7 Manfaat Sambiloto Untuk Keputihan dan Masalah Vagina

Keputihan yang dialami para wanita terbagi menjadi 2 jenis berdasarkan sifatnya, yakni fisiologis atau normal dan juga patologis atau abnormal. Keputihan fisiologis terjadi menjelang atau sesudah menstruasi yang akan berpengaruh pada rangsangan seksual dan juga perubahan secara emosional. Sedangkan keputihan patologis merupakan sebuah kelainan atau masalah yakni keluarnya lendir berlebihan berwarna putih atau kuning yang gatal dan terkadang menimbulkan rasa nyeri khususnya saat melakukan hubungan seksual. Keputihan abnormal inilah yang harus segera diatasi supaya menghindari efek samping yang jauh lebih berbahaya seperti salah satunya manfaat sambiloto untuk keputihan. Sambiloto yang mempunyai kulit berwarna coklat agak abu abu dengan tekstur kulit kasar dan pipih serta daun yang berurat ini memiliki banyak kandungan bermanfaat untuk mengatasi keputihan seperti keton, homandrografolid, flavonoid, alkane, aldehid, keton, mineral dan juga asam kersik.

  1. Mengatasi Keputihan Trikomoniasis

Kegunaan dari sambiloto yang pertama adalah untuk mengatasi keputihan yang disebabkan karena trikomoniasis dimana keputihan berwarna hijau, kuning atau berbuih. Trikomoniasis sendiri merupakan penyakit seksual menular yang terjadi karena parasit trichomonas vaginalis. Lendir atau keputihan ini umumnya keluar dalam jumlah yang banyak, berbau amis dan disertai juga dengan rasa perih saat buang air kecil. Pembengkakan dan gatal di sekeliling vagina ini juga terjadi pada saat berhubungan intim dan infeksi tersebut bisa diatasi dengan bahan alami yang mengandung antibiotik dengan menggunakan sambiloto sekaligus untuk mengurangi rasa sakit saat buang air kecil.

  1. Mengatasi Keputihan Melepuh

Jenis keputihan lain yang menyebabkan luka melepuh di sekitar vagina saat keputihan bisa terjadi karena herpes genital yang akan menimbulkan rasa sakit di sekitar organ intim. Untuk mengobati herpes ini memang harus menggunakan antivirus, namun untuk mencegah keputihan kambuh, maka bisa diatasi dengan menggunakan sambiloto atau bisa juga dengan memakai manfaat yakult untuk keputihan.

  1. Mengatasi Bau Keputihan

Manfaat daun sambiloto yang digunakan untuk dikonsumsi dan juga sebagai pembasuh vagina ini juga sangat berguna untuk menghilangkan bau busuk yang ditimbulkan dari kuman penyebab infeksi vagina sehingga cairan atau keputihan yang keluar dari vagina jadi berbau busuk.

  1. Menghilangkan Gatal Keputihan

Selain banyak manfaat daun sambiloto untuk kolesterol, air rebusan ini juga sangat baik digunakan untuk mengatasi masalah vagina. Lendir atau keputihan yang keluar dari vagina juga menyebabkan rasa gatal di sekitar organ intim. Rasa gatal ini bisa terjadi karena bakteri atau kuman yang sudah menginfeksi area vagina dan membuatnya meradang. Cara mengatasi rasa gatal saat keputihan tersebut bisa dilakukan dengan cara memakai sambiloto sebagai pembasuh vagina khususnya sesudah buang air kecil.

  1. Membunuh Bakteri Penyebab Keputihan

Keputihan bisa terjadi karena berbagai penyebab seperti bakteri vaginosis yang sampai saat ini juga belum diketahui penyebab munculnya bakteri tersebut oleh para ahli medis. Bakteri tersebut akan mengganggu keseimbangan cairan sehingga keputihan yang keluar terlalu banyak serta tidak bisa dikontrol. Jumlah keputihan juga akan terus bertambah banyak selama bakteri tersebut ada sehingga cara terbaik untuk membunuh bakteri tersebut adalah dengan menggunakan sambiloto.

  1. Mengatasi Ragi Monilia

Kegunaan sambilot untuk keputihan selanjutnya selain manfaat sambiloto untuk asam urat adalah mengatasi ragi monilia yang menyebabkan infeksi keputihan patologis terjadi. Ragi ini akan muncul karena pH vagina tidak seimbang dan akhirnya membuat seseorang bisa terinfeksi kemudian mengalami keputihan tidak terkontrol. Sambiloto ini berguna untuk membunuh ragi monilia sekaligus menyeimbangkan pH vagina untuk membunuh ragi tersebut secara tuntas.

  1. Membunuh Kuman Saluran Uretra

Banyak wanita yang tidak menyadari jika keputihan bisa terjadi karena kondisi uretra atau saluran kemih yang tidak bersih sehingga menyebabkan keputihan terjadi. Peradangan pada uretra tersebut akhirnya akan menimbulkan iritasi dan menyebabkan keputihan yang juga dikembangkan karena bakteri serta virus. Bakteri akan masuk ke dalam vagina lalu membuat lapisan di saluran uretra sehingga timbul keputihan yang disertai juga dengan rasa nyeri atau sakit saat buang air kecil. Untuk mengatasi hal tersebut, mengkonsumsi air rebusan sambiloto yang merupakan sumber antioksidan serta membasuh vagina dengan air rebusan sambiloto menjadi cara terbaik yang harus dilakukan secara teratur.

Manfaat sambiloto untuk keputihan tidak hanya berkhasiat untuk mengurangi keputihan, namun juga menghilangkan bau busuk yang ditimbulkan sekaligus membunuh bakteri dan virus yang menyebabkan keputihan sehingga bisa disembuhkan secara menyeluruh untuk menghindari komplikasi yang bisa dikembangkan dari keputihan tersebut. Semoga bisa bermanfaat.