membantu menghalau sel kanker.
  • Konsumsi ubi jalas ungu juga sangat dianjurkan untuk penderita diabetes, karena kandungan ubi rambat ungu tidak akan langsung membuat kadar gula darah di dalam tubuh melonjak seperti saat mengkonsumsi nasi putih.
  • Seperti halnya manfaat kunyit untuk jantung, mengkonsumsi ubi rambat ungu juga bisa membantu pencegahan penyakit jantung atau kardiovaskular karena kandungan vitamin dan betakarotennya.
  • Sifat ubi rambat ungu yang rendah akan kalori sangat bermanfaat bagi orang yang ingin menurunkan berat badan, juga bisa membantu menjaga berat badan agar ideal dan menjadi pengganti nasi yang sering dihindari saat diet.
  • Ubi rambat ungu juga dapat menjaga sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena cukup tinggi akan kandungan antioksidan, sehingga tubuh bisa tetap fit dan terhidar dari serangan penyakit.
  • Dengan konsumsi ubi rambat ungu juga bisa seperti mendapatkan manfaat buah naga bagi penderita darah tinggi, karena kaya akan kandungan nutrisi juga antioksidan yang bisa membantu menurunkan resiko mengalami tekanan darah tinggi.
  • Di dalam umbi rambat ungu juga terdapat senyawa antiinflamasi atau anti radang, yang bermanfaat apabila tubuh sedang mengalami radang yang bisa terjadi jika tubuh terserang infeksi bakteri maupun virus.
  • Kandungan di dalam ubi rambat ungu diam-diam juga dapat meningkatkan kesehatan dan kualitas kulit dari dalam, karena banyak mengandung berbagai vitamin yaitu A, C dan E yang mana merupakan nutrisi yang dibutuhkan kulit.
  • Tidak hanya menjadi makanan diet, manfaat ubi jalar ungu bagi kesehatan juga bisa membantu menambah berat badan bagi yang susah gemuk dengan serat dan karbohidrat yang sehat untuk membentuk bentuk badan ideal.

Demikian ulasan mengenai berbagai manfaat ubi rambat ungu yang bisa diperoleh untuk menjaga dan meningkatan kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat.

,
Oleh :
Kategori : Makanan